Cara Share Lagu Spotify ke Instagram Story di Android & iPhone

Cara Share Lagu Spotify ke Instagram Story Dengan Background Suara di Android iPhone
Cara Share Lagu Spotify ke Instagram Story Dengan Background Suara di Android iPhone

Apakah Anda tahu bahwa kita bisa membuat Instagram Story dari lagu di Spotify? Berikut adalah pembahasan mengenai cara share lagu Spotify ke Instagram Story, termasuk menyematkan animasi sebagai background video.

Dalam pembahasan kali ini akan dijelaskan cara share lagu Spotify ke Instagram Story untuk pengguna berbagai jenis smartphone. Seperti Android, iPhone dan iPad.

Jika Instagram adalah platform berbagi foto dan video, maka Spotify adalah platform penyedia lagu, musik dan podcast. Saat ini Spotify adalah yang paling populer di antara aplikasi sejenis.

Berbagai jenis lagu dan musik dengan berbagai genre dari seluruh dunia dapat didengarkan di sini. Termasuk berbagai podcast seru, dengan berbagai niche dan topik.

Spotify sendiri memiliki dua versi, yaitu versi gratis dan premium. Jika Anda ingin mendengar lebih banyak lagu, Anda bisa mendownload dan mendengarkan lagu saat offline. Atau jika Anda tidak ingin terganggu iklan, maka pakailah versi premium.

Ternyata Spotify sendiri sudah memberikan fitur untuk bisa berbagi lagu-lago favorit Anda di Instagram. Hal ini selain memperkenalkan lagu kesukaan Anda ke publik, juga mempromosikan Instagram Anda secara tidak langsung.

Karena sudah ada fiturnya, tentu langkahnya akan jauh lebih mudah. Namun, jika Anda belum mengetahuinya jangan khawatir karena kami akan memberikan tutorial lengkapnya di bawah ini.

Cara Share Lagu Spotify ke Instagram Story

Berikut adalah cara mudah memasang lagu Spotify di IG Story. Sebelumnya tentu saja HP Anda harus sudah memiliki kedua aplikasi ini. Jika belum, silahkan unduh dahulu di Playstore bagi pengguna HP Android atau Appstore bagi Anda pengguna HP iPhone (iOS).

Sebelum melakukan langkah-langkah di bawah ini, pastikan aplikasi Spotify dan Instagram yang Anda miliki sudah terupdate dan bisa berjalan dengan benar. Berikut cara share Spotify ke IG story:

  • Buka aplikasi Spotify.
  • Cari lagu yang Anda suka di Spotify.
  • Mainkan lagu tersebut.

    Pilih Lagu di Spotify Lalu Bagikan di Instagram Story
    Pilih Lagu di Spotify Lalu Bagikan di Instagram Story
  • Klik ikon titik tiga di sudut lagu yang sedang diputar.
  • Klik opsi Share yang berada di posisi paling bawah.
  • Saat memilih lokasi untuk share lagu, pilih Instagram Story.

    Share Spotify ke Instagram dengan Background di Android dan iPhone
    Share Spotify ke Instagram dengan Background di Android dan iPhone
  • Klik Kirim/Share.
  • Selesai.

Setelah selesai melakukan langkah tersebut, maka lagu akan muncul di Instastory lengkap dengan cover dan judulnya. Jika ada yang penasaran dan menekan icon Play on Spotify, maka secara otomatis akan diarahkan ke aplikasi Spotify.

Selain itu, Anda bisa juga menambahkan berbagai macam elemen ke story tersebut agar lebih menarik. Beberapa diantaranya berupa teks, emoji atau gambar lainnya.

Caranya sama seperti Anda menambahkan elemen-elemen tersebut pada Story biasa. Edit dahulu postingan tersebut sebelum dikirim ke IG Story. Bagaimana, mudah sekali bukan?

Sebagai informasi, posting IG Story tidak harus pakai HP. Anda juga bisa bikin Story IG dari laptop, PC dan komputer. Simak Cara Upload Instagram Story Di PC, Komputer & Laptop agar Anda bisa tetap eksis.

Cara Membuat Story IG Dengan Spotify

Bagaimana jika Anda tidak ingin membuat Story dengan lagu yang sedang diputar di Spotify, akan tetapi ingin membuat Story dengan background video lagu tersebut? Tentu saja bisa.

Story dengan model ini juga cukup unik karena tampilannya bisa bergerak. Berikut cara lengkapnya.

  • Buka dan jalankan aplikasi Spotify pada smartphone Anda.
  • Masuk ke menu Pengaturan.
  • Gulir layar ke bawah hingga melihat fitur Canvas.

    Membagikan Spotify ke IG Story Dengan Canvas
    Membagikan Spotify ke IG Story Dengan Canvas
  • Klik fitur tersebut.
  • Putar lagu yang diinginkan.
  • Klik ikon tiga titik di sudut kanan atas lagu.
  • Klik opsi Share.

    Background Video Akan Bergerak Pada Insta Story
    Background Video Akan Bergerak Pada Insta Story
  • Klik opsi Instagram Story.
  • Klik Send.
  • Selesai.

Jika Anda berhasil, maka hasilnya background video akan bergerak ketika Instagram Story Anda dibuka.

Namun, mohon diperhatikan bahwa tidak semua lagu memiliki background video. Cara ini hanya bisa dipraktekkan untuk lagu yang memiliki background video Spotify.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Share Spotify ke Instagram Story

Walau sangat mudah, ternyata masih ada kemungkinan lagu dari Spotify tidak diterima di Story IG. Berikut penyebabnya.

Gunakan Aplikasi Versi Terbaru

Sebaiknya cek dahulu aplikasi Anda. Baik Instagram maupun Spotify. Kedua aplikasi tersebut haruslah versi yang terbaru. Silahkan Anda mengupdate Instagram dan atau Spotify Anda di Playstore atau Appstore.

Untuk membuat Instagram Story dengan lagu dari Spotify sebenarnya tidak memerlukan aplikasi yang berbayar atau premium. Menggunakan Spotify free juga bisa. Hanya saja pakailah versi terbarunya karena perubahan dan penambahan fitur akan masuk ke versi terbaru.

Bersihkan Cache & Restart HP

Seperti halnya aplikasi lain, Spotify atau Instagram bisa saja error. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal. Misalnya terlalu banyak cache yang belum dihapus atau jaringan internet yang tidak stabil.

Untuk mengatasinya, coba Anda gunakan id akun Instagram yang lain. Kemudian lakukan langkah membuat Instagram Story dengan lagu Spotify, seperti yang telah dijelaskan di atas.

Jika tidak berhasil juga, coba untuk menghapus cache yang ada di kedua aplikasi tersebut. Lantas lakukan kembali langkah membuat IG Story.

Cara terakhir adalah dengan melakukan restart ponsel Anda. jika masih tidak berfungsi, kemungkinan besar Anda harus menghapus aplikasi Spotify dan mengunduhnya ulang. Setelah terunduh, restart smartphone Anda. Lalu coba kembali membuat IG Story.

Nah agar bermain Instagram lebih seru lagi, pastikan Anda juga melakukan tag ke teman-teman Anda. Masih belum tau caranya? Ikuti Cara Tag di Instagram Story agar postingan Anda jadi lebih ramai.

Demikian penjelasan singkat mengenai cara share lagu Spotify ke Instagram Story. Dengan begitu, Anda bisa membuat Story yang lebih menarik dan unik. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.