Cara Mengizinkan Whatsapp Mengakses Kontak di iPhone & Android

Cara Mengizinkan Whatsapp Mengakses Kontak HP iPhone dan Android

Cara Mengizinkan Whatsapp Mengakses Kontak HP iPhone dan Android

WhatsApp kini sudah jadi aplikasi yang hampir semua orang punya dan gunakan di handphone-nya. Aplikasi WhatsApp ini juga digunakan untuk berbagai macam kepentingan, mulai kepentingan pribadi, bisnis dan profesional.

Lewat WhatsApp, Anda bisa berkirim pesan chatting, foto, video, pesan suara, maupun file dan dokumen lainnya. Maka dari itu, WhatsApp menjadi aplikasi populer yang telah diinstall banyak orang di seluruh dunia.

Tapi apakah Anda sadar, bahwa saat menginstall aplikasi WhatsApp dari Google Playstore, Anda akan dimintai izin agar WhatsApp dapat mengakses data di dalam handphone Anda? Izin ini meliputi akses penyimpanan, kontak, kamera, dan lain-lain.

Fungsi dari izin-izin akses ini adalah untuk keamanan sistem. Biasanya akan ada fitur-fitur yang tidak bisa berjalan dengan baik jika Anda menolak izin aksesnya. Termasuk juga akses pada kontak yang akan dibahas pada artikel di bawah ini.

Untuk itu Anda perlu tahu bagaimana cara mengizinkan WhatsApp mengakses kontak pada smartphone Anda.

Akibat WhatsApp Tidak Diizinkan Mengakses Kontak

Saat proses instalasi, WhatsApp membutuhkan akses ke dalam file daftar kontak Android yang tersimpan di dalam sistem. Selain izin akses kontak, terdapat pula izin akses lainnya. Setiap izin akses akan memiliki fungsinya masing-masing. Oleh karena itu, saat izin tidak diberikan maka dapat terjadi gangguan pada fungsi-fungsi tersebut.

Kalau Anda menolak memberikan izin akses, maka hal-hal di bawah ini kemungkinan bisa terjadi, antara lain :

  • Daftar kontak WhatsApp Anda akan kosong.
  • Anda tidak bisa mengirim pesan WhatsApp karena Anda tidak punya daftar kontak WhatsApp.
  • Selain pesan text, Anda juga tidak bisa mengirimkan pesan apapun baik foto, audio, dll.
  • Anda juga tidak bisa menerima pesan WhatsApp dari siapapun.

Hal-hal di atas dapat terjadi karena Anda tidak mengijinkan WhatsApp untuk mengakses file kontak. Akibatnya tentu dapat mengganggu penggunaan WhatsApp Anda. Apa fungsinya WhatsApp jika tidak memiliki kontak untuk bisa mengirim dan menerima pesan?

Hal yang sama juga bisa berlaku untuk permintaan izin akses lainnya. Contohnya akses microphone dan kamera, dimana menyebabkan Anda tidak bisa melakukan video call dan panggilan lainnya. Juga ketika Anda menolak memberikan akses lokasi, maka Anda tidak bisa berbagi lokasi (share location) pada kontak WhatsApp Anda.

Cara Mengizinkan WhatsApp Mengakses Kontak HP

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan diatas, maka Anda perlu mengizinkan WhatsApp mengakses kontak Anda. Anda bisa melakukan restart ulang WhatsApp Anda atau meng-install ulang jika diperlukan.

Selain cara tersebut, ada juga cara mengizinkan WhatsApp mengakses kontak dari setelan handphone Android Anda seperti di bawah ini. Simak cara mengizinkan WhatsApp mengakses kontak handphone dibawah ini :

  1. Buka menu “Setelan” atau “Pengaturan” di handphone.

    Lakukan Ini Jika Kontak WhatsApp Tidak Muncul di iPhone

    Lakukan Ini Jika Kontak WhatsApp Tidak Muncul di iPhone

  2. Cari dan pilih “Aplikasi”.

    Buka Menu Aplikasi Untuk Mencari Aplikasi WhatsApp

    Buka Menu Aplikasi Untuk Mencari Aplikasi WhatsApp

  3. Cari aplikasi “WhatsApp”.

    Cara Memberikan Ijin Akses Kontak Ke Aplikasi WhatsApp

    Cara Memberikan Ijin Akses Kontak Ke Aplikasi WhatsApp

  4. Pilih “Izin”.

    Masuk ke Menu Izin Untuk Mengatur Izin Akses WhatsApp

    Masuk ke Menu Izin Untuk Mengatur Izin Akses WhatsApp

  5. Perhatikan bagian “Kontak”.

    Aktifkan Izin WhatsApp Untuk Mengakses Kontak Telepon

    Aktifkan Izin WhatsApp Untuk Mengakses Kontak Telepon

  6. Aktifkan dengan menggeser toggle.
  7. Selesai.

Jika cara mengizinkan WhatsApp mengakses kontak hanphone sudah dilakukan, silahkan buka aplikasi WhatsApp Anda. Buat halaman chat baru, dan pilih dari daftar kontak siapa yang ingin Anda chat. Seharusnya kontak Anda sudah muncul pada daftar teman WhatsApp.

Ingat juga bahwa WhatsApp memerlukan izin akses lainnya, tidak hanya kontak saja. Jadi, pastikan Anda juga memberi ijin akses lainnya agar WhatsApp Anda berjalan dengan lancar.

Cara Mengizinkan WhatsApp Mengakses Kontak iPhone & Android

Ada juga cara lain yang dapat Anda gunakan agar aplikasi WhatsApp dapat menampilkan kontak selain meminta akses dari sistem. Tapi tetap saja diperlu pengaturan supaya daftar nomor kontak bisa muncul ke daftar teman WhatsApp Anda. Simak berikut ini cara memberi izin akses WhatsApp :

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih simbol titik 3 di pojok kanan atas.
  3. Pilih menu “Kontak”.

    Cara Mengatasi Kontak WhatsApp Tidak Muncul

    Cara Mengatasi Kontak WhatsApp Tidak Muncul

  4. Pilih “Tampilkan Semua Kontak”.
  5. Pastikan WhatsApp Anda mendukung fitur ini.
  6. Selesai.

Jangan lupa untuk cek terlebih dahulu versi WhatsApp yang Anda gunakan, karena tidak semua versi WhatsApp mendukung cara ini.

Solusi Kontak WhatsApp Tidak Muncul Padahal Sudah Diberi Akses Kontak

Meskipun Anda sudah mengizinkan WhatsApp mengakses kontak dari sistem, bisa saja kontak WhatsApp Anda tetap tidak muncul. Jika hal ini terjadi, Anda mungkin bisa coba tips-tips berikut ini :

  • Clear Data WhatsApp. Melakukan clear data akan membersihkan file cache yang tersimpan di handphone Anda. Akun WA Anda juga akan log out secara otomatis. Dan seluruh data dan settingan WhatsApp akan kembali seperti semula saat Anda pertama menginstall WhatsApp.
  • Update WhatsApp. Update WhatsApp berfungsi untuk memperbarui versi WhatsApp ke versi yang lebih baru. Dengan begitu, seandainya ada bug yang berhubungan dengan masalah kontak WA, maka bug tersebut akan hilang setelah sistem WA di update.
  • Install ulang aplikasi WhatsApp. Setelah menggunakan WhatsApp sekian lama, bisa jadi aplikasi WhatsApp di HP Anda ruksa, corrupt atau mengalami crash yang menyebabkan daftar kontak WA tidak muncul. Dengan melakukan install ulang, biasanya aplikasi akan bekerja dengan normal kembali.
  • Cek apakah daftar kontak WhatsApp Anda terblokir. WhatsApp tidak akan menmpilkan kontak jika kontak tersebut sedang dalam status diblokir. Jika daftar kontak Anda terblokir, maka sekalipun aplikasi WA diberi ijin mengakses kontak, maka tetap saja kontak WA tidak akan muncul.

Demikianlah ulasan dari kami mengenai cara mengizinkan WhatsApp mengakses kontak dan permasalahan lain yang mengikutinya. Cara-cara ini seharusnya bisa diterapkan pada berbagai merek handphone Android. Perbedaannya mungkin hanya di penempatan dan penamaannya saja. Selamat mencoba!

Sekarang aplikasi WA Anda telah berhasil mengakses daftar kontak di smartphone Anda. Nah jika suatu saat nomor Anda bermasalah, Anda tidak perlu khawatir kehilangan daftar kontak WhatsApp yang sudah Anda miliki. Ikuti saja Cara Mengganti Nomor WhatsApp Tanpa Kehilangan Kontak. Dijamin aman deh!

Oiya, agar kontak WhatsApp Anda lebih aman lagi, pastikan Anda secara rutin melakukan backup terhadap nomor kontak WA Anda. Bagaimana caranya? Mudah sekali, coba ikuti Cara Backup Kontak WhatsApp di Android dan iPhone. Dengan proses yang simpel, data kontak WA Anda akan aman.

Leave a Reply