Cara Menggunakan TikTok di PC, Komputer dan Laptop [TANPA REPOT]

Cara Menggunakan TikTok di PC Komputer dan Laptop
Cara Menggunakan TikTok di PC Komputer dan Laptop

TikTok digemari oleh banyak orang karena banyak fitur menarik di dalamnya. Selain di HP atau smartphone, TikTok juga bisa digunakan di PC, komputer dan laptop. Cara menggunakan TikTok di PC juga hampir sama mudahnya dengan di HP.

TikTok kini telah merilis versi khusus web. Jadi aplikasi ini tidak hanya tersedia dalam bentuk aplikasi untuk Android atau iPhone. Tapi sekarang kita juga bisa mengaksesnya melalui PC atau laptop.

Cara pakainya pun mudah, karena tidak perlu lagi mengunduh aplikasinya seperti pada HP dan smartphone. Anda cukup membukanya menggunakan browser dalam waktu singkat.

Jadi tidak repot lagi mengunduh aplikasi yang memakan waktu lebih lama, hingga akhirnya TikTok bisa dipakai. Layar PC yang lebar pun akan lebih nyaman untuk mata.

Namun ada lagi perbedaan lain antara TikTok versi web dan versi HP. Perbedaan itu terletak pada fitur yang ada di dalam aplikasinya.

Cara Menggunakan TikTok di PC

TikTok untuk versi web ini kemungkinan akan terbatas fungsinya pada masa mendatang. Jadi saat memutuskan untuk memakai cara menggunakan TikTok di PC, sebaiknya Anda pelajari panduan berikut ini.

  • Buka TikTok melalui browser di PC.
  • Kunjungi alamat tiktok.com
  • Pastikan Anda sudah berada di TikTok.
  • Login menggunakan akun Anda.
  • Klik watch now untuk menonton konten.
  • Klik trending bila ingin melihat panel video.
  • Bisa juga klik discover.
  • Isinya berupa konten terbaik yang disukai.
  • Selesai.

Dalam PC, kita memang akan sedikit kesulitan untuk mencari konten dengan menggunakan hashtag. Hal ini disebabkan oleh aplikasi khusus web yang belum sempurna.

Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan cara lain, sehingga setiap konten yang Anda tonton dapat ditemukan lebih mudah. Caranya adalah dengan mengetikkan alamat URL seperti dibawah ini.

https://www.tiktok.com/tag/ lalu tambahkan keyword yang dicari. Menggunakan alamat tersebut akan lebih mudah dalam pencarian.

Namun dapat pula dengan menggunakan nama akun yang bersangkutan melalui alamat URL. Contohnya https://www.tiktok.com/ tambahkan @username akun yang dicari.

Jadi meski tidak seleluasa pada smartphone, menggunakan PC tetap bisa jadi alternatif lain. Ditambah pula oleh layarnya yang lebih lebar jadi lebih puas menontonnya.

Cara Unggah Video TikTok Melalui PC

Meski ada beberapa perbedaan yang terdapat pada TikTok versi web ini, tapi Anda masih bisa mengunggah video. Caranya juga tidak sulit, karena masih mirip dengan aplikasi TikTok pada HP.

Untuk mengupload video ini, sebaiknya buat akun TikTok terlebih dulu. Jadi akan lebih mudah ketika ingin menambah video baru. Begini caranya.

  • Buka TikTok.com.
  • Pilih Watch Now.
  • Klik tombol Upload.
  • Letaknya dibagian kanan atas layar.
  • Pilih opsi login menggunakan akun Anda.
  • Akun yang baru dibuat bisa dihubungkan dengan aplikasi media sosial lain seperti Facebook atau instagram.
  • Tautkan akun media sosial tersebut agar bisa membuat akun secara otomatis.
  • Klik unggah video pada bagian kanan layar.
  • Tap Select a Video to Upload.
  • Anda secara otomatis akan masuk ke jendela penyimpanan video atau file dalam PC.
  • Pilih video yang akan diunggah.
  • Klik dua kali pada video yang dipilih.
  • Ketik # untuk menambahkan hashtag dalam video.
  • Anda juga bisa menambahkan simbol @ saat membuat caption pada konten.
  • Upload video.
  • Selesai.

Cara yang digunakan dalam mengunggah video ini cukup mudah untuk diikuti bukan? Langkah yang harus dilakukan dapat dijalankan dengan cepat.

Penggunaan tagar atau hashtag ketika akan mengunggah video akan menampilkan berbagai tagar populer. Menggunakan PC saat mengupload konten juga akan mempermudah pencarian tagar viral.

Sayangnya bila mengunggah video melalui PC, ada beberapa kendala dibanding melalui ponsel. Salah satunya adalah tidak bisa menambahkan musik.

Musik sendiri adalah daya tarik terbesar yang dimiliki oleh TikTok. Para pemilik konten dapat menambahkan musik sesuai kebutuhan mereka masing-masing.

Namun pada PC, musik yang diunggah tidak dapat dipilih. Alternatifnya adalah membuat video yang telah ditambahkan musik terlebih dahulu menggunakan aplikasi lain.

Anda harus meluangkan waktu untuk mengedit video dan menambahkan musik dulu. Sesudah itu baru video diunggah di akun TikTok Anda menggunakan PC.

Cara ini memang sedikit rumit karena memerlukan persiapan terlebih dahulu. Namun ini bisa jadi jalan keluar jika smartphone yang Anda miliki tidak bisa menginstal TikTok atau kesulitan mengunggah video.

Selain itu, kerepotan saat mengedit video dengan aplikasi lain juga akan membuat video Anda lebih keren. Anda bisa membuat video nampak lebih menarik setelah diedit dengan fitur lain. Jadi tidak nampak seperti video yang dibuat oleh amatir.

Kekurangan lain adalah sedikitnya fitur atau filter yang terdapat pada TikTok versi web. Anda kemungkinan tidak akan menemukan filter terbaru yang sedang trend saat ini.

Namun tidak perlu cemas dulu, karena ada emulator Android yang dapat diinstall di PC. Menggunakan emulator akan membuat semua fitur pada TikTok dapat digunakan melalui laptop.

Emulator Android ini tidak hanya bisa digunakan untuk bermain game. Walau penggunaannya memang lebih banyak dipakai oleh para gamer.

Emulator Android dapat digunakan untuk memperoleh akses fitur bawaan dalam aplikasi TikTok. Jadi fitur yang ada di dalamnya bisa dipakai seperti biasa.

Akankah Filter TikTok di Smartphone Hadir Pada TikTok versi web?

TikTok kemungkinan mengambil langkah yang sama dengan Instagram. Di mana versi web dan versi HP memiliki perbedaan pada fitur yang ditawarkan.

Fitur pada PC sengaja dibatasi agar semakin banyak yang menginstal aplikasi di smartphone. Menggunakan emulator juga kerap gagal sehingga pengguna kembali memakai TikTok di HP.

Memang ada beberapa micro store yang menawarkan TikTok versi PC Dengan fitur lengkap. Hanya saja fitur yang dijanjikan tidak juga muncul. Tampilannya tetap sama sebagaimana TikTok versi web lain.

Dari pihak TikTok sendiri belum ada kepastian apakah versi web akan sebagus versi HP. Pasalnya perusahaan mereka memang lebih mengutamakan aplikasi pada handphone, smartphone atau ponsel.

Jika Anda memang sangat bergantung aplikasi TikTok karena alasan pekerjaan atau alasan lain, mungkin sebaiknya segera mengunduh aplikasi pada HP Anda saja. Jadi Anda tidak lagi kerepotan saat ingin mengunggah video.

Demikian cara menggunakan TikTok di PC, komputer atau laptop Anda. TikTok versi web memang tidak selengkap TikTok pada HP, tetapi masih bisa digunakan ketika ada kondisi tertentu. Selamat mencoba!