Format Kwitansi Word (Doc), Excel dan PSD [GRATIS SIAP PAKAI!]

Advertisements
Download Format Kwitansi Kosong Microsoft Word Doc, Microsoft Excel Xls, Adobe Photoshop Psd
Download Format Kwitansi Kosong Microsoft Word Doc, Microsoft Excel Xls, Adobe Photoshop Psd

Ingin membuat kuitansi sendiri? Bisa kok. Apalagi kalau Anda punya format kwitansi Word, Excel dan juga PSD tentu akan lebih mudah lagi. Anda bisa membuat tampilan kwitansi yang unik dan punya tampilan yang berbeda dari kwitansi kebanyakan yang biasa dijumpai di warung fotocopy, toko buku, dll.

Advertisements

Nah kali ini kami akan memberikan format kuitansi yang dapat diedit menggunakan Microsoft Word dan Excel. Bahkan bagi Anda yang terbiasa bekerja dengan Adobe Photoshop, kami juga telah menyediakan file dalam format PSD. Langsung saja, dapatkan template format kuitansi Word, Excel, PSD dibawah ini.

Apa Itu Kuitansi

Perlu Anda ketahui, kuitansi merupakan penulisan yang benar, jadi bukan kwitansi. Kuitansi dapat dipakai sebagai alat bukti pembayaran yang sah. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kuitansi ialah surat bukti penerimaan uang. Oleh karena itu tak heran dalam kuitansi tercatat transaksi yang melibatkan uang.

Umumnya, kuitansi dibuat oleh orang yang menerima uang lalu diserahkan kepada orang yang memberi uang. Melakukan transaksi memakai kuitansi memiliki resiko. Oleh karena itu dalam kuitansi bisa ditambahkan materai agar kuitansi tersebut punya nilai hukum. Sehingga jika ada masalah akan mudah untuk diselesaikan.

Format Kuitansi Yang Benar

Membuat format kuitansi tidak boleh sembarangan. Ada elemen-elemen penting pada sebuah kuitansi. Nyatanya masih banyak orang yang belum mengetahui seperti apa bentuk dan format kuitansi yang benar. Oleh karena itu sebelum Anda mengedit atau membuat format kuitansi sendiri, pastikan Anda menyimak yang berikut ini.

Nomor Kuitansi

Nomor kuitansi digunakan sebagai penanda kuitansi tersebut. Dengan adanya nomor kuitansi, maka akan lebih mudah ketika hendak mencatat transaksi maupun saat hendak mencari kuitansi dalam arsip.

Tempat dan Tanggal Kuitansi

Dengan adanya informasi tempat dan tanggal kuitansi, maka akan lebih mudah ketika suatu saat Anda akan mencari kuitansi berdasarkan lokasi maupun tanggal terjadinya transaksi.

Nama dan Tanda Tangan Pemberi

Dalam kuitansi harus ada informasi nama pemberi uang. Nama harus dituliskan dengan jelas. Selain nama, pemberi uang juga harus membubuhkan tanda tangannya dalam kuitansi sebagai tanda persetujuan.

Nama dan Tanda Tangan Penerima

Kuitansi juga harus memiliki informasi siapa penerima uang tersebut. Maka diperlukan nama dan tanda tangan dari penerima uang. Dalam hal ini, penerima dapat berbentuk perseorangan atau kelompok (organisasi/perusahaan).

Nominal dalam Rupiah (Angka)

Merupakan informasi jumlah uang yang diberikan penyetor (pemberi uang). Nominal ini dituliskan dalam bentuk angka dan dalam Rupiah.

Nominal Terbilang

Merupakan informasi nominal dalam bentuk tulisan (huruf). Penulisan terbilang sangat penting karena bisa digunakan untuk meminimalisir terjadinya salah tulis pada nominal angka.

Tujuan Transaksi

Dengan adanya informasi tujuan transaksi, maka Anda akan lebih mudah saat melakukan pencatatan jenis transaksi.

Jika Anda membuat atau mengedit sebuah kwitansi, pastikan semua elemen diatas ada dalam kwitansi yang Anda buat. Meski tidak ada format baku pada kwitansi Word, Excel dan PSD tapi semua elemen diatas akan memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan dan dokumentasi dalam tiap transaksi yang telah terjadi.

Jenis Kuitansi

Pada umumnya, kita hanya mengenal kuitansi bukti pembayaran. Namun sebenarnya ada jenis kuitansi yang lain. Penasaran? Yuk simak beberapa jenis kuitansi tersebut.

Kuitansi Bukti Pembayaran

Kuitansi yang satu ini sangat sering kita jumpai karena umumnya digunakan dalam transaksi jual beli. Biasanya dalam kuitansi ini ada keterangan nama orang yang membayar dan informasi mengenai pembayaran untuk apa.

Kuitansi Transaksi

Berbeda dengan Kuitansi Bukti Pembayaran, Kuitansi Transaksi berisi berbagai macam informasi mengenai produk yang dibeli. Misalnya informasi tentang nomor seri produk, tipe produk, harga produk hingga alamat dari orang yang membeli produk tersebut.

Kuitansi Serah Terima

Selain kuitansi transaksi, ada lagi kuitansi yang banyak digunakan di masyarakat yaitu kuitansi serah terima. Kuitansi serah terima biasa digunakan sebagai bukti pembayaran yang diakui oleh pihak pemberi dan pihak penerima. Biasa dipakai oleh perorangan, organisasi, lembaga hingga perusahaan.

Kuitansi Resep

Selanjutnya ada kuitansi resep. Kuitansi ini digunakan untuk pencatatan uang masuk dan uang keluar. Dipakai untuk tembusan dan bukti dalam pengarsipan laporan keuangan. Kuitansi jenis ini banyak dipakai dalam dunia kerja khususnya di kantor-kantor.

Kuitansi Transfer

Sedikit berbeda dengan jenis kuitansi yang lain, kuitansi transfer banyak digunakan di bank. Karena untuk kebutuhan khusus, maka kuitansi kantor memiliki elemen yang beda dari kuitansi pada umumnya. Misalnya saja dalam kuitansi transfer ada nomor rekening penerima.

Link Download Template Kuitansi Word, Excel, dan PSD

Nah setelah mengetahui berbagai informasi seputar format kwitansi, maka langsung saja kita masuk pada bagian utama yaitu link download template kwitansi dalam format Microsoft Word, Microsoft Excel dan juga format Adobe Photoshop. Simak dibawah ini.

Download Format Kwitansi Word

Seperti kita ketahui, banyak orang menggunakan Microsoft Word untuk mengolah dokumen. Oleh karena itu Anda juga pasti sudah familiar dengan software MS Word ini. Anda dapat membuat format kwitansi dalam Word menggunakan tabel. Bagi yang tak ingin repot, bisa download template berikut ini.

Download format kwitansi kosong dalam Word dengan format doc

  • Buka link ini
  • Tunggu hingga halaman terbuka
  • Perhatikan area pojok kanan atas
  • Disana ada icon Download
  • Tekan icon tersebut
  • Tunggu proses download
  • Buka template doc
  • Edit dan gunakan
  • Selesai

Download Format Kwitansi Excel

Dalam pakek Microsoft Office, selain ada Microsoft Word tentu juga ada Microsoft Excel. Meski pengguna MS Excel tidak sebanyak MS Word, tapi nyatanya tetap banyak orang yang menguasai penggunaan Excel. Nah Anda bisa memanfaatkan template format kwitansi Excel dalam format xls atau xlsx berikut ini.

Download form kwitansi kosong Excel gratis dengan format xls

  • Klik link yang ini
  • Tunggu seluruh halaman termuat
  • Lihat format kuitansi yang ada
  • Klik icon download
  • Letaknya ada dikanan atas
  • Tunggu proses download
  • Buka template tersebut
  • Pakai sesuai kebutuhan
  • Selesai

Download Format Kwitansi PSD

Seperti kita ketahui, software Adobe Photoshop merupakan salah satu aplikasi pengolah gambar paling populer. Banyak orang menggunakannya untuk kebutuhan desain grafis. Nah bagi Anda yang sering bekerja menggunakan Photoshop, ada juga template format kwitansi dalam bentuk PSD. Penasaran?

Download template kwitansi pembayaran PSD gratis siap pakai

  • Buka link ini
  • Perhatikan template kuitansi
  • Unduh dari icon dipojok kanan atas
  • Tunggu proses unduh
  • Buka file PSD dengan Photoshop
  • Pakai untuk kebutuhan Anda
  • Selesai

Demikianlah ulasan lengkap kami seputar Format Kwitansi dalam Word, Excel dan PSD. Kami berharap dengan template format kuitansi ini, Anda dapat membuat atau mengedit format kuitansi dengan lebih mudah tanpa harus membuat dari awal. Pastikan untuk menggunakan format diatas dengan bijaksana.