Cara Reset Printer Epson L120 Indikator Berkedip

Bagaimana cara reset printer Epson L120 indikator berkedip bergantian? Bagaimana jika lampu merah indikator tinta juga berkedip bersamaan? Simak cara memperbaiki printer Epson L120 lampu berkedip dengan mudah!

Cara Reset Printer Epson L120 Indikator Berkedip Bergantian

Cara Reset Printer Epson L120 Indikator Berkedip Bergantian

Sebagai pengguna printer Epson, terkadang ada beberapa masalah yang sering dihadapi. Masalah ini bisa terlihat dari lampu indikator pada printer Epson yang berkedip. Sebenarnya indikator lampu printer yang berkedip merupakan tanda jika printer sedang mengalami masalah (error). Hal ini juga berlaku pada printer Epson L120.

Beberapa masalah atau error yang sering terjadi pada printer Epson L120 antara lain tinta hitam tidak keluar, printer Epson L120 tidak bisa ngeprint, kertas nyangkut (kertas tidak keluar) atau yang biasa disebut dengan istilah paper jam.

Cara Reset Printer Epson L120 Indikator Berkedip

Seringkali pada printer Epson L120 lampu berkedip bersamaan ataupun bergantian. Keadaan tersebut bukan berarti printer Epson L120 rusak. Apalagi jika muncul pesan “Service Required”. Mungkin saja penyebabnya karena waste ink full. Untuk lebih jelasnya, Anda harus mengetahui cara reset printer Epson L120 indikator berkedip.

Penyebab Printer Epson L120 Berkedip

Sebelum masuk pada ulasan cara memperbaiki printer Epson L120 lampu indikator berkedip, ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa penyebab printer Epson L120 berkedip bersamaan atau bergantian. Simak ulasan berikut ini.

  • Ada masalah dengan hardware. Contohnya ialah terjadinya paper jam (kertas macet saat sedang diprint). Untuk mengatasi hal tersebut tentunya diperlukan perbaikan teknis pada komponen di dalam printer L120.
  • Ada masalah dengan software. Contohnya lampu printer Epson L120 berkedip dan muncul peringatan karena jumlah limbah tinta sudah penuh. Solusinya perlu dilakukan pengaturan ulang tinta (reset level tinta).

Nah khusus dalam artikel ini, kami akan membagikan bagaimana cara mengatasi lampu indikator printer berkedip (blinking) karena tinta perlu direset ulang. Sedangkan cara melakukan reset pada printer L120 dapat dilakukan secara manual tanpa aplikasi maupun menggunakan aplikasi reseter.

Cara Reset Printer Epson L120 Indikator Tinta Berkedip Secara Manual

Jika lampu indikator tinta pada printer Epson L120 terus menyala (warna merah) maka Anda dapat mencoba memperbaikinya dengan melakukan reset manual. Pada kondisi tersebut biasanya printer tidak dapat melakukan proses print. Berikut ini adalah beberapa langkah cara mengatasi printer Epseon L120 menyala merah.

  1. Hidupkan printer Epson L120.
  2. Tekan tombol daya (power) selama sekitar 5 detik.
  3. Setelah itu lepaskan.
  4. Seharusnya lampu indikator tinta yang menyala merah akan mati.
  5. Printer siap digunakan.
  6. Selesai.

Jika lampu indikator tinta masih terus menyala dan printer Epson L120 masih belum bisa digunakan, Anda dapat mencoba langkah selanjutnya.

Tekan kembali tombol daya (power) selama sekitar 5 detik. Setelah itu langsung lepaskan. Cepat Anda tekan lagi tombol tersebut selama sekitar 3 detik. Langsung lepaskan kembali. Cepat Anda tekan tombol daya (resume) selama 1 detik dan segera lepaskan.

Dengan melakukan cara manual memperbaiki printer Epson L120 lampu indikator tinta menyala merah seperti diatas, harusnya kini printer sudah bisa digunakan kembali dan lampu indikator tinta sudah mati.

Cara Memperbaiki Printer Epson L120 Lampu Berkedip Dengan Software

Ada saatnya sampah (limbah) tinta pada printer Epson L120 menjadi penuh. Pada situasi tersebut maka lampu indikator tinta berkedip merah. Lampu indikator kertas juga berkedip disertai muncul pesan “service required” pada layar laptop, PC atau komputer.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda hanya perlu mengikuti cara reset printer Epson L120 lampu berkedip bergantian berikut ini.

  1. Hidupkan printer Epson L120.
  2. Download aplikasi reseter Epson L120.
  3. Extract file tersebut.
  4. Klik 2x pada L210.exe.

    Cara Memperbaiki Printer Epson L120 Lampu Berkedip Bersamaan

    Cara Memperbaiki Printer Epson L120 Lampu Berkedip Bersamaan

  5. Muncul jendela EPSON Adjustment Program.
  6. Tekan tombol “Particular adjustment mode”.

    Pilih Tombol Particular Adjustment Mode Di Sebelah Kanan

    Pilih Tombol Particular Adjustment Mode Di Sebelah Kanan

  7. Ditahap selanjutnya, pilih “Waste ink pad counter”.

    Cara Reset Printer Epson L120 Dengan Software Lampu Power Berkedip

    Cara Reset Printer Epson L120 Dengan Software Lampu Power Berkedip

  8. Perhatikan pada “Check & Initialization”.
  9. Pastikan “Main pad counter” tercentang.

    Tentukan Apa Anda Hanya Ingin Mengecek Atau Mereset Tinta

    Tentukan Apa Anda Hanya Ingin Mengecek Atau Mereset Tinta

  10. Silahkan pilih “Check” atau “Initilize”.
  11. Jika muncul pop up, pilih “OK”.
  12. Matikan printer Epson Anda.
  13. Hidupkan kembali printer.
  14. Selesai.

Anda sebaiknya memilih “Check” jika ingin melihat counter waste ink pad apakah sudah penuh atau belum. Sedangkan jika Anda hendak mereset waste ink pad counter menjadi nol maka Anda dapat memilih “Initialize”. Seharusnya printer sudah kembali normal setelah dimatikan dan dihidupkan kembali.

nb. Jika file installer reseter Epson L120 tidak bisa dibuka atau diekstrak karena ada passwordnya, silahkan Anda langsung menghubungi kami ke email yang ada di halaman kontak. Kirimkan email dengan subjek “Minta Password Reseter Printer Epson L120”.

Nah itulah ulasan cara reset printer Epson L120 lampu indikator LED berkedip bergantian. Semoga ulasan ini dapat menjadi solusi jika printer Epson L120 milik Anda mengalami masalah. Selamat mencoba!

Leave a Reply