Cara Menggunakan IDM Pertama Kali + Setting IDM Yang Benar

Bagaimana cara menggunakan IDM untuk pertama kali? Bagaimana cara setting IDM dengan mudah dan benar? Baik di Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dll dengan IDM Integration Module. Bisa untuk laptop, PC maupun komputer.

Cara Menggunakan IDM Pertama Kali Dengan Benar

Cara Menggunakan IDM Pertama Kali Dengan Benar

Jika Anda sering melakukan download file dari internet, tidak ada salahnya jika anda mencoba software IDM. Software IDM memiliki berbagai macam kelebihan dibandingkan software downloader lain. Misalnya saja, Anda bisa mendownload lebih cepat menggunakan IDM.

Tidak hanya cepat, download file menggunakan IDM juga lebih stabil. Selain itu, menggunakan aplikasi IDM juga sangat fleksibel. Contohnya apabila terjadi masalah saat sedang melakukan download, Anda dengan mudah dapat melanjutkan download yang terputus.

Cara Menggunakan IDM Di Laptop (PC) Dengan Benar

Meski memiliki berbagai kelebihan, aplikasi Internet Download Manager ini sebenarnya sangat mudah untuk digunakan. Hal ini terlihat dari tampilannya yang sederhana. Masalahnya masih banyak orang yang belum tahu cara menggunakan IDM untuk pertama kali.

Nah pada kesempatan kali, ini kami akan mengulas cara menggunakan IDM di laptop maupun PC untuk pertama kali. Simak baik-baik penjelasannya berikut ini.

Cara Instal IDM

Sebelum bisa menggunakan aplikasi IDM, tentu Anda harus memiliki aplikasi downloader IDM terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan versi gratis (trial) IDM namun hanya bisa digunakan selama 30 hari. Alangkah lebih baiknya jika Anda membeli versi original berbayar.

Untuk membeli IDM original, Anda dapat mengunjungi website resmi IDM dan membelinya disana. Selain itu, Anda juga dapat memperolehnya dari reseller IDM resmi. Tapi dari pada ada masalah dikemudian hari, lebih baik jika Anda membeli IDM langsung dari website resmi.

Setelah Anda memiliki IDM resmi, kini Anda bisa langsung melakukan instalasi. Install IDM tidak rumit, buka saja file installer IDM lalu ikuti panduannya. Mirip seperti Anda menginstall aplikasi atau software lain.

Setting IDM Pertama Kali Dari Sofware IDM

Setelah Anda menginstall IDM, cara menggunakan IDM pertama kali yang selanjutnya adalah dengan melakukan pengaturan awal IDM. Nah sebelum melakukan setting IDM, ada baiknya jika Anda mencoba untuk membiasakan diri dengan tampilan IDM yang sederhana.

Setting IDM Agar Terhubung Dengan Browser

Setting IDM Agar Terhubung Dengan Browser

Jika sudah terbiasa dengan tampilan IDM, sekarang saatnya masuk ke tahap setting IDM. Untuk melakukan pengaturan IDM pertama kali ikuti langkah dibawah ini.

  1. Buka aplikasi IDM.
  2. Pilih Options.
  3. Pilih tab General.
  4. Perhatikan bagian “Capture downloads from the following browsers”.
  5. Centang browser yang biasa Anda gunakan.
  6. Selesai.

Dengan memberikan tanda centang pada browser yang Anda gunakan, maka otomatis IDM akan langsung terintegrasi dengan browser tersebut. Jadi ketika Anda menggunakan browser dan ada video atau link download, otomatis akan muncul tombol download IDM.

Selain melakukan pengaturan pada tab General, ada baiknya Anda mengecek tab File types. Perhatikan bagian “Automatically start downloading the following file types”. Pada bagian tersebut Anda akan melihat berbagai ekstensi file atau jenis file.

Pastikan Ekstensi File Yang Sering Anda Download Ada Disini

Pastikan Ekstensi File Yang Sering Anda Download Ada Disini

Pastikan Anda melihat jenis file yang biasa Anda download. Misalnya jenis file MP3 untuk lagu. Anda juga bisa menambahkan jenis file yang dirasa belum ada, namun Anda sering mendownloadnya.

Setting IDM Dari Browser Laptop

Pada umumnya, aplikasi IDM akan langsung terhubung dengan browser. Tapi pada beberapa kasus, IDM tidak otomatis terintegrasi dengan browser yang sedang digunakan. Penyebab utama dari masalah ini biasanya karena Anda tidak menggunakam versi terbaru baik dari browser maupun IDM.

Jadi agar IDM dan browser bisa langsung terhubung, pastikan Anda sudah melakukan update browser dan update IDM ke versi terbaru. Nah jika ternyata IDM masih belum terhubung ke browser, maka Anda bisa menyimak cara menggunakan IDM pertama kali berikut ini.

Browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dll bisa langsung terkoneksi IDM biasanya melalui fitur tambahan. Misalnya, di Chrome ada ekstensi IDM. Sedangkan di Firefox ada add ons IDM. Jika browser belum terhubung dengan IDM tidak ada salahnya Anda cek bagian ini.

Menggunakan IDM Di Firefox Pertama Kali

  • Buka browser Mozilla Firefox.
  • Klik tombol menu di kanan atas.
  • Pilih Add Ons.
    Menggunakan IDM Di Firefox

    Menggunakan IDM Di Firefox

    Menggunakan IDM Di Firefox

  • Pastikan ada “IDM Integration Module”.
  • Pastikan statusnya aktif.
  • Selesai.

Menggunakan IDM Di Chrome Pertama Kali

  • Buka browser Chrome.
  • Klik tombol menu di kanan atas.
  • Pilih more tools.
  • Pilih ekstension.
    Menggunakan IDM Di Chrome

    Menggunakan IDM Di Chrome

    Menggunakan IDM Di Chrome

  • Pastikan ada “IDM Integration Module”.
  • Pastikan statusnya aktif.
  • Selesai.

Cara Menggunakan IDM Untuk Download

Setelah semuanya siap, kini tinggal cara menggunakan IDM yang terkhir yaitu bagaimana melakukan download file dengan IDM. Untuk mengunduh memakai IDM, Anda dapat melakukannya seperti biasa. Bisa dengan langsung menekan tombol start download.

Cara Menggunakan IDM Di Laptop Untuk Download

Cara Menggunakan IDM Di Laptop Untuk Download

Jika IDM sudah terintegrasi dengan browser, biasanya ketika Anda membuka video Youtube maka secara otomatis akan muncul tombol download IDM. Untuk mengunduh video, Anda bisa langsung menekan tombol download IDM tersebut. Tombol download IDM juga akan muncul jika IDM mendeteksi ada link download pada suatu halaman web.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan download secara manual. Yaitu dengan melakukan URL download ke kotak address di software IDM. Selanjutnya Anda tinggal menekan tombol start download untuk mengunduh file tersebut.

Kini IDM sudah berhasil diinstall, namun saat melakukan download biasanya muncul masalah dimana ukuran file tidak keluar. Ikuti Cara Mengatasi IDM Yang Tidak Muncul Ukuran File untuk mengatasinya.

Sekarang saatnya melakukan download dengan IDM. Untuk mengunduh file dari torrent, Anda bisa mencoba Cara Download File Torrent dengan IDM. Ikuti juga settingan Cara Mempercepat Download IDM agar download dengan IDM jadi lebih cepat!

Itulah cara menggunakan IDM dengan benar. Setelah melihat ulasan diatas tentu Anda juga setuju jika menggunakan IDM itu mudah. Cara setting IDM juga sederhana. Yang perlu diperhatikan yaitu pastikan Anda menggunakan browser dan IDM versi terbaru. Selamat mencoba!

Leave a Reply