Cara Menghilangkan WhatsApp Sedang Mengetik Dengan Mudah

Cara Menghilangkan WhatsApp Sedang Mengetik
Cara Menghilangkan WhatsApp Sedang Mengetik

Tentu Anda setuju bahwa WhatsApp adalah aplikasi chatting paling populer yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. WhatsApp memang sudah yang paling mumpuni saat ini, mulai dari keamanan, privasi, teknologinya stabil, dan terus menambahkan inovasi dan pembaruan. Bahkan bisa dibilang, sampai hari ini belum ada aplikasi chatting lain selengkap WhatsApp.

WhatsApp juga menaruh perhatian khusus soal privasi penggunanya. Banyak setelan dan fitur yang bisa diatur sendiri oleh penggunanya demi kenyamanan dan keamanan. Misalkan, Anda bisa mengatur sendiri untuk menyembunyikan status WhatsApp maupun status online Anda dari kontak WhatsApp. Anda juga bisa memblokir kontak yang tidak diinginkan.

Ada satu lagi fasilitas WhatsApp yang bisa Anda atur tampilannya, yaitu menghilangkan status WhatsApp sedang mengetik. Tulisan “sedang mengetik” ini biasanya muncul saat Anda chatting dengan orang lain. Mereka bisa melihat Anda sedang mengetik pesan, dan begitu juga sebaliknya. Anda bisa melihat orang lain sedang mengetik pesan ketika chatting dengan Anda.

Tetapi hal ini bisa jadi kurang nyaman juga bagi sebagian pengguna WhatsApp. Pasalnya, ketika masih dalam proses mengetik dan merangkai kata-kata, seringkali ada gangguan atau perhatian teralihkan sehingga pengetikan harus terhenti sejenak. Namun, lawan bicara sudah kadung menunggu ketikan kita yang tak kunjung datang. Bisa-bisa, hal ini malah menimbulkan salah paham.

Untuk menghindari hal itu, ada cara menyembunyikan sedang mengetik di WhatsApp yang akan kami berikan pada artikel di bawah ini.

Cara Menyembunyikan Sedang Mengetik di WhatsApp

Anda bisa mencoba dua cara menyembunyikan status sedang mengetik di WhatsApp yang kami berikan di artikel ini. Cara-cara ini bisa dilakukan sendiri dan efektif untuk menghindari kesalahpahaman yang bisa terjadi antara Anda dan penerima.

Matikan Koneksi Data Anda

Seperti kita ketahui bersama, bahwa aplikasi WhatsApp tidak bisa jalan ketikan kita mematikan koneksi internet. WhatsApp adalah aplikasi yang dalam penggunaannya membutuhkan sambungan internet, baik itu Wifi, paket data atau lainnya.

Ketika Anda sedang chatting dengan orang lain, maka koneksi internet sedang terhubung sehingga Anda bisa berbalas pesan dengan kontak WhatsApp Anda. Tapi jika saat itu Anda mematikan sambungan internet, maka seluruh fungsi WhatsApp tidak akan berjalan, termasuk status “sedang mengetik” yang biasanya muncul di layar.

Menghilangkan status “sedang mengetik” lewat cara matikan internet :

  • Tutup aplikasi WhatsApp
  • Matikan sambungan internet Anda.
  • Setelah internet nonaktif, buka WhatsApp Anda
  • Kirim pesan ke salah satu kontak
  • Akan muncul icon jam yang menandakan pesan Anda “tertunda”
  • Nyalakan kembali sambungan internet
  • Cek pesan sudah terkirim

Dengan cara ini, pesan akan terkirim kepada penerima tanpa ada tulisan “sedang mengetik” sama sekali yang muncul sebelumnya.

Menggunakan GBWhatsApp

Kalau Anda terlalu malas melakukan cara sebelumnya karena merepotkan, Anda bisa coba cara lain menyembunyikan tulisan “sedang mengetik” menggunakan GB WhatsApp. Apa itu GB WhatsApp? Ini adalah aplikasi di mana terdapat fitur bagus dan bermanfaat, salah satunya ya menyembunyikan status “sedang mengetik” itu tadi.

Sebelum Anda menginstall aplikasi GB WhatsApp, pastikan dulu pengaturan unknown resources (sumber tidak dikenal) pada menu pengaturan sudah dimatikan dulu. Caranya, masuk ke menu pengaturan (setting), lalu keamanan (security), lalu matikan unknown resources.

Untuk menggunakan aplikasi GB WhatsApp, seperti ini caranya :

  • Install Aplikasi GBWhatsApp di Playstore.
  • Buka aplikasi tersebut.
  • Pilih “Privacy”.
  • Pilih “Writing Status”.
  • Pilih “Hide for Contacts”.
  • Selesai.

Dengan demikian, maka status “sedang mengetik” tidak akan terlihat lagi ketika Anda sedang mengetik pesan kepada orang lain, dan sebaliknya. Cara kedua ini meski perlu aplikasi tambahan sebetulnya lebih sederhana ketimbang cara pertama yang harus bolak balik mematikan sambungan internet.

Dari ulasan diatas, kesimpulan yang bisa diambil yaitu ada dua cara yang bisa Anda coba. Diantaranya adalah cara yang sedikit repot yaitu harus mematikan jaringan internet, kemudian menyalakannya kembali setelah Anda selesai mengetik pesan. Sedangkan cara berikutnya ialah menggunakan aplikasi GB WhatsApp.

Kedua cara tersebut dapat Anda lakukan untuk menyembunyikan tulisan “sedang mengetik” atau lazimnya kita lihat “…. is typing” pada WhatsApp. Meskipun begitu, keduanya tetap memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing seperti yang sudah kami sampaikan di atas.

Kini tugas Anda yang menentukan ingin menggunakan cara yang mana. Biasanya segi kepraktisan sering menjadi bahan pertimbangan utama. Meskipun hal ini sering dianggap sepele, tapi bagi orang-orang yang menginginkan privasi dan kenyamanan, menghilangkan tulisan “sedang mengetik” tentu akan membuat hati jadi lebih nyaman.

Sebagai informasi tambahan, ketika Anda online di browser laptop menggunakan WhatsApp web, informasi “sedang mengetik” biasanya tidak muncul di layar orang lain meskipun kita sedang mengetik pesan.

Namun tentunya bagi Anda yang menggunakan WhatsApp hanya di layar handphone, cara-cara yang kami berikan di atas sudah cukup efektif untuk menyembunyikan informasi “sedang mengetik” di WhatsApp. Semoga ulaan ini dapat bermanfaat. Selamat mencoba!