Download Windows 10 Pro 32 / 64-bit ISO (Terbaru 2023)

Advertisements
Download Windows 10
Download Windows 10

Windows 10 adalah sistem operasi besutan Microsoft yang pertama kali dirilis pada tanggal 29 Juli 2015 lalu. Sebelum Windows 11 terbaru diluncurkan, versi inilah yang menjadi produk unggulan dari Microsoft. Ada begitu banyak peningkatan fitur dan kecanggihan dibandingkan versi sebelumnya.

Windows 10 dibangun diatas kernel Windows 8 dan Windows NT. Upgrade telah dilakukan guna memberi kepuasan lebih baik kepada para pengguna. Tentu saja dilakukan dengan menghadirkan berbagai fitur dan terobosan terbaru.

Salah satu fakta unik dari Windows 10 adalah pemberian namanya melewati angka 9. Padahal, versi Windows sebelumnya adalah 8. Namun pada versi terbaru langsung mengambil nama Windows 10.

Nama loncatan tersebut diberikan karena OS kali ini didesain secara khusus agar menjadi arahan baru untuk Microsoft. Kehadirannya bertujuan untuk menyatukan pengalaman memakai Windows di beberapa perangkat berbeda sekaligus. Mulai dari smartphone, tablet dan komputer desktop.

Pada versi kali ini, Windows kembali menghadirkan Start Menu yang sebelumnya dihilangkan di versi Windows 8. Ia hadir dengan tampilan baru dan lebih cantik. Akses cepat ke berbagai folder, pengaturan dan program yang lain.

Tepat berada di bawah Start Menu, Microsoft menghadirkan bar pencarian untuk pengguna Windows 10. Melalui bar pencarian ini Anda bisa menemukan informasi, program dan file yang ada di komputer. Bahkan bisa juga mencari informasi dari website secara online.

Terobosan yang paling menonjol dari Windows 10 adalah segi kompabilitas. Seluruh software atau aplikasi didalam Windows terbaru bisa juga digunakan di perangkat lain.

Penggunaannya tidak terbatas pada perangkat komputer dan laptop saja, melainkan juga bisa digunakan di tablet dan smartphone atau bahkan dedicated server yang hanya bisa diakses lewat remote.

Perubahan lain dari Windows 10 adalah menghadirkan Microsoft Edge web browser. Ini dirancang sebagai pengganti dari browser Internet Explorer (IE) untuk defaultnya.

Sementara itu, pengguna tetap bisa menemukan Internet Explorer di Windows 10.

Hadir pula fitur bernama Continuum yang berfungsi untuk mengoptimalkan UI pengguna secara otomatis tergantung controlnya. Apakah itu menggunakan touchscreen atau keyboard eksternal.

Windows Store hadir dengan membawa desain mirip bar notifikasi pada OS X. Windows 10 mendukung penggunaan beberapa desktop untuk monitor tunggal.

Masih belum cukup sampai disitu, fitur bernama Snap Assist berguna untuk membantu pengguna mengatur jendela pada layar.

Kelemahan Windows 10 Terbaru

Windows 10 adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Meskipun demikian, sistem operasi yang populer ini masih memiliki kelemahan yang perlu diwaspadai. Terlebih lagi, rilis terbaru Windows 10 memiliki beberapa kelemahan yang patut diperhatikan. Apa saja kelemahan Windows 10 terbaru tersebut? Mari kita bahas.

Masalah Pembaruan Otomatis

Salah satu kelemahan terbesar Windows 10 terbaru adalah masalah pembaruan otomatis. Microsoft secara teratur menerbitkan pembaruan untuk meningkatkan performa dan keamanan sistem operasi, namun terkadang pembaruan tersebut malah membuat masalah pada sistem yang sudah ada.

Beberapa orang melaporkan bahwa pembaruan otomatis memakan waktu yang lama dan dapat mengganggu aktivitas kerja mereka. Selain itu, terkadang pembaruan tersebut menyebabkan masalah pada sistem seperti crash atau error.

Masalah Kompatibilitas Aplikasi

Salah satu kelemahan lain dari Windows 10 terbaru adalah masalah kompatibilitas aplikasi. Beberapa orang melaporkan bahwa beberapa aplikasi yang berjalan dengan baik di sistem operasi sebelumnya, tidak berfungsi dengan baik di Windows 10 terbaru.

Hal ini disebabkan oleh perubahan arsitektur sistem operasi yang membuat beberapa aplikasi tidak dapat berjalan dengan baik. Selain itu, beberapa aplikasi lama juga tidak didukung di Windows 10 terbaru, sehingga kita harus mencari alternatif aplikasi yang dapat berjalan dengan baik di sistem operasi ini.

Masalah Privasi

Windows 10 terbaru juga memiliki kelemahan dalam hal privasi. Microsoft dikritik karena mengumpulkan data secara otomatis tanpa pemberitahuan atau izin dari pengguna. Data tersebut kemudian digunakan untuk mengirimkan iklan yang relevan atau memperbaiki layanan mereka.

Beberapa dari kita merasa tidak nyaman dengan adanya pengumpulan data tanpa izin, sehingga mereka harus mengatur pengaturan privasi secara manual.

Masalah Kinerja

Terakhir, kelemahan Windows 10 terbaru adalah masalah kinerja. Beberapa pengguna melaporkan bahwa sistem operasi ini terasa lambat dan memakan sumber daya yang banyak, terutama jika digunakan pada komputer dengan spesifikasi rendah. Hal ini dapat menyebabkan kinerja sistem operasi yang buruk, seperti lag atau tidak responsif.

Spesifikasi Perangkat Untuk Install Windows 10

Apa saja spesifikasi perangkat yang dibutuhkan untuk menginstal Windows 10? Berikut adalah penjelasannya.

Prosesor

Spesifikasi minimum untuk prosesor yang dibutuhkan untuk menginstal Windows 10 adalah 1 gigahertz (GHz) atau lebih cepat. Selain itu, perangkat juga harus memiliki arsitektur 64-bit atau 32-bit. Namun, untuk pengalaman penggunaan yang lebih baik, sebaiknya gunakan prosesor dengan kecepatan lebih tinggi, seperti Intel Core i3, i5, atau i7.

Memori RAM

Memori Random Access Memory (RAM) adalah komponen penting dalam sebuah perangkat yang berjalan dengan sistem operasi. Untuk menginstal Windows 10, pastikan perangkat Anda memiliki setidaknya 2 gigabyte (GB) RAM untuk arsitektur 64-bit atau 1 GB untuk arsitektur 32-bit. Namun, untuk pengalaman penggunaan yang lebih lancar dan responsif, sebaiknya gunakan minimal 4 GB RAM.

Penyimpanan Internal

Untuk menyimpan sistem operasi dan aplikasi, pastikan perangkat itu memiliki setidaknya 32 GB penyimpanan internal. Namun, untuk penggunaan yang lebih optimal, sebaiknya gunakan minimal 64 GB penyimpanan internal.

Kartu Grafis

Kartu grafis adalah komponen penting yang bertanggung jawab atas tampilan visual pada layar perangkat. Untuk menginstal Windows 10, pastikan perangkat memiliki kartu grafis yang mendukung DirectX 9 atau versi yang lebih baru. Selain itu, perangkat tersebut juga harus memiliki driver yang kompatibel dengan kartu grafis tersebut.

Layar

Terakhir, pastikan layar perangkat memiliki resolusi minimal 800 x 600 piksel. Namun, untuk pengalaman penggunaan yang lebih baik, sebaiknya gunakan layar dengan resolusi lebih tinggi, seperti 1920 x 1080 piksel atau lebih.

Cara Download Windows 10 Terbaru

Bagaimana cara mengunduh Windows 10 terbaru? Berikut adalah panduan cara download Windows 10 terbaru yang mudah dan praktis.

Kunjungi Situs Resmi Microsoft

Langkah pertama untuk mengunduh Windows 10 terbaru adalah dengan mengunjungi situs resmi Microsoft di https://www.microsoft.com/id-id/software-download/windows10. Pastikan koneksi internet stabil agar proses pengunduhan dapat berjalan dengan lancar.

Pilih Versi Windows 10 yang Diinginkan

Setelah masuk ke situs resmi Microsoft, pilih versi Windows 10 yang ingin diunduh. Ada beberapa versi Windows 10 yang tersedia, seperti Windows 10 Home, Pro, dan Education. Pilih versi yang sesuai dengan kebutuhan.

Unduh File ISO

Setelah memilih versi Windows 10 yang diinginkan, klik tombol “Unduh Sekarang” untuk memulai proses pengunduhan file ISO Windows 10 terbaru. Pastikan kapasitas penyimpanan perangkat Anda mencukupi untuk menyimpan file ISO tersebut.

Buat Media Instalasi

Setelah proses pengunduhan selesai, buat media instalasi Windows 10 terbaru dengan menggunakan USB flash drive atau DVD. Pastikan media instalasi tersebut dapat membaca file ISO yang telah diunduh.

Instal Windows 10 Terbaru

Langkah terakhir adalah melakukan instalasi Windows 10 terbaru pada perangkat. Sambungkan media instalasi yang telah dibuat pada perangkat dan ikuti petunjuk instalasi yang muncul. Pastikan perangkat tersebut terhubung dengan internet agar dapat menerima pembaruan dan fitur terbaru dari Windows 10.

Masalah Yang Sering Muncul Saat Menggunakan Windows 10

Windows 10 juga memiliki beberapa masalah yang sering muncul saat digunakan. Berikut adalah beberapa masalah yang sering dihadapi pengguna Windows 10 beserta solusinya.

Performa Lambat

Masalah performa lambat atau lemot saat menggunakan Windows 10 sering kali dihadapi oleh pengguna. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti terlalu banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan, sistem operasi yang sudah usang, atau perangkat keras yang tidak memadai.

Solusinya adalah dengan membersihkan sistem dari aplikasi yang tidak terpakai atau tidak perlu dijalankan secara bersamaan, memperbarui sistem operasi ke versi terbaru, dan meningkatkan spesifikasi perangkat keras seperti RAM dan hard disk.

Blue Screen of Death (BSOD)

Blue Screen of Death (BSOD) adalah masalah yang sering muncul pada sistem operasi Windows, termasuk Windows 10. BSOD biasanya terjadi ketika sistem operasi mengalami kesalahan kritis yang mengakibatkan layar berubah menjadi biru dan memunculkan pesan error.

Solusinya adalah dengan memperbarui driver perangkat keras, memperbaiki file sistem yang rusak, atau melakukan scan dan perbaikan pada sistem menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Tidak Dapat Menginstal Pembaruan

indows 10 secara berkala akan menerima pembaruan dari Microsoft untuk meningkatkan keamanan dan kinerja sistem. Namun, kita seringkali mengalami masalah saat mencoba menginstal pembaruan, seperti pesan error atau kegagalan instalasi.

Solusinya adalah dengan memastikan perangkat terhubung ke internet dan memiliki ruang penyimpanan yang cukup, memeriksa perangkat keras yang tidak kompatibel dengan pembaruan, atau mencoba menginstal pembaruan secara manual melalui situs resmi Microsoft.

Penutup

Jika ingin memaksimalkan pengalaman menggunakan Windows 10, pastikan untuk selalu memperbarui sistem, membersihkan aplikasi yang tidak terpakai, dan meningkatkan spesifikasi perangkat keras jika diperlukan.

Dengan demikian, Anda akan dapat menikmati pengalaman penggunaan Windows 10 yang lebih lancar dan optimal. Terima kasih telah membaca!


Baca artikel dan berita menarik lainnya dari Trestle On Tenth di Google News