Cara Merubah Android Menjadi CCTV

Cara Merubah Android Menjadi CCTV Jarak Jauh Dengan Mudah
Cara Merubah Android Menjadi CCTV Jarak Jauh Dengan Mudah

Untuk meningkatkan keamanan suatu tempat, tak jarang orang menggunakan CCTV untuk memantau situasi. Namun, pemasangan CCTV ini bukanlah hal yang murah, padahal keamanan dibutuhkan oleh siapa saja. Jadi, bagaimana cara mengakalinya? Mudah, gunakan cara mengubah Android menjadi CCTV.

Apakah bisa ponsel dijadikan sebagai CCTV? Tentu saja. Dan cara ini tidak membutuhkan banyak dana. Hanya bermodalkan ponsel Android lama yang sudah tidak terpakai lagi.

Cara mengubah Android menjadi CCTV memang tidak bisa secara offline. Anda membutuhkan dukungan WiFi agar semua ini dapat berjalan. Penggunaan cara ini juga tidak ubahnya dengan fungsi yang ditampilkan oleh CCTV biasa. Karena fitur CCTV, bisa juga Anda temukan di sini.

Selain menyiapkan ponsel lawas yang diubah fungsi menjadi kamera pengintai, Anda juga membutuhkan perangkat lain sebagai pengawas. Bisa PC, laptop, dan juga smartphone.

Cara Mengubah Android Menjadi CCTV

Seperti yang telah kami katakan di atas, bahwa hal yang dibutuhkan untuk mengubah Android menjadi CCTV adalah koneksi internet. Karena koneksi inilah yang akan menghubungkan perangkat ponsel Anda yang menjadi kamera, dengan perangkat lain yang menjadi pengawas.

Agar semua alat yang dibutuhkan tersebut bisa berjalan sesuai dengan fungsi yang diinginkan, Anda juga membutuhkan aplikasi. Aplikasi ini akan membantu Anda mengubah HP Android Anda menjadi kamera CCTV.

Saat ini, ada banyak aplikasi yang bisa mengubah Android Anda menjadi CCTV. Namun, yang paling kami rekomendasikan adalah IP Webcam.

Aplikasi ini memiliki fitur lengkap yang dibutuhkan sebuah smartphone untuk berubah menjadi CCTV. Aplikasi besutan Pavel Khlebovich ini, selain mampu menangkap video, juga bisa merekam suara dan gerakan.

Penggunaannya pun sangat sederhana dan mudah dioperasikan. Sedikit coba-coba saja, Anda pasti sudah paham bagaimana cara menggunakannya.

Fitur dalam aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur zoom. Sehingga mampu mengambil gambar atau gerakan video menjadi lebih besar sehingga mudah dikenali.

Selain itu, saat melakukan perekaman, Anda bisa menyimpan video yang telah ditangkap oleh HP Anda secara otomatis. Anda tinggal menghubungkan saja aplikasi ini ke Dropbox atau email Anda.

Aplikasi ini juga mendukung pengambilan gambar ddalam format file WebM, MOV, MKV dan MPEG4.

Langkah-langkah Penggunaan IP Webcam Sebagai Cara Mengubah Android Menjadi CCTV

Bagi Anda yang tertarik untuk menjadikan HP ANdroid lama yang tak terpakai sebagai pengganti CCTV, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan.

  • Unduh aplikasi IP Webcam.
  • Pasang di ponsel yang akan diubah menjadi kamera pengintai.
  • Pastikan pemasangan aplikasi selesai.
  • Silahkan buka aplikasi.
  • Lakukan pengaturan untuk : resolusi video, audio, tampilan, zoom, focus, effect gambar dan lain-lain.
  • Pastikan Anda menyelesaikan semua pengaturan.
  • Saatnya memulai penggunaan aplikasi.
  • Pada menu aplikasi, geser hingga ke bawah.
  • Cari menu Start Server.
  • Maka, Android Anda akan diubah menjadi CCTV.
  • Ikuti pengaturan berikut.

Pada bagian bawah layar saat kamera menyala atau mengambil gambar, terdapat alamat IP. Catat IP tersebut karena akan dihubungkan dengan perangkat lain yang dijadikan sebagai pengawas.

Setelah alamat IP tercatat, buka browser. Lalu ketikan alamat IP tersebut di kolom searching. Secara otomatis, Anda sudah terhubung sekarang. Letakkan ponsel di manapun Anda ingin melakukan pengawasan. Selesai.

Bagaimana? Sangat mudah bukan, cara mengubah Android menjadi CCTV. Tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun, karena Anda hanya memanfaatkan barang lama yang tidak lagi terpakai. Agar baterai HP selalu awet, Anda bisa menggunakannya sambil melakukan charge atau menggunakan power bank. Selamat mencoba.