Custom ROM Gaming TERBAIK 2022 Paling STABIL dan Ringan

Advertisements
Custom ROM Gaming Terbaik di Android Terbaru
Custom ROM Gaming Terbaik di Android Terbaru

Custom ROM gaming terbaik dihadirkan oleh beberapa pengembang untuk membantu penggemar game mobile di Android. Tidak seperti OS bawaan yang cukup banyak ditemui kasus ngelag ketika bermain game, custom ROM dipercaya memiliki performa lebih baik. Jika Anda hobi bermain game, kurang afdol apabila tidak mengetahui hal ini. Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Setiap brand HP Android mempunyai sistem operasi masing-masing untuk perangkat mereka. Sehingga, OS pada HP Xiaomi, HP Samsung dan merk lain tentunya berbeda antara satu dengan lainnya. Ketika dipakai bermain game, performa sistem operasi bawaan dinilai kurang optimal.

Itulah alasan mengapa banyak developer merilis custom ROM gaming terbaik yang lebih ringan dipakai. Tanpa panjang lebar, mari disimak pembahasan selengkapnya beriku ini.

Apa itu Custom ROM?

Sebelum memutuskan untuk memakai custom ROM untuk bermain game, Anda perlu mengetahui dahulu pengertiannya. Dengan begitu Anda tidak akan menyesal setelah memasangnya dan memahami dengan baik kegunaannya.

Custom ROM adalah pengembangan dari source code Android yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa oleh pihak ketiga. Pada custom ROM biasanya sudah ditambahkan fitur terbaru yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan saat ini sehingga kinerjanya lebih optimal.

Baca juga : Aplikasi Hack Game Tanpa Root Android

Custom ROM biasanya memiliki pengembang atau kominitas yang secara periodik memberikan update terbaru. Dengan begitu Anda dan para pengguna yang lain bisa merasakan fitur yang sebelumnya belum ada di Android.

Sama seperti ROM bawaan HP, custom ROM juga memiliki keunggulan dan kelemahan yang harus Anda ketahui dan bisa menjadi bahan pertimbangan.

Kelebihan Custom ROM

  • Menghapus aplikasi bawaan (bloatware)
  • Performa lebih baik dari ROM bawaan
  • Dilengkapi dengan fitur terkini
  • Sistem sudah dikustomisasi

Kekurangan Custom ROM

  • Bisa saja membuat perangkat rusak
  • Sistem tidak begitu stabil
  • Garansi bisa hilang

Daftar Custom ROM Gaming Terbaik

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dari custom ROM Gaming, maka sekarang kita langsung masuk pada ulasan utama yakni rekomendasi nama ROM terbaik untuk bermain game. Simak selengkapnya dibawah ini.

Corvus OS

Custom ROM Gaming bernama Corvus OS ini cukup terkenal di komunitas pengguna HP Android. Fitur-fitur didalamnya sudah didesain sedemikian rupa sehingga bisa diandalkan untuk bermain game dan mengatasi masalah utama, yaitu performa ponsel yang kurang responsif.

Dibekali dengan kernel khusus game, membuat Corvus OS mampu melejitkan performa HP dan membuatnya stabil. Bermain game dengan FPS tinggi sekarang bukan lagi masalah. Cocok dipakai oleh pemain PUBG Mobile dan sejenisnya.

Tertarik untuk mencoba custom ROM yang satu ini? Jangan ragu untuk memasangnya sekarang. Yuk dapatkan langsung dari link yang ini.

Pixel Experience

Tidak kalah populer dari Corvus OS, custom ROM kali ini dikenal berkat kompatibilitasnya yang baik. Hampir semua perangkat Android bisa menggunakannya, mulai dari Asus, Realme, Xiaomi dan bahkan Samsung. Itulah alasan mengapa Pixel Experience sangat terkenal di komunitas Android.

Pixel Experience adalah salah satu ROM gaming yang dikembangkan berdasarkan Android Open Source Project (AOSP). Aplikasi Google dan komponen lainnya ikut ditambahkan, seperti icon, wallpaper, tema, sampai animasi boot.

Selain kompatibel dengan banyak perangkat dan memiliki fitur komplit, Pixel Experience tentunya menawarkan performa ponsel yang lebih ringan ketika bermain game. Anda bisa meminimalisir terjadinya lag ketika ngegame.

Penasaran dengan custom ROM Pixel Experience? Yuk buruan dapatkan melalui link yang ini dan jangan tunda untuk menggunakannya.

Nusantara Project

Custom ROM gaming Nusantara adalah hasil pengembangan yang dilakukan oleh developer asal Indonesia. Jangan khawatir soal kemampuan dan efektifnya Nusantara Project, karena sudah dibuktikan oleh banyak pengguna ponsel Android.

Nusantara Project hadir dengan ukuran yang cukup ringan, namun Anda bisa melakukan banyak kustomisasi didalamnya. Tidak kalah penting adalah Nusantara bersih dari bloatware yang mengganggu. Sehingga cocok sebagai daily driver maupun keperluan gaming.

Custom ROM Android ini dikenal dengan performanya yang stabil dan responsif. Sampai sejauh ini, Nusantara Project masih terus diupdate oleh developer sampai versi Android 12. Setidaknya ada lebih dari 40 merk ponsel Android yang bisa menggunakannya, khususnya ponsel Realme dan Xiaomi.

Segera nikmati kualitas performa dari custom ROM Nusantara Project ini lewat link yang ini dan rasakan sensasinya.

Havoc OS

Rekomendasi custom ROM terbaik untuk main game selanjutnya adalah Havoc OS. Ini bisa menjadi pilihan utama ketika Anda menginginkan ROM Android yang memiliki tampilan bersih dan simpel. Khususnya tidak banyak bloatware yang mengganggu di layar ponsel Anda.

Sama seperti custom ROM Android lain, Havoc OS dibuat berdasarkan AOSP. Sementara itu, tampilannya sendiri terinspirasi dari Material Design dan Google Pixel.

Untuk bagian Configuration Center, Havoc OS menghadirkan lebih banyak penyesuaian untuk kebutuhan Anda. Tidak lupa, fitur-fitur terbaru terus diperbaharui demi memanjakan para pengguna. Melalui Configuration Center tersebut, Anda bisa mengatur bagaimana HP bekerja.

Dengan custom OS ini, HP bisa diatur untuk mode gaming yang membutuhkan performa cepat maupun dibuat ke mode hemat baterai. Ingin menggunakannya? Segera pasang dari link ini.

Evolution X

Salah satu ROM gaming terbaik ini akan membuat ponsel Anda terlihat layaknya smartphone Pixel. Selain tampilannya yang manis dan elegan, Evolution X juga memberikan performa smooth ketika memainkan game.

Setiap bulannya, Evolution X mendapatkan update patch terbaru dari kreator. Pastinya berdasarkan AOSP seperti custom ROM lainnya. Performanya yang ringan membuat pengalaman bermain game makin ringan sehingga cocok dipakai oleh penggemar Free Fire, Mobile Legends, maupun PUBG Mobile.

Jangan ragu untuk memasang salah custom ROM terbaik yang bernama Evolution X ini. Dapatkan dari link ini.

AOSP Extended

Tidak perlu bingung mencari custom ROM gaming yang ringan, karena AOSP Extended bisa diandalkan untuk kebutuhan tersebut. Anda bisa memainkan game online favorit dengan risiko mengalami lag yang dapat diminimalisir seoptimal mungkin.

Baca juga : Cara Membuat Game Android Tanpa Coding

Selain dirancang khusus untuk bermain game, AOSP Extended juga memiliki banyak opsi menarik buat Anda. Fitur kustomisasinya lengkap, seperti memodifikasi status bar, layar kunci, gaming mode dan pengaturan lainnya. Dapatkan dari sini.

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa rekomendasi custom ROM gaming terbaik yang wajib dicoba. Sebelum memutuskan untuk memakainya, ingat kembali beberapa kekurangannya. Tapi yang jelas ialah performa ponsel memang bisa ditingkatkan menjadi lebih baik dengan custom ROM ini.