Cara Screenshot Samsung A02 Tanpa Tombol [100% BERHASIL]

Advertisements
Cara Screenshot Samsung A02 Tanpa Tombol Maupun Dengan Tombol
Cara Screenshot Samsung A02 Tanpa Tombol Maupun Dengan Tombol

Cara Screenshot Samsung A02 – Seperti kita ketahui, pihak Samsung telah meluncurkan Samsung A02 setelah belum lama meluncurkan seri Samsung A02S. Spesifikasi HP Samsung A02 lebih rendah dari Samsung Galaxy A02S. Hal tersebut wajar saja karena harga Samsung A02 lebih murah daripada Samsung A02S.

Salah satu kelebihan dari Samsung A02 adalah memiliki kapasitas baterai yang cukup besar, yaitu 5000 mAH. Dengan harga yang cukup murah, HP Samsung A02 ini bisa menemani aktivitas Anda seharian penuh tanpa harus khawatir kehabisan baterai. Anda bahkan bisa menonton video Youtube selama berjam-jam.

Cara Screenshot Samsung A02

HP Samsung A02 ini memiliki layar dengan lebar 6,5 inch dan sudah mendukung rosolusi HD. Menurut situs resmi Samsung Indonesia, HP Android Samsung Galaxy A02 ini memiliki kamera belakang yang sudah dual camera yaitu 13 MP dan 2 MP. Untuk kamera depan, Samsung Galaxy A02 ini menggunakan lensa 5 MP.

Dari sisi processor, HP Samsung ini menggunakan processor Quad Core 1,5 Ghz sehingga kurang kuat jika digunakan untuk memainkan game dengan kualitas gambar yang tinggi. Meski begitu, aplikasi ini dibekali dengan Memori Internal sebesar 32 Gb dan RAM 3 Gb sehingga cukup leluasa untuk menonton film.

HP dengan Sistem Operasi Android 10 ini menggunakan interface One UI Core. Selain itu, HP ini juga punya fitur-fitur menarik diantaranya adalah Anda bisa melakukan screenshot tanpa menekan tombol fisik. Jadi Anda bisa melakukan tangkapan layar dengan cepat baik saat menonton video atau bermain game.

Nah bagaimana cara melakukan tangkapan layar di Samsung A02 dengan cara biasa maupun tanpa menekan kombinasi tombol? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara Screenshot Samsung A02 Tanpa Tombol

Ini adalah salah satu fitur andalan dari HP Android Samsung Galaxy A02 yaitu melakukan screenshot tanpa menekan tombol kombinasi. Namun untuk bisa melakukan hal tersebut, Anda harus mengaktifkan fitur khusus terlebih dahulu. Setelah fitur diaktifkan, maka akan muncul tombol virtual untuk screenshot.

Screenshot Samsung A02 tanpa tombol

  • Siapkan HP Samsung A02 milik Anda
  • Buka Pengaturan HP
  • Pilih Aksesibilitas
  • Pilih Interaksi dan Kecekatan
  • Aktifkan Menu Asisten
  • Akan muncul tombol virtual
  • Selesai

Selanjutnya ketika ada gambar yang perlu Anda simpan saat sedang menonton video Youtube atau bermain sosial, Anda cukup menekan tombol virtual untuk melakukan screenshot. Mudah dan cepat!

Menangkap Layar Pakai Kombinasi Tombol

Yang berikutnya ialah cara mengambil tangkapan layar di HP Samsung seperti biasanya. Anda bisa memakai kombinasi tombol untuk melakukan screenshot. Ketika ada tampilan yang ingin Anda simpan, cukup tekan tombol power dan tombol volume bawah secara bersamaan.

Setelah kedua tombol tersebut Anda tekan, maka secara otomatis HP Samsung A02 akan mengambil tangkapan layar. Hasil dari screenshot tersebut akan langsung tersimpan di galeri HP Android Samsung A02.

Screenshot Panjang di HP Samsung A02

Perlu diketahui bahwa hasil screenshot pada HP biasa umumnya memiliki ukuran standar. Jadi Anda tidak bisa melakukan screenshot untuk 1 halaman website penuh, apalagi jika halaman tersebut cukup panjang. Anda juga tidak bisa menyimpan seluruh gambar percakapan di aplikasi chatting dari atas sampai bawah.

Nah untuk bisa melakukan screenshot panjang di Samsung A02, Anda membutuhkan aplikasi tambahan. Beberapa aplikasi screenshot panjang yang kami rekomendasikan untuk Anda adalah LongShot for Long Screenshot dan ScreenMaster Screenshot & Longshot, Photo Markup. Anda bisa langsung download dari link tersebut.

Dengan menggunakan aplikasi yang kami sebutkan tadi, Anda bisa menangkap layar di HP Android Samsung A02 dengan sangat mudah. Bahkan Anda bisa menangkap layar dengan ukuran yang panjang. Sangat cocok untuk mengambil gambar dari situs yang berisi banyak informasi sehingga halamannya panjang.

Nah itulah tadi ulasan kami tentang bagaimana cara screenshot Samsung A02 tanpa tombol, menggunakan tombol, dan juga memakai aplikasi untuk melakukan screenshot panjang. Semoga sebagai pengguna HP Samsung A02 Anda tidak bingung lagi saat hendak mengambil tangkapan layar. Selamat mencoba!