Cara Menghapus Log Panggilan di IG Dengan Mudah dan Cepat

Advertisements
Cara Menghapus Log Panggilan di IG Secara Permanen
Cara Menghapus Log Panggilan di IG Secara Permanen

Cara menghapus log panggilan di IG sampai sekarang masih banyak ditanyakan oleh pengguna. Mungkin Anda sendiri adalah salah satu orang yang juga penasaran terkait hal ini. Secara umum, mereka ingin membersihkan riwayat panggilan telepon agar tidak ketahuan orang lain. Pastikan membaca ulasan kali ini sampai habis agar Anda benar-benar paham.

Instagram adalah sosial media tempat berbagi konten foto dan video. Dari waktu ke waktu sosial media ini terus melakukan pembaharuan demi memanjakan pengguna. Mulai dari menghadirkan Reels mirip TikTok, sampai fitur panggilan telepon.

Jika Anda sudah penasaran dengan cara menghapus log panggilan di IG secara permanen, bagaimana kalau langsung disimak yang berikut ini. Dengan begitu Anda tidak akan bingung lagi ketika akun dipegang oleh pasangan dan mereka suka kepo dengan aktivitas di sosmed.

Apa itu Log Panggilan IG?

Log panggilan Instagram adalah riwayat seluruh panggilan masuk dan panggilan keluar yang dilakukan oleh pengguna. Selama Anda memakai fitur panggilan di Instagram, maka aktivitasnya terpantau oleh sistem dan dibuat log panggilan.

Nah, log panggilan Instagram bisa Anda temukan di fitur DM (Direct Message). Ketika Anda membuka DM dengan pengguna lain, maka riwayat chatting dan log panggilan bisa dipantau seluruhnya dari sini.

Sampai sekarang masih belum ada fitur khusus yang menampilkan riwayat panggilan seperti di WhatsApp. Sehingga, riwayat panggilan dan chatting tercampur menjadi satu.

Log panggilan Instagram berguna untuk menampilkan waktu kapan saja Anda berkomunikasi dengan pengguna lain. Sehingga bisa memantau apabila sewaktu-waktu sedang butuh.

Apakah Log Panggilan di IG Bisa Dihapus?

Sampai artikel ini terbit, Instagram belum menyediakan fitur khusus menghapus log panggilan. Jadi Anda tidak akan menemukan fitur khusus mengelola dan melihat riwayat panggilan. Namun, pengguna masih bisa menghapusnya melalui Direct Message.

Konsekuensi yang harus diterima ketika Anda ingin membersihkan log panggilan adalah kehilangan riwayat chat. Anda perlu menghapus seluruh riwayat pesan, sehingga log panggilan ikut terhapus.

Terdengar merepotkan karena kita harus ikut menghapus riwayat chatting. Sayangnya, ini hanya satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan.

Tanpa menghapus riwayat chat, maka Anda juga tidak bisa menghapus log panggilan IG. Sehingga butuh pertimbangan yang matang sebelum melakukannya.

Terlebih dahulu Anda harus memastikan bahwa tidak ada isi chat yang bersifat penting. Kalau memang ada chat yang penting, mungkin bisa menyembunyikan log panggilan sementara. Bagaimana, penasaran bukan dengan hal itu? Lanjut baca sampai habis.

Cara Menghapus Log Panggilan di IG Untuk Pemula

Diatas telah kita simak bersama tentang pengertian apa itu log panggilan Instagram. Nah berikut ini kita akan langsung masuk pada pembahasan bagaimana untuk hapus riwayat panggilan Instagram secara mudah dan cepat.

Memakai Fitur Mode Menghilang Untuk Hapus Riwayat Panggilan

Instagram memiliki Mode Menghilang yang bisa Anda manfaatkan untuk menyembunyikan seluruh riwayat chat dan panggilan. Ini bersifat sementara karena setelah Anda menonaktifkan Mode Menghilang maka riwayat tersebut muncul kembali.

Semisal Anda mengaktifkan Mode Menghilang, kemudian pasangan menyadarinya dan menonaktifkan mode ini maka riwayat DM kembali muncul seperti sedia kala. Begitupun dengan riwayat telepon yang sudah terjadi.

Kendati demikian tidak ada salahnya mencoba, karena siapa tahu dia belum mengetahui Mode Menghilang. Adapun langkah-langkah mengaktifkan mode Menghilang sebagai berikut ini:

  • Pertama, buka aplikasi Instagram di HP.
  • Setelah itu, klik icon chat Massenger.
  • Letaknya berada di pojok kanan atas.
  • Silahkan buka chat di Instagram.
  • Maka nantinya muncul log panggilan.
  • Sekarang pilih icon tanda seru.
  • Letaknya ada di pojok atas.
  • Sekarang Anda bisa mengaktifkan Mode Menghilang.
  • Fungsinya untuk hapus log panggilan di IG.
  • Selesai.

Hapus Log Panggilan Instagram Permanen

Metode sebelumnya bukanlah cara menghapus log panggilan IG permanen, melainkan hanya menyembunyikan sementara. Sehingga kurang cocok apabila Anda ingin benar-benar menghapusnya.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, log panggilan IG tidak bisa dihapus begitu saja. Ketika pengguna ingin melakukannya berarti juga menghapus pesan atau riwayat chatting.

Anda perlu mempertimbangkannya berulang kali, agar tidak kecewa dan sudah memahami konsekuensinya. Jika tetap ingin menghapus riwayat panggilan di IG, langsung ikuti beberapa langkah ini:

  • Pertama, buka aplikasi Instagram di HP.
  • Klik icon chat Massenger yang berada di pojok kanan atas.
  • Klik dan tahan sebentar chat dengan pengguna lain yang ingin dihapus.
  • Klik hapus chat.
  • Konfirmasi Hapus Chat.
  • Selesai.

Sekarang log panggilan Anda sudah terhapus secara permanen bersama dengan riwayat pesan. Pengguna lain tidak bisa lagi melihat panggilan yang sudah Anda lakukan.

Apabila Anda enggan menghapus chat, maka bisa memakai fitur Mode Menghilang seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Semua pilihan dikembalikan kepada Anda sesuai kebutuhan masing-masing.

Semoga di update kedepannya Instagram menyediakan fitur menghapus log panggilan. Sehingga, pengguna tidak perlu sampai menghapus riwayat chat mereka dengan orang lain.

Itulah tadi pembahasan mengenai cara menghapus log panggilan di IG secara permanen yang bisa diikuti. Meski Instagram belum menyediakan fitur khusus menghapus riwayat panggilan pengguna, namun kita masih bisa mengakali dengan menghapus sekalian riwayat chat. Selamat mencoba.