Cara Mengganti Bahasa WhatsApp di Android dan iPhone

Cara Mengganti Bahasa WhatsApp iPhone Android dan Windows Phone

Cara Mengganti Bahasa WhatsApp iPhone Android dan Windows Phone

Seperti yang kita ketahui, WhatsApp (WA) merupakan salah satu aplikasi berkirim pesan singkat dengan pengguna terbanyak di seluruh dunia. Fitur-fitur yang lengkap dan selalu update jadi salah satu alasan WA digemari banyak orang.

Selain itu, tahukah Anda bahwa WA dilengkapi dengan pengaturan untuk banyak bahasa? Ya, sampai saat ini WA dilengkapi dengan 60 bahasa untuk pengguna ponsel Android dan 40 bahasa untuk pengguna ponsel iPhone. Lalu, bagaimana cara mengganti bahasa WhatsApp?

Pengaturan mengganti bahasa di WA ini terbilang penting. Seperti kita ketahui bahwa WA merupakan salah satu aplikasi yang dibuat di Amerika Serikat, tentunya Bahasa Inggris menjadi bahasa bawaan yang ada di aplikasi tersebut. Bagi Anda yang tak terlalu mengerti bahasa Inggris, tentu hal ini akan menyulitkan saat berkomunikasi menggunakan WA.

Sayangnya, hingga kini WA belum meluncurkan fitur untuk mengganti bahasa dari aplikasi WA itu sendiri. Yang dapat Anda lakukan hanya menggantinya melalui pengaturan bahasa pada ponsel pengguna. Sebenarnya mengganti bahasa WA adalah hal yang mudah terlebih jika Anda sudah biasa mengutak atik smartphone Anda.

Masalahnya, tiap-tiap perangkat ponsel memiliki caranya sendiri untuk mengubah bahasa pada sistem perangkatnya. Nah, di dalam artikel ini akan dijelaskan secara rinci tentang cara mengganti bahasa WhatsApp menjadi bahasa yang Anda inginkan. Berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Mengganti Bahasa Whatsapp di Android

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa pada ponsel Android aplikasi WA memiliki 60 pilihan bahasa yang bisa Anda gunakan. Mengubah bahasa pada ponsel Android pun terbilang mudah dan prosesnya cepat. Berikut ini, langkah-langkah mengganti bahasa pada WA ke Bahasa Indonesia untuk ponsel Android.

  1. Buka menu “Pengaturan” di HP Android Anda.
  2. Pilih menu “Bahasa”.
  3. Pilih “Bahasa Indonesia”.

    Merubah Bahasa WA Dengan Mudah Di HP Android

    Merubah Bahasa WA Dengan Mudah Di HP Android

  4. Buka aplikasi “WhatsApp”.
  5. Seharusnya bahawa di WA sudah berubah.
  6. Selesai.

Demikian cara mengganti bahasa pada WA di ponsel Android. Langkah-langkah di atas telah berhasil diuji coba menggunakan beberapa merk ponsel seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, dan Vivo sehingga diharapkan cara di atas juga dapat dipakai pada ponsel Android merek lainnya. Sangat mudah dan cepat, bukan?

Cara Mengubah Bahasa di WA iPhone (iOS)

Jika sebelumnya kita membahas bagaimana cara mengganti bahasa WhatsApp pada ponsel Android, kini akan dijelaskan bagaimana cara mengubah bahasa WA pada ponsel iOS bagi para pengguna iPhone, iPad, atau iPod touch. Caranya pun tak kalah mudah dan cepat dibandingkan dengan ponsel Android. Berikut ini langkah-langkah mengubah bahasa WA pada ponsel iOS.

  1. Buka menu “Pengaturan” di layar utama.
  2. Pilih “Umum”.
  3. Pilih menu “Bahasa & Wilayah”.
  4. Pilih “Bahasa”.

    Cara Mengubah Bahasa Di WA iPhone

    Cara Mengubah Bahasa Di WA iPhone

  5. Pilih Bahasa Indonesia.
  6. Lakukan konfirmasi perubahan bahasa.
  7. Selesai.

Itulah beberapa langkah mudah mengganti bahasa pada ponsel iOS. Mudah dan cepat, bukan? Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, secara otomatis WA mengganti tampilan dan memperbaharui penggunaan bahasa menjadi bahasa yang Anda pilih pada perangkat ponsel.

Ganti Bahasa WhatsApp di Windows Phone

Windows Phone merupakan sistem operasi perangkat bergerak yang diluncurkan pada Oktober 2010 dan dikembangkan oleh Microsoft. Windows Phone adalah pengganti Windows Mobile yang kini sudah tidak kompatibel untuk digunakan.

Nah, apabila ponsel Anda memiliki perangkat Windows Phone di dalamnya, maka ada cara tersendiri untuk mengganti bahasa WA. Berikut langkah-langkah mengubah bahasa WhatsApp pada Windows Phone.

  1. Pilih menu “Settings” (simbol roda bergerigi).
  2. Perhatikan bagian “date+time”.
  3. Ubah isinya menjadi GMT +07:00.
  4. Pilih “Language” di bawah “date+time”.
  5. Pilih “Add Language”.

    Sebelum Mengatur Bahasa Pastikan Date Time Sudah Benar

    Sebelum Mengatur Bahasa Pastikan Date Time Sudah Benar

  6. Pilih bahasa yang dikehendaki.
  7. Pilih “Done”.
  8. Pilih “OK/Yes” jika ada notifikasi.
  9. Restart Windows Phone Anda.
  10. Selesai.

Demikian langkah-langkah mengganti bahasa WA di ponsel Windows Phone. Merestart ponsel Windows Phone diperlukan untuk menyelaraskan pengaturan bahasa ke semua perangkat. Ketika ponsel dihidupkan, maka pengaturan bahasa pada sistem dan perangkat pada ponsel akan berganti sesuai dengan bahasa yang Anda pilih.

Itulah beberapa cara mengganti bahasa WhatsApp yang mudah dan cepat. Semoga cara dan langkah diatas dapat membantu menjawab persoalan terkait pergantian bahasa pada WA di ponsel Android, iOs, maupun Windows Phone pada ponsel Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Setelah bisa mengubah bahasa pada aplikasi WhatsApp, Anda juga dapat mengubah huruf pada WhatsApp menjadi huruf Arab. Ikuti saja Cara Membuat Tulisan Arab di WhatsApp Tanpa Aplikasi untuk mencobanya.

Oia, bagi Anda yang merasa huruf pada teks WhatsApp terlihat terlalu kecil, maka Anda dapat merubah ukuran font WhatsApp dengan mudah. Ikuti Cara Memperbesar Ukuran Huruf WhatsApp & Mengecilkan Font WA agar Anda lebih nyaman saat menggunakan aplikasi WhatsApp.

Leave a Reply