Cara Menghapus Status WhatsApp Orang Lain Dengan Mudah

Cara Menghapus Status WhatsApp Orang Lain di HP Kita
Cara Menghapus Status WhatsApp Orang Lain di HP Kita

Cara Menghapus Status WhatsApp Orang Lain – Aplikasi WhatsApp (WA) kini hadir dengan berbagai fitur menarik, salah satunya adalah WhatsApp Story. Fitur ini memungkinkan pengguna WA untuk mengunggah foto, tulisan, hingga video ke story atau status WA.

Seharusnya, fitur ini digunakan secara bijak sebagai hiburan atau mengabadikan momen khusus kepada publik. Namun, tak jarang pengguna WA yang menyalahgunakan fitur ini dengan mengunggah berbagai konten tak menyenangkan. Misalnya, berbau SARA, kekerasan, hingga melanggar norma dan nilai masyarakat.

Jika demikian, tentu hal ini dapat mengganggu pengguna WA lain yang ikut membagikan momen spesialnya pada WhatsApp Story. Tapi, kini Anda tak perlu khawatir, karena WA juga memungkinkan penggunanya untuk menghapus status orang lain. Bagaimana cara menghapus status orang lain di WhatsApp?

Cara Menghapus Status WA Orang Lain

Daftar Isi

Terganggu dengan status WA orang lain memang menjengkelkan. Apalagi jika hal itu mempengaruhi kinerja dan perasaan atau mood seharian.

Sebenarnya, WA telah menghadirkan opsi untuk penggunanya yang tidak ingin melihat status orang lain karena dirasa mengganggu. Misalnya dengan adanya fitur mute story yakni membisukan status orang lain agar ketika pengguna tersebut mengunggah status, tidak akan muncul di pembaharuan status WA.

Tapi, cara ini baru bisa digunakan dalam 1×24 jam setelah mute story diaktifkan. Sehingga status yang diunggah oleh orang tersebut pada hari itu masih bisa terlihat dan tidak hilang dari pembaharuan. Namun, ada cara lain untuk menghapus status WA orang lain tanpa harus menunggu 24 jam. Berikut cara menghapus status orang lain di WhatsApp.

Menghapus Kontak

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghapus status WA orang lain ialah dengan menghapus kontak orang tersebut. Dengan demikian, Anda tidak akan melihat status orang itu secara permanen. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka menu “Kontak” pada smartphone.
  • Cari kontak yang ingin Anda hapus status WA nya.
  • Pilih kontak tersebut.
  • Pilih “Hapus Kontak”.
  • Konfirmasi dengan memilih tombol “OK”.
  • Selesai.

Kini, ketika Anda membuka pembaharuan status WA, maka status orang tersebut tidak akan muncul lagi di pembaharuan Anda. Namun, cara ini menyulitkan Anda jika ada hal mendesak yang berhubungan dengan orang tersebut. Alasannya karena secara otomatis Anda sudah tidak menyimpan nomor orang itu. Tapi, hal ini bisa diatasi dengan menambahkan kembali nomor tersebut ke kontak Anda apabila ingin berkomunikasi melalui WA.

Blokir Kontak

Apabila cara pertama dinilai terlalu rumit, maka Anda bisa mencoba cara kedua ini. Dengan memblokir kontak WA, Anda tidak perlu menghapus kontak namun hanya membatasi komunikasi dengan orang tersebut melalui WA. Berikut langkah-langkah blokir kontak WA :

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Pilih chat dengan orang yang ingin Anda hapus statusnya.
  • Ketuk foto profil orang tersebut.
  • Anda akan masuk ke profilnya.
  • Pilih “Blokir”.
  • Selesai.

Dengan cara ini, Anda tidak kehilangan nomor kontak yang mungkin sekiranya masih penting dan diperlukan. Di sisi lain, Anda tidak akan melihat status WA yang mengganggu dari pengguna tersebut.

Namun, hal yang perlu diketahui dari memblokir kontak ialah cara ini menyebabkan Anda maupun orang tersebut tidak bisa berkomunikasi melalui WA dan menggunakan fitur-fitur lainnya seperti berkirim pesan, telepon, maupun video call. Jika ingin berkomunikasi, Anda harus membuka blokir terlebih dahulu.

Langkah ini cocok digunakan oleh Anda yang merasa terganggu dengan pengguna tersebut karena kerap mengirimkan foto atau pesan yang meresahkan.

Mengubah Waktu pada Ponsel

Cara yang ketiga ialah mengubah waktu pada perangkat ponsel Anda. Cara ini adalah langkah yang paling praktis dan efektif dalam menghapus status WA orang lain. Dengan begini, secara otomatis status WA akan tersembunyi. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka menu “Pengaturan” di smartphone.
  • Pilih pengaturan “Tanggal & Waktu”.
  • Nonaktfikan pengaturan “Tanggal & waktu otomatis”.
  • Ubah tanggal.
  • Majukan beberapa hari dari hari sekarang.
  • Selesai.

Selain itu, cara ini memudahkan Anda untuk menggunakan WA tanpa harus melihat status orang lain dan tidak perlu menghapus atau memblokir kontak orang tersebut. Untuk mengembalikan ke settingan awal, Anda bisa mengaktifkan kembali fitur otomatis pada pengaturan waktu dan tanggal.

Tapi, perlu diingat bahwa bukan hanya status satu orang pengguna saja yang hilang, melainkan status pengguna lain yang ada di pembaharuan akan ikut hilang.

Itulah tiga cara menghapus status orang lain di WhatsApp. Mulai dari menghapus nomor kontak, memblokir kontak WA, hingga menonaktifkan fitur otomatis pada pengaturan waktu dan tanggal.

Semoga cara diatas bisa jadi solusi untuk Anda yang merasa terganggu dengan status WA orang lain dan ingin menghilangkannya. Kira-kira manakah cara yang ingin Anda coba? Semoga berhasil!