Cara Swipe Up Instagram Stories Android Dan iPhone 2020

Tidak bisa swipe up Instagram? Simak bagaimana cara swipe up Instagram story dengan mudah. Anda juga akan mengetahui syarat bisa swipe up Instagram serta cara membuat swipe up di Instagram iPhone (iOS) dan juga Android.

Cara Swipe Up Instagram Story Di Android Dan iPhone

Cara Swipe Up Instagram Story Di Android Dan iPhone

Saat melihat Instagram stories milik selebgram, tentu Anda sering melihat sebuah fitur unik bernama “Swipe Up”. Swipe up artinya geser ke atas. Fitur ini memungkinkan para penggunanya menyisipkan sebuah link atau tautan URL, sehingga para pengikutnya bisa menuju situs yang disisipkan. Tentunya ini akan memudahkan kita dalam hal promosi.

Cara menggunakan swipe up yaitu dengan menggeser ke bagian atas pada layar Instagram Stories dengan bertuliskan “Swipe Up” di bagian bawahnya. Setelah itu, secara otomatis Anda akan dihubungkan ke link yang dipasang oleh akun tersebut.

Sayangnya, fitur swipe up tidak dapat dinikmati oleh semua pengguna Instagram. Ada syarat dan ketentuan yang harus Anda taati untuk bisa menambahkan tautan pada Instagram Stories. Seperti apa penjelasan detailnya? Yuk simak ulasan yang dibawah ini.

Cara Membuat Swipe Up di Instagram dengan Mudah

Seperti sudah kami katakan diatas, bahwa Instagram tidak mengizinkan seluruh penggunanya untuk bisa menggunakan fitur swipe Up. Ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus Anda penuhi untuk bisa menggunakan fitur menarik yang satu ini.

Oleh karena itu, sebelum mengetahui cara Swipe Up di Instagram Story, terlebih dahulu Anda harus mengetahui syarat dan ketentuan untuk memperoleh fitur swipe up di akun Instagram yang Anda miliki. Berikut dibawah ini adalah syarat dan ketentuan dari pihak Instagram.

  • Fitur Swipe Up hanya bisa digunakan untuk para pengguna Instagram yang sudah terdaftar sebagai pengguna akun profesional. Pengguna yang dimaksud profesional, bisa sebagai Creator atau Business Account.
  • Fitur Swipe Up hanya bisa digunakan bagi para pengguna Instagram yang sudah memiliki minimal 10 ribu pengikut di akun profesionalnya.

Perlu diketahui, ada beberapa informasi yang menyebutkan bahwa fitur Swipe Up hanya bisa digunakan bagi para pengguna Instagram dengan akun yang sudah terverifikasi (centang biru). Namun, hal tersebut tidak benar.

Anda tidak harus menjadi pengguna Instagram yang terverifikasi (centang biru) untuk menggunakan fitur ini. Cukup dengan memenuhi syarat dan ketentuan tersebut, maka akun Instagram Anda bisa menggunakan fitur “Swipe Up” dibagian Instagram Story.

Sebagai informasi, untuk Anda yang sering merasa penasaran ingin tahu siapa saja yang sering melihat profil akun IG Anda, segera coba Cara Melihat Kunjungan Profil Instagram yang sudah pernah kami ulas secara lengkap.

Membuat Instagram Anda menjadi Profil Profesional

Berdasarkan syarat dan ketentuan di atas, maka langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan fitur Swipe Up adalah dengan mengubah jenis akun Instagram Anda terlebih dahulu. Ubah akun IG Anda dari akun pribadi menjadi akun profesional. Cara mengubah akun Instagram pribadi menjadi profesional adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Login ke akun IG Anda.
  3. Pastikan akun sudah disetting menjadi akun publik.
  4. Caranya masuk ke halaman profil Anda.
  5. Pilih icon garis 3 dipojok kanan atas.
  6. Pilih “Settings”.
  7. Pilih “Privacy”.
  8. Pilih “Account Privacy”.
  9. Ubah dari “Private” menjadi “Public”.
  10. Selanjutnya masuk kembali ke halaman profil IG.
  11. Pilih icon garis 3 dipojok kanan atas.
  12. Pilih “Settings” yang ada dibagian bawah.
  13. Pilih “Account”.
  14. Geser layar ke bagian bawah.
  15. Pilih “Switch to Professional Account”.
  16. Muncul pertanyaan “Which Best Describes You?”.
  17. Bebas pilih “Creator” atau “Business”.
  18. Akun IG Anda sudah berubah menjadi akun profesional.
  19. Selesai.

Cara Swipe Up Instagram Story

Setelah akun Anda terdaftar sebagai akun profesional, baik itu sebagai Creator akun akun Business, Anda bisa langsung membuat Swipe Up pada Instagram Story. Pastikan follower instagram Anda minimal sudah mencapai 10 ribu.

Sebab, hingga saat ini, fitur Instagram Story hanya bisa digunaakan oleh akun dengan syarat tersebut. Alternatifnya jika akun Anda belum memenuhi syarat tersebut, Anda bisa menambahkan link pada bio di profil Anda.

Nah, kini saatnya mengetahui bagaimana cara Swipe Up Instagram Story? Berikut langkah-langkahnya yang dapat dilakukan dengan mudah.

  1. Siapkan foto atau video.
  2. Upload ke Instagram Story.

    Pilih Video Atau Gambar Yang Akan Dijadikan Konten Di IG

    Pilih Video Atau Gambar Yang Akan Dijadikan Konten Di IG

  3. Buat desain postingan konten semenarik mungkin.
  4. Klik ikon link atau gambar rantai pada bagian atas Instagram Story.
  5. Jika muncul pilihan, silahkan pilih “Tambahkan Tautan”.
  6. Masukkan link url milik Anda.

    Tambahkan Tautan Pada Konten IG Agar Dapat Di Swipe Up

    Tambahkan Tautan Pada Konten IG Agar Dapat Di Swipe Up

  7. Pilih “Send to” atau “Kirim ke” dibagian kanan bawah Instagram Story.
  8. Konten Instagram Anda telah terpublish.
  9. Selesai.

Setelah memilih “Send to” atau “Kirim ke”, Anda dapat menentukan untuk mengirim Instagram Story ke “Close Friend” atau langsung ke “Your Story”. Perbedaannya, jika memilih “Close Friend” maka Instagram Story hanya akan dikirim ke teman-teman dekat yang sudah Anda pilih sebelumnya. Namun jika memilih “Your Story”, maka IG Story akan dikirimkan ke seluruh followers Anda.

Itulah langkah-langkah cara swipe up Instagram dengan mudah. Semoga ulasan ini dapat menjadi solusi bagi Anda yang tidak bisa swipe up Instagram. Pastikan akun Anda sudah memenuhi semua syarat bisa swipe up Instagram baik di HP iPhone maupun Android. Selamat mencoba!

Leave a Reply