Cara Menghapus Akun WhatsApp Sementara Maupun Permanen

Cara Menghapus Akun WhatsApp Sementara dan Permanen

Cara Menghapus Akun WhatsApp Sementara dan Permanen

Sudah berapa lama Anda memakai WhatsApp untuk keperluan chatting, pekerjaan, dan lain-lain? Apakah Anda sempat terpikir untuk menghapus akun WhatsApp, mungkin karena bosan atau sudah tidak membutuhkannya lagi? Yuk kita simak bersama bagaimana cara menghapus akun WhatsApp dengan mudah.

Seperti kita ketahui, WhatsApp saat ini adalah aplikasi yang dipakai oleh jutaan orang di seluruh dunia. Dengan WhatsApp, kita dapat dengan mudah mengirim pesan, gambar, video, maupun file dokumen. Bisa dibilang, hampir sebagian besar pengguna Android memakai WhatsApp. Dan sampai saat ini sepertinya belum ada aplikasi lain yang mampu menyainginya.

Meskipun begitu, terkadang ada situasi dimana Anda harus melakukan penghapusan akun WhatsApp. Jika tidak ada pilihan lain, ada baiknya Anda memahami ketentuan dan konsekuensi yang terjadi setelah akun WhatsApp Anda dihapus.

Pada artikel ini, kami akan membahas bagaimana cara menghapus akun WhatsApp yang bisa Anda lakukan sendiri melalui handphone. Kami juga akan mengulas akibat-akibat yang ditimbulkan setelah akun WhatsApp Anda dihapus. Selain itu ada pula cara untuk mendaftarkan kembali akun WhatsApp Anda yang sudah dihapus.

Konsekuensi Jika Anda Menghapus Akun WhatsApp

Menghapus akun WA bukanlah suatu hal yang sulit. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika sebagian orang menghapus akun WhatsApp mereka tanpa memikirkan efek ke depannya setelah akun dihapus.

Sebaiknya sebelum menghapus akun WA, Anda mengetahui apa saja yang menjadi konsekuensinya. Salah satunya yaitu Anda tidak bisa mengembalikan lagi data-data yang sudah ikut terhapus. Nah berikut ini kami beritahukan beberapa hal yang menjadi konsekuensi jika Anda menghapus akun WhatsApp :

  • Nomor Anda akan terhapus dari WhatsApp. Artinya nomor Anda tidak akan muncul di kontak WhatsApp milik teman Anda.
  • Semua informasi WhatsApp Anda, baik tentang akun, foto profil maupun status WA, semua akan ikut terhapus.
  • Akun Anda otomatis akan keluar dari semua group WhatsApp yang Anda ikuti sebelumnya.
    Semua chat history atau riwayat orbolan akan dihapus.
  • Begitu juga backup (cadangan) pesan WhatsApp di Google Drive akan terhapus.

Bagaimana? Apakah Anda sudah siap untuk menerima konsekuensi setelah akun WhatsApp dihapus? Jika Anda sudah mantap, kini saatnya melihat apa saja syarat dan ketentuan dalam penghapusan akun yang sudah ditetapkan oleh sistem WhatsApp sendiri. Simak penjelasannya berikut ini :

  • Akun WhatsApp yang hendak dihapus, nomernya harus masih aktif.
  • Penghapusan akun WhatsApp tidak bisa langsung terhapus, tapi butuh waktu sampai 3 bulan (90 hari).
  • Meksipun sudah dihapus, nomor Anda masih bisa didaftarkan lagi di WhatsApp.
  • Akun WhatsApp yang sudah dihapus tidak dapat dibuka lagi.
  • Pesan WhatsApp yang sudah terlanjur Anda kirim tidak akan terpengaruh dengan penghapusan akun Anda.
  • Informasi Anda di Facebook akan terpengaruh jika Anda menghapus akun WA.

Jika Anda sudah siap menerima semua konsekuensi dan juga sudah memahami ketentuan-ketentuan tentang penghapusan akun WhatsApp, maka kini saatnya kita masuk dalam ulasan bagaimana cara menghapus akun WhatsApp.

Cara Menghapus Akun WhatsApp Sementara dan Permanen

Yang perlu Anda ketahui, menghapus akun WhatsApp tidak bisa dilakukan melalui WhatsApp web. Oleh karena itu untuk menghapus akun WhatsApp, Anda dapat menggunakan aplikasi WhatsApp yang sudah ada di HP Anda. Cara ini dapat digunakan di HP Android berbagai merk, iPhone dan juga iPad. Simak cara menghapus akun WhatsApp dibawah ini :

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih simbol titik 3 di pojok kanan atas.
  3. Pilih “Setelan”.

    Menghapus Akun WhatsApp di HP Sendiri Maupun Orang Lain

    Menghapus Akun WhatsApp di HP Sendiri Maupun Orang Lain

  4. Pilih “Akun”.
  5. Pilih “Hapus akun saya”.
  6. Pilih “Negara”.
  7. Isikan nomor Telepon.

    Pilih Hapus Akun Saya Untuk Penghapusan Sementara Ataupun Permanen

    Pilih Hapus Akun Saya Untuk Penghapusan Sementara Ataupun Permanen

  8. Tekan tombol “Hapus Akun Saya”.
  9. Muncul ketentuan hapus akun WA.
  10. Selesai.

Ketika akun WhatsApp sudah tidak aktif, maka akun tersebut tidak bisa lagi digunakan untuk mengirim dan menerima pesan. Secara otomatis, akun Anda juga akan keluar dari semua grup WhatsApp yang selama ini Anda ikuti.

Semua data dalam akun WhatsApp Anda juga akan terhapus. Baik itu, pesan-pesan yang ada di dalam aplikasi WhatsApp, maupun file backup yang ada di Google Drive. Semua data tersebut akan ikut terhapus bersamaan dengan dihapusnya akun WA Anda.

Jika nomor telepon yang Anda gunakan ini tidak didaftarkan lagi ke WhatsApp, maka akun WhatsApp Anda akan benar-benar hilang permanen. Namun penghapusan ini juga bisa bersifat sementara, maksudnya dapat Anda baca dibawah ini.

Jika suatu saat Anda ingin menggunakan WhatsApp lagi, Anda dapat menggunakan nomor handphone yang sama untuk mendaftar WhatsApp kembali. Tapi seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa akun Anda menjadi akun yang baru karena semua history akun sebelumnya sudah terhapus.

Menghapus WhatsApp di HP Yang Hilang atau Dibajak

Lalu bagaimana menghapus akun WA di HP yang hilang atau dibajak? Hal ini sepertinya akan sulit dilakukan karena Anda tidak bisa menghapus akun WhatsApp lewat PC (WhatsApp web). Anda juga tidak bisa menghapus akun WhatsApp dari HP orang lain. Jadi, mau tidak mau, suka tidak suka, Anda harus menemukan HP Anda terlebih dahulu.

Demikian informasi cara menghapus akun WhatsApp sendiri maupun orang lain secara permanen. Semoga ulasan ini bermanfaat. Apapun alasannya, pastikan Anda memahami konsekuensi dan ketentuan sebelum melakukan penghapusan akun WhatsApp.

Oiya, bagi Anda yang ingin mencoba cara lain, Anda dapat juga mencoba Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Di Android Dan iPhone. Dengan menonaktfikan WhatsApp, Anda tidak perlu menghapusnya. Tapi sekali lagi, pilihan ada ditangan Anda.

Atau Anda juga bisa melakukan Cara Logout Akun WA di HP Tanpa Menghapus Akun. Dengan begitu akun Anda akan tetap aman. Jika ingin menggunakan aplikasi WA lagi, Anda hanya tinggal login.

Leave a Reply