Cara Menonaktifkan Grup WhatsApp Sementara & Permanen

Cara Menonaktifkan Grup WhatsApp Sementara dan Permanen di HP Android dan iPhone

Cara Menonaktifkan Grup WhatsApp Sementara dan Permanen di HP Android dan iPhone

Sebagai salah satu aplikasi berkirim pesan online yang paling banyak diminati, WhatsApp terus menghadirkan terobosan dan fitur-fitur baru untuk mempermudah komunikasi para penggunanya. Salah satunya dengan menawarkan fitur grup WhatsApp sebagai wadah berkomunikasi yang diperuntukkan oleh tiga pengguna WA atau lebih.

Dengan grup WA, Anda bisa berkomunikasi dengan banyak orang dalam satu wadah sekaligus. Namun, semakin banyak grup WA yang dimasuki, tentu pemberitahuan atau notifikasi grup semakin banyak dan terkadang hal ini sangat mengganggu. Tak jarang, notifikasi tersebut membuat baterai dan paket internet Anda lebih cepat habis.

Terlebih jika Anda tidak terlalu aktif dalam grup tersebut, tentu wajar jika Anda berpikir untuk keluar dari grup. Namun, biasanya hal itu tidak Anda lakukan karena merasa canggung atau sungkan dengan anggota lainnya yang ada di dalam grup WA.

Anda tak perlu risau, karena ada beberapa cara menonaktifkan grup WhatsApp yang bisa Anda coba. Dengan begini, Anda tidak akan menerima notifikasi apapun dari grup yang dapat mengganggu aktivitas Anda. Sedikitnya, ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk menonaktifkan grup WA. Berikut penjelasannya.

Cara Menonaktifkan Grup WA Sementara Waktu

Menonaktifkan grup WA adalah salah satu cara jitu untuk menghindari notifikasi WA yang menumpuk tanpa keluar dari grup. Langkah-langkah yang dilakukan pun cepat dan praktis. Simak langkah-langkah menonaktifkan grup WA dibawah ini :

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih grup WA yang ingin dinonaktifkan.
  3. Pilih simbol titik 3 dipojok kanan atas.
  4. Pilih “Bisukan notifikasi”.

    Cara Menonaktifkan Notifikasi Grup Whatsapp Sementara

    Cara Menonaktifkan Notifikasi Grup Whatsapp Sementara

  5. Tentukan berapa lama grup dibisukan.
  6. Pilih “OKE”.
  7. Selesai.

Nah, itu dia cara menonaktifkan grup WhatsApp sementara di Android dan iPhone. Hanya dengan melakukan langkah sederhana diatas, Anda tak perlu lagi merasa terganggu dengan notifikasi grup yang tidak terlalu penting dan menumpuk.

Karena setelah melakukan langkah-langkah di atas, Anda tidak akan mendapatkan notifikasi chat percakapan pada grup tersebut. Jika ingin membaca percakapan dalam grup WA, tinggal klik dan buka chat pada grup WA.

Cara Menonaktifkan Whatsapp Tanpa Keluar

Apabila cara yang pertama dirasa kurang efektif dan grup WhatsApp masih mengganggu aktivitas Anda, maka Anda bisa mencoba cara berikutnya yakni dengan menonaktifkan aplikasi WA secara total dan menyeluruh. Dengan begini, semua pesan yang dikirimkan pengguna lain tidak akan masuk ke smartphone Anda. Berikut cara menonaktifkan WA :

  1. Buka menu “Pengaturan” di smartphone.
  2. Pilih “Aplikasi” atau “Apps”.
  3. Muncul daftar aplikasi dalam smartphone.
  4. Cari dan pilih aplikasi “WhatsApp”.
    Hentikan WA Secara Paksa Untuk Mematikan Notifikasi WA

    Hentikan WA Secara Paksa Untuk Mematikan Notifikasi WA

    Menonaktifkan Grup Whatsapp Tanpa Keluar

  5. Tekan tombol “Paksa Berhenti”.
  6. Nonaktifkan “Mulai otomatis”.
  7. Selesai.

Itulah beberapa langkah mudah menonaktifkan aplikasi WA secara menyeluruh. Namun, perlu diketahui bahwa ketika Anda menonaktifkan aplikasi WA, pesan dari grup maupun pengguna lainnya seperti teman dan keluarga juga tidak akan bisa masuk ke WA Anda.

Dalam artian lain, jika pengguna lain menghubungi Anda melalui WA maka pesan tersebut akan menampilkan centang satu atau belum terkirim. Sebaliknya, Anda juga tidak dapat menghubungi pengguna lain karena aplikasi WA telah dihentikan.

Untuk mengembalikan fitur WA seperti semula, Anda harus mengaktifkan lagi fitur tersebut dengan cara klik opsi ‘Mulai Otomatis’ pada pengaturan aplikasi. Dengan begitu, WA bisa digunakan untuk berkomunikasi atau menerima pemberitahuan seperti semula.

Memblokir Grup Whatsapp Secara Permanen

Memblokir grup WA bisa jadi cara lain untuk menonaktifkan notifikasi grup WhatsApp yang mengganggu. Cara memblokir grup WA pun lebih ringkas dan mudah. Cara ini cocok untuk Anda yang tidak ingin terlalu ribet melakukan banyak cara hanya untuk menonaktifkan notifikasi grup.

Hanya dengan beberapa langkah sederhana, Anda sudah bisa terbebas dari notifikasi spam grup WA. Berikut ini langkah-langkah mudah memblokir grup WA :

  1. Buka aplikasi WhatsApp di HP Anda.
  2. Pilih grup WA yang mau diblokir.
  3. Pilih simbol titik 3 dipojok kanan atas.
  4. Pilih “Lainnya”.
  5. Pilih “Laporkan”.

    Menonaktfikan Grup WhatsApp Secara Permanen

    Menonaktfikan Grup WhatsApp Secara Permanen

  6. Muncul pesan konfirmasi.
  7. Centang “Keluar dari grup … “.
  8. Tekan tombol “Laporkan”.
  9. Selesai.

Itulah langkah praktis dan cepat untuk menonaktifkan notifikasi grup WA. Dengan begini, Anda tak perlu khawatir akan terganggu oleh pemberitahuan grup yang membludak karena chat maupun aktivitas lainnya dalam grup tersebut telah diblokir.

Semua cara menonaktifkan grup WhatsApp di atas telah diuji coba pada berbagai smartphone seperti Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, Lenovo, ASUS hingga iPhone. Diharapkan cara diatas bisa menjadi solusi terbaik atas permasalahan Anda terkait notifikasi grup WA yang mengganggu.

Pilihlah salah satu cara yang paling mudah dan praktis untuk dipraktikkan. Selamat mencoba!

Bagi Anda yang ingin mencoba cara lain, coba ikuti Cara Memblokir Grup WhatsApp baik secara sementara ataupun permanen. Jika kurang puas, Anda juga bisa mencoba keluar dari grup dengan mengikuti Cara Keluar Grup WhatsApp Tanpa Diketahui Admin Dan Anggota Lain.

Nah setelah keluar dari grup WA, Anda dapat mencoba membuat sendiri grup WhatsApp dengan memilih sendiri orang-orang yang Anda sukai sebagai anggota grup. Ikuti langkah-langkah Cara Membuat Grup WhatsApp yang sudah kami buat.

Leave a Reply