Cara Menghapus Pesan WhatsApp Yang Sudah Lama Dikirim

Salah kirim pesan WhatsApp? Cara menghapus pesan WhatsApp yang sudah dikirim lama ini akan membantu Anda. Cara ini dapat digunakan untuk menarik chat WA di HP penerima secara permanen sekalipun itu didalam grup WhatsApp.

Cara Menghapus Pesan WhatsApp Yang Sudah Lama Dikirim

Cara Menghapus Pesan WhatsApp Yang Sudah Lama Dikirim

Sebagai pengguna WhatsApp, kita tentu pernah salah mengirim pesan ke orang lain. Hal ini tentu dapat membuat kita malu dan ingin cepat-cepat menghapus pesan WhatsApp di HP penerima. Begitu pula dengan salah ketik atau typo. Kadang kita sulit menghindarinya, apalagi saat sedang asik chatting di WhatsApp. Jika dibiarkan, rasanya risih dan malu. Ingin menghapus, tapi tidak tau caranya.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang bagimana cara menghapus pesan WhatsApp di HP orang lain secara permanen agar tidak bisa dilacak. Perlu Anda ketahui bahwa cara menarik pesan di WhatsApp itu sangat mudah, tidak perlu aplikasi tambahan dan dapat dilakukan di semua HP baik itu Android maupun iPhone.

Cara menghapus pesan WhatsApp ini juga dapat dipakai untuk menghapus pesan pribadi yang dikirimkan ke seseorang maupun untuk menghapus chat yang Anda kirim di grup WhatsApp. Dengan mengetahui cara menghapus pesan di WA, tentu Anda akan merasa lebih tenang saat berkirim pesan.

Cara Menghapus Chat WA Agar Tidak Bisa Dilacak

Seperti sudah kami katakan diatas, cara menghapus chat WA permanen di HP orang lain sangatlah mudah. Apalagi jika pesan tersebut baru dikirim beberapa menit saja. Caranya adalah sebagai berikut.

Cara Hapus Pesan WhatsApp Yang Terlanjur Terkirim

Cara Hapus Pesan WhatsApp Yang Terlanjur Terkirim

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Buka obrolan dimana Anda salah mengirim pesan (bisa chat pribadi atau grup).
  3. Pilih pesan yang hendak dihapus.
  4. Tekan dan tahan pesan WA yang ingin dihapus.
  5. Tunggu hingga muncul beberapa pilihan icon dibagian atas layar.
  6. Pilih icon berbentuk “Tong Sampah”.
  7. Anda akan ditanya apakah ingin menghapus pesan (DELETE MESSAGE).
  8. Pilih “HAPUS UNTUK SEMUA ORANG” atau “DELETE FOR EVERYONE”.
  9. Selesai.

Mudah sekali kan? Tapi pada beberapa kasus, Anda tidak bisa delete for everyone di WhatsApp. Hal ini karena WhatsApp memiliki peraturan khusus mengenai cara menarik pesan yang sudah lama.

Kenapa Delete For Everyone WhatsApp Tidak Muncul

Perlu diketahui bahwa fitur hapus pesan delete for everyone hanya dapat digunakan beberapa menit setelah pesan dikirim. Oleh karena itu, pesan WhatsApp yang sudah lama dikirim tidak akan muncul pilihan hapus untuk semua orang atau delete for everyone.

Delete For Everyone WhatsApp Tidak Muncul Karena Sudah Melewati Batas Waktu

Delete For Everyone WhatsApp Tidak Muncul Karena Sudah Melewati Batas Waktu

Ada sumber yang mengatakan bahwa fitur WA delete for everyone hanya bisa dilakukan sebelum 7 menit. Ada juga yang mengatakan fitur tersebut dapat dipakai sebelum 1 jam. Dan ada yang menyebutkan bahwa fitur delete for everyone muncul sebelum 1 jam 8 menit 16 detik.

Mana yang benar tidak begitu penting. Yang terpenting adalah Anda tetap bisa menghapus pesan WA yang sudah lama dikirim. Penasaran? Simak ulasan berikut tentang cara menarik pesan yang sudah dikirim lama.

Cara Menghapus Pesan WhatsApp Yang Sudah Lama

Pihak WhatsApp memiliki peraturan tentang menghapus pesan yang sudah terlanjur terkirim. Selama belum melewati batas waktu, maka kita dapat menghapus pesan WA untuk semua orang (delete for everyone). Baik di akun WA kita sebagai pengirim maupun di akun WA penerima.

Namun jika melebihi batas waktu, maka kita hanya bisa menghapus pesan pada akun WA kita saja sebagai pengirim (DELETE FOR ME). Pilihan “HAPUS UNTUK SEMUA ORANG” (DELETE FOR EVERYONE) tidak akan muncul karena kita sudah melewati batas waktu.

Jika Anda memilih “HAPUS UNTUK SAYA” (DELETE FOR ME) artinya pesan tersebut hanya terhapus di akun WhatsApp kita sebagai pengirim. Namun pesan kita masih bisa dibaca di akun WA penerima.

Nah dengan menggunakan cara menghapus pesan WhatsApp yang sudah lama terkirim ini, maka Anda tetap dapat menghapus pesan di akun WA penerima sekalipun pesan tersebut sudah dikirim lama atau sudah melewati batas waktu. Ikuti caranya dibawah ini.

Cara Menghapus Pesan WA Yang Sudah Lama Terkirim Dengan Merubah Tanggal

Cara Menghapus Pesan WA Yang Sudah Lama Terkirim Dengan Merubah Tanggal

  1. Matikan koneksi internet di smartphone Anda baik paket data atau WiFi.
  2. Hentikan aplikasi WhatsApp secara paksa.
  3. Masuk ke “Setting” di smartphone Anda.
  4. Pilih “Manage Apps”.
  5. Pilih “WhatsApp”.
  6. Pilih “Force Close”.
  7. Kembali ke menu “Setting”.
  8. Pilih “Date & Time”.
  9. Ganti tanggal menjadi 1 atau 2 hari sebelum pesan dikirim.
  10. Buka aplikasi WhatsApp.
  11. Buka pesan WA yang hendak kita hapus.
  12. Tekan dan tahan pesan tersebut hingga muncul icon dilayar atas.
  13. Pilih icon tong sampah.
  14. Pilih “HAPUS UNTUK SEMUA ORANG” atau “DELETE FOR EVERYONE”.
  15. Pesan yang dihapus berubah menjadi “Anda telah menghapus pesan ini” atau “This Message Was Deleted”.
  16. Kembalikan “Date & Time” seperti semula.
  17. Selesai.
Setelah Ganti Tanggal Anda Bisa Hapus Pesan WA Delete For Everyone Tanpa Batas Waktu

Setelah Ganti Tanggal Anda Bisa Hapus Pesan WA Delete For Everyone Tanpa Batas Waktu

Namun bagaimana jika ada teman yang sering menghapus pesan WhatsApp, padahal Anda belum sempat membacanya? Tentu Anda akan merasa kesal dan penasaran. Nah Anda bisa mencoba cara melihat pesan WA yang sudah dihapus oleh pengirimnya. Jadi Anda tidak penasaran lagi.

Demikianlah ulasan kami tentang cara menghapus pesan WhatsApp yang sudah lama dikirim. Sekarang Anda tidak perlu merasa khawatir jika sering melakukan typo atau bahkan salah mengirimkan pesan ke akun orang lain. Selamat mencoba. Jika ada pertanyaan jangan ragu untuk menuliskannya dikolom komentar ya.

Leave a Reply