Cara Mute Instagram Notifikasi Yang Mengganggu [Story, DM, dll]

Advertisements
Cara Mute Postingan Instagram Story Instagram DM Instagram Akun Instagram Orang Lain
Cara Mute Postingan Instagram Story Instagram DM Instagram Akun Instagram Orang Lain

Berselancar di Instagram memang mengasyikkan. Berbagai postingan foto dan video menarik ada di sana. Namun terkadang ada juga postingan yang mengganggu dari akun tertentu. Jangan khawatir, Anda bisa melakukan cara mute Instagram terhadap akun tersebut.

Advertisements

Cara mute Instagram bukan hanya bisa dilakukan untuk postingan feed saja. Tapi juga untuk fitur Instagram Story dan Direct Message. Bahkan postingan dan pesan pribadi dari suatu akun juga bisa disenyapkan dengan mudah.

Di Instagram, selama Anda tidak mengunci akun menjadi akun privat, maka semua postingan dan story dapat dilihat dan juga diberi komentar oleh siapa saja. Anda juga bisa melihat postingan siapa saja, termasuk mereka yang tidak Anda follow.

Nah, banyaknya user yang bisa berinteraksi dengan Anda, tentu dapat membuat Anda terganggu. Apalagi jika ada user yang postingannya tidak ingin Anda lihat. Misalnya mereka yang sering mengirimkan pesan yang membuat Anda tidak nyaman di IG.

Untungnya di IG ada fitur Mute Instagram, sehingga Anda tidak perlu menekan tombol unfollow. Meski begitu, Anda tidak akan terhubung dengan kehidupan sosial mereka lagi. Agar Anda tidak penasaran, ayo kita ulas satu per satu.

Cara Mute Postingan Instagram

Daftar Isi

Jika Anda tidak ingin lagi melihat postingan seseorang di akunnya terutama di feed, sebenarnya tinggal unfollow saja akun tersebut. Akan tetapi ada saja orang yang segan untuk meng-unfollow seseorang. Padahal akun yang Anda unfollow tidak akan tahu bahwa Anda bukan lagi pengikutnya.

Nah, Anda juga bisa menggunakan fitur mute untuk berhenti melihat postingannya. Anda tidak akan melihat lagi foto maupun video yang dibagikan melalui feed IG. Berikut langkah rincinya.

  • Buka dan jalankan aplikasi IG Anda.
  • Buka halaman profil IG yang ingin Anda senyapkan.
  • Klik tombol Mengikuti.
  • Klik opsi Senyapkan.
  • Klik dan aktifkan opsi Postingan.
  • Selesai.

Sekarang postingan apapun yang dibagikan akun tersebut tidak akan muncul dan terlihat di beranda akun Instagram Anda. Jika Anda memutuskan untuk bisa melihatnya kembali, Anda tinggal mengulangi panduan di atas dan non aktifkan opsi Senyapkan. Mudah kan?

Cara Mute Story IG

Selain feed IG, fitur IG Story juga sering digunakan untuk berbagi postingan. Biasanya IG Story berisi video atau foto yang menampilkan kejadian live pemilik akun. Cara mute postingan IG juga bisa diaplikasikan pada IG Story. Jadi Anda tidak perlu unfollow mereka. Berikut adalah caranya.

  • Buka dan jalankan aplikasi IG di HP Anda.
  • Masuk ke profil akun yang ingin Anda senyapkan.
  • Klik tombol Mengikuti.
  • Klik opsi Senyapkan.
  • Aktifkan opsi Cerita.
  • Selesai.

Jika semua langkah sudah selesai, maka semua story yang diposting akun IG tersebut tidak akan terlihat lagi di IG Story Anda. Jika suatu saat nanti Anda kembali ingin melihat IG Storynya, tinggal nonaktifkan opsi Senyapkan dan Cerita seperti di atas.

Cara Mute DM di Instagram

Terkadang ada orang-orang yang sangat mengganggu bahkan hingga mengirim DM ke Anda. Sama seperti aplikasi perpesanan lainnya, Anda juga bisa menggunakan fitur mute pada DM Instagram. Jadi Anda tidak akan meneriman notifikasi jika ada pesan masuk di akun IG Anda. Dengan begitu, Anda tidak harus memblokir akun tersebut.

Berikut cara senyapkan DM di Instagram:

  • Buka dan jalankan aplikasi IG Anda.
  • Masuk ke menu DM Instagram.
  • Klik dan hold di bagian pesan yang ingin Anda senyapkan.
  • Klik opsi Senyapkan Pesan.
  • Selesai.

Sekarang Anda tidak akan menerima notifikasi apapun jika ada pesan masuk dari pemilik akun tersebut. Mudah sekali, bukan? Cara untuk unmute DM IG juga mudah. Anda tinggal kembali melakukan langkah-langkah di atas. Lalu menonaktifkan opsi Senyapkan Pesan.

Anda berhak mendapatkan kenyamanan selama berselancar di media sosial. Termasuk dalam menggunakan Instagram. Salah satu caranya adalah menghindari akun-akun yang mengganggu.

Selain opsi senyapkan, jika akun tersebut juga telah melanggar privasi Anda atau tidak sesuai dengan ketentuan IG, Anda dapat melaporkannya ke otoritas Instagram.

Jika terbukti, beberapa fiturnya akan dinonaktifkan oleh IG. Dan bahkan akunnya yang akan dihapus oleh pihak Instagram. Namun untuk sekadar menghindari akun tersebut, fitur mute IG juga sudah cukup.

Oiya, semua langkah diatas dapat digunakan baik pada Instagram di HP Android maupun iPhone (iOS). Jika ada beberapa menu yang berbeda, Anda tinggal menyesuaikan saja. Intinya adalah sama, yakni membuat mute pada akun Instagram orang lain, story IG orang lain, dll.

Sekian penjelasan lengkap tentang cara mute Instagram baik untuk postingan di feed, IG Story, maupun pesan pribadi di fitur DM. Semoga bermanfaat bagi Anda.