10+ HP Samsung Tahan Air dan Debu Terbaik [TERBARU] 2022

Advertisements
HP Samsung Tahan Air Terbaik Murah Dibawah 2 Juta Seri Terbaru
HP Samsung Tahan Air Terbaik Murah Dibawah 2 Juta Seri Terbaru

Seperti kita ketahui bersama, beberapa tahun terakhir ponsel Sony dikenal tahan air. Faktanya, banyak perusahaan lain juga membuat ponsel tahan air. Salah satunya adalah Samsung, perusahaan terkenal asal Korea Selatan. Tak heran jika saat ini HP Samsung juga dikenal sebagai perangkat yang tahan air, tahan debu bahkan tahan banting.

Tidak banyak merek ponsel yang sudah tersertifikasi tahan air dan debu. Kalaupun ada, itu hanya berlaku untuk jenis tertentu. Berbeda dengan Samsung, HP merek asal Korea Selatan ini terkenal dengan produk-produk berkualitas tinggi yang tahan air dan debu.

Beberapa ponsel Samsung di kisaran harga menengah telah memiliki fitur ini. Seringkali, sertifikasi tahan air ini muncul dengan kode IP diikuti dengan angka. Seperti IP68, IP67 dan nomor lainnya.

HP Samsung Tahan Air Terbaik Dibawah 2 Juta

Lantas, HP Samsung mana yang resmi dijual di Indonesia yang termasuk tahan air? Intip saja daftar ponsel tahan air dan tahan debu terbaru Samsung berikut ini.

HP Samsung Galaxy Z Flip4 5G Tahan Air

Samsung Galaxy Z Flip4 5G dibanderol dengan harga puluhan juta rupiah. Ini karena ponsel ini memiliki layar yang dapat dilipat, fitur kamera yang bagus, dan performa yang hebat. Namun ponsel yang memiliki SoC Snapdragon 8+ Gen 1 ini juga memiliki sejumlah fitur tambahan layaknya ponsel kelas atas.

Dari sertifikasi IPX8 yang dimilikinya, berarti HP ini dapat tahan terhadap air, tetapi tidak setelah debu masuk ke interior. Oleh karena itu, Galaxy Z Flip4 5G tidak akan mengalami masalah jika terkena air hujan, tercuci di wastafel, atau jatuh ke bak mandi atau kolam renang secara tidak sengaja.

Selama kedalaman tidak melebihi 1,5 meter dan tidak tenggelam di bawah air selama lebih dari 30 menit, maka HP ini akan tetap aman.

Puluhan juta mesin HP seharusnya sudah memiliki fitur seperti ini. Karena fitur ini akan membantu Anda untuk tetap tenang jika terjadi hal buruk pada ponsel kesayangan Anda.

HP Samsung Galaxy A33 5G Anti Air dan Debu

Sebagai ponsel yang datang setelah Samsung Galaxy A32 5G, Samsung Galaxy A33 5G jauh lebih baik dari pendahulunya. Misalnya, layar Samsung Galaxy A33 5G hanya berukuran 6,4 inci, lebih kecil dari layar pada A32 5G. Namun layar Galaxy A33 5G adalah Super AMOLED dengan refresh rate 90Hz dan resolusi Full HD+.

Sertifikasi IP67 adalah hal hebat lainnya tentang Galaxy A33 5G. Sertifikasi ini berarti bahwa HP Samsung ini telah diuji dan terbukti tahan air dan debu. Di sisi lain, pendahulunya tidak bersertifikat IP67. Performanya juga lebih baik karena memiliki chipset Exynos 1280, baterai 5.000mAh, dan pengisian cepat 25W.

Berkat layarnya yang lebar dan panel Super AMOLED memudahkan mata memandang layar. Menggunakan ponsel ini akan membuat Anda merasa seperti memiliki dunia sendiri, baik saat menggunakan media sosial, bermain game, atau menonton film favorit.

HP Samsung Galaxy S22 Ultra 5G Tahan Air Dibawah 2 Juta

Samsung Galaxy S22 Ultra 5G memiliki tampilan yang berbeda. Ponsel ini adalah salah satu yang datang setelah Galaxy S21 Ultra. Namun gayanya sama dengan Galaxy Note20 Ultra. Ternyata S22 Ultra adalah hibrida dari seri Galaxy S dan Galaxy Note.

Desain ponsel ini berasal dari seri Galaxy Note, yang berarti memiliki stylus, dan kualitas kameranya berasal dari seri Galaxy S. Tampilan S22 Ultra memberikan kesan tidak hanya percaya diri tetapi juga bertenaga, terlebih karena bodinya terbuat dari Corning Gorilla Victus+ dan pelindungnya terbuat dari aluminium.

Gorilla Victus+ dikatakan 10% lebih kuat dari Gorilla Victus. Selain itu, ponsel ini juga bersertifikat IP68. Artinya, ponsel ini tahan terhadap debu dan air. Bahkan jika ponsel jatuh ke kolam secara tidak sengaja, Anda tidak perlu khawatir untuk tetap menggunakannya.

HP Samsung Galaxy S22 5G Tahan Air

Samsung Galaxy S22 5G adalah salah satu pilihan terbaik bagi orang-orang yang menginginkan smartphone kecil, ringan, dan cepat. Layar HP memiliki panjang 6,1 inci, tetapi beratnya hanya 167 gram. Namun S22 5G berjalan cepat karena memiliki SoC Snapdragon 8 Gen 1.

Galaxy S22 5G tidak hanya berkinerja baik, tetapi desainnya juga telah ditingkatkan. Kali ini, Samsung telah memasang kaca bernama Gorilla Glass Victus+ di bagian belakang ponsel. Galaxy S21 5G tidak lagi sama dengan polikarbonat. Selanjutnya, Galaxy S22 5G memiliki rangka aluminium lapis baja yang kuat.

Kekuatan HP ini juga bisa dilihat dari penggunaannya dalam situasi canggung. Misalnya, saat Anda mengambil gambar dengan ponsel Anda kemudian jatuh ke kolam renang secara tidak sengaja. Sertifikasi IP68 berarti bahwa kecelakaan ini tidak akan segera membuat ponsel menjadi rusak. Galaxy S22 5G mampu bertahan dari debu dan air selama 30 menit di kedalaman 1,5 meter.

HP Samsung Galaxy S21 FE 5G Tahan Air dan Debu

Dibandingkan dengan Samsung Galaxy S21 5G, Samsung Galaxy S21 FE 5G tidak memiliki banyak fitur. Namun fitur yang membuatnya tahan debu dan air tidak dihilangkan. Ponsel ini telah lulus uji IP68. Ini membuatnya aman untuk digunakan bahkan di kolam sedalam 1,5 m selama 30 menit.

Tak hanya itu, Gorilla Glass Victus juga melindungi layar Samsung Galaxy S21 FE 5G. Kaca ini mirip dengan Gorilla Glass 6 dalam hal seberapa baik tidak tergores. Apa yang membuatnya berbeda adalah seberapa baik ia dapat menahan guncangan. Kaca ini dikatakan sedikit lebih kuat.

Hanya saja, jangan mencoba mematikan monitor HP ini kecuali Anda harus melakukannya. Galaxy S21 FE termasuk dalam kelompok ponsel yang disebut “flagship”. Beberapa alasannya adalah ponsel ini memiliki Exynos 2100 SoC dan pengaturan kamera lengkap. Penasaran dengan HPnya?

HP Samsung Galaxy S20 FE 5G Snapdragon Tahan Air dan Banting

Sekarang, semua orang menginginkan ponsel yang dapat bekerja dalam situasi apa pun. Seperti Galaxy A20 FE 5G Snapdragon bersertifikat IP68 yang mampu menahan debu dan air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Ponsel ini lahir dengan bobot 190 gram dan berukuran 159,8 x 74,5 x 8,4 mm.

Bagian depan ponsel ini terbuat dari kaca, dan bagian tepinya terbuat dari aluminium. Ubah warna plastik di bagian belakang dengan memilih dari Cloud Lavender, Cloud Mint, Cloud Navy, Cloud White, Cloud Red atau Cloud Orange.

Ponsel 5G ini memiliki chipset Snapdragon 865 5G dan tiga lensa di bagian belakang: 12MP, 8MP, dan 12MP. Kamera depan memiliki sensor 32 megapiksel. Kisaran harga perangkat yang memiliki dua pilihan penyimpanan 8/128GB dan 8/256GB ini dibanderol Rp 8,9 juta.

Samsung Galaxy Z Flip3 5G

Karena Samsung Galaxy Z Flip3 5G berharga $ 15 juta, wajar saja jika HP Samsung ini tahan air. Ya, tapi hanya untuk air dan bukan untuk debu. Seperti yang Anda lihat, ia menggunakan IPX8 sebagai peringkat IP “satu-satunya”. Artinya, melindungi terhadap air lebih baik daripada smartphone lain, tetapi tidak melindungi terhadap debu sama sekali.

Karena ponsel yang dapat dilipat ini belum digunakan oleh banyak orang, mendapatkan sertifikasi IPX8 pada sesuatu yang serumit ponsel yang dapat dilipat sangat bermanfaat. Layar utama adalah 6,7 inci yang cukup besar. Ini memiliki kecepatan refresh 120Hz dan panel AMOLED Dinamis 2X dengan HDR10+.

Nah, sekarang ada yang baru. Galaxy Z Flip3 5G memiliki layar yang sangat kecil di bagian belakang casingnya karena bisa dilipat. Ukuran layarnya 1,9 inci, yang 4 kali lebih besar dari generasi sebelumnya.

Pada tahun 2021, ponsel versi Flip dapat ditemukan. Saat mengambil selfie, cover screen dapat digunakan sebagai preview tanpa harus membuka kunci ponsel. Secara tidak langsung, ini memungkinkan Anda menggunakan kamera belakang untuk mengambil foto narsis. Seperti bagaimana Xiaomi Mi 11 Ultra memiliki layar kecil di bagian belakang.

Layar sekunder ini dapat menampilkan teks hingga 4 baris, sehingga lebih mudah untuk membaca pesan dan notifikasi dibandingkan dengan Galaxy Z Flip. Di sini, Anda juga dapat mengatur widget tertentu untuk menambahkan fitur ke layar sampul Anda, seperti perekaman bertahap, kontrol media Spotify, prakiraan cuaca, alarm, dll.

Layar ini juga mengandung Corning Gorilla Glass Victus, generasi pelindung layar terkuat dari Corning. Meski memiliki spesifikasi lebih baik, seperti prosesor Snapdragon 888 dan layar berkualitas tinggi, sasisnya hanya berbobot 186 gram! Sejauh yang saya tahu, ponsel ini adalah salah satu ponsel kelas atas teringan di dunia.

Namun Anda mungkin kecewa mengetahui bahwa baterai ponsel ini hanya berkapasitas 3300 mAh. Jadi wajar jika bobotnya sangat ringan. Oh, kami juga memiliki artikel untuk Anda baca tentang kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Flip3 5G.

Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G

Ponsel Samsung kelas atas selalu memiliki fitur canggih. Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G memiliki hal-hal ini, seperti sertifikasi IP68 yang mengatakan dapat menangani debu dan air. Gambar 6 menunjukkan bahwa tidak ada jalan bagi debu untuk masuk ke ponsel ini.

Angka 8 berarti ponsel ini bisa terendam air dari jarak 1 hingga 3 meter. Fitur ini akan memberi Anda kepercayaan diri untuk menggunakan ponsel ini terlepas dari cuaca. Galaxy Note20 Ultra 5G digunakan oleh para pebisnis selain menjadi IP68.

Ponsel ini dilepas dengan harga mulai dari 16 jutaan rupiah. Ini memiliki layar 120Hz dan mendukung Samsung Dex dan S Pen. Galaxy Note20 Ultra yang dirilis tahun 2020 ini memiliki fitur yang sama. Jika Anda ingin membaca ulasan lengkap HP, baca artikel kami tentang kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Note20 Ultra.

Samsung Galaxy Z Lipat4 5G

Ponsel premium seperti Samsung Galaxy Fold4 5G tentu saja memiliki ketahanan air bawaan. Ya, ponsel ini memiliki IPX8. Ini dapat menahan perendaman dalam air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Namun perlu diingat bahwa itu belum melindungi dari debu.

“X” di IPX8 berarti tidak tahan debu. Ini sangat normal, karena tidak ada HP yang dapat dilipat dari pabrik yang mampu mencegah debu keluar. Bahkan ponsel aman dari debu pada engsel dalam kasus ini.

Meski hujan, Galaxy Z Fold4 5G siap digunakan di luar ruangan. Tubuh ponsel ini terbuat dari aluminium lapis baja, yang merupakan hal lain yang membuatnya tahan lama. Pada bodi belakang dan penutup layar, ponsel ini memiliki lapisan Gorilla Glass Victus+.

HP Samsung Galaxy A73 5G dan Fitur NFC

Harga Samsung Galaxy A73 5G Rp 7 jutaan. Karena harganya yang mahal, ponsel ini bisa disebut sebagai “flagship killer”. Apa yang memberi? Ponsel ini memiliki kamera utama 108MP dan teknologi 9 in 1 piksel untuk fotografi malam yang lebih cepat. Ini juga memiliki peringkat IP67, yang berarti dapat terendam dalam air selama 30 menit pada kedalaman satu meter.

Ini juga memiliki peringkat daya tertinggi di kisaran 7M, berkat prosesor Snapdragon 778G 5G dan skor AnTuTu v9 sekitar 600K. Dengan cara ini, ponsel ini sebagus ponsel andalan seri Snapdragon 800.

Ini juga merupakan salah satu ponsel paling murah yang dapat terhubung ke WiFi 6. Penting untuk dicatat bahwa Wi-Fi 6 memiliki kecepatan internet yang beberapa kali lebih cepat daripada WiFi 5. Adapun fitur hebat lainnya, kamera dilengkapi dengan NFC dan OIS, Gyro-EIS Resolusi hingga 4K untuk perekaman video.

Samsung Galaxy A53 5G

Samsung Galaxy A53 5G, yang datang setelah Galaxy A52 5G, masih bersertifikat IP67. Sertifikasi ini merupakan uji tahan debu dan air. Artinya ponsel tetap bisa berfungsi normal meski ada debu dan air di dalamnya. Ponsel ini bisa terendam air tawar hingga 30 menit di kedalaman satu meter.

Selain bersertifikat IP67, Galaxy A53 5G memiliki chipset kelas menengah, Exynos 1280 5nm, baterai 5000mAh dengan pengisian cepat 25W, layar AMOLED dengan kecepatan refresh 120Hz, kamera utama yang dilengkapi OIS dan EIS, dengan jaminan pembaruan. Lima tahun dari sekarang.

Samsung Galaxy A53 5G merupakan investasi jangka panjang yang baik karena memiliki spesifikasi dan kinerja yang baik, serta dapat terhubung ke Internet melalui jaringan 5G yang cukup cepat. Meskipun tidak ada di mana-mana, teknologi ini akan menyebar sebagai jaringan 4G selama beberapa tahun ke depan.

Samsung Galaxy S22 + 5G

Samsung Galaxy S22 + 5G atau Galaxy S22 Plus 5G jika Anda suka menyebutnya begitu, ukurannya lebih kecil dari pendahulunya. Ini berarti bahwa terlepas dari ukuran layar, orang menginginkan ukuran HP yang masuk akal. Selain lebih kecil, Galaxy S22+ juga didesain stabil.

Lihat saja seberapa rata dan rata tepi penutup belakang. Ponsel dengan SoC Snapdragon 8 Gen 1 ini terlihat tidak jauh berbeda dengan ponsel yang digantikannya. Ciri khasnya adalah cara desainnya melengkung. Ini tidak berarti bahwa itu tidak baik. Alasannya adalah untuk melestarikan ide utama desain.

Misalnya, ada sertifikasi yang disebut IP68 yang menyatakan bahwa sesuatu dapat menangani air dan debu. Kemudian, bodi depan dan belakang terbuat dari Gorilla Glass Victus+ terkuat. Tak hanya itu, rangka ponsel ini terbuat dari aluminium dan diklaim lebih tahan goncangan.

Galaxy Xcover 5 dari Samsung

Pada seri Galaxy Xcover 5 juga terdapat ponsel dengan sertifikasi IP67. Salah satu ponsel terberat Samsung dibuat untuk digunakan di pabrik dan lingkungan industri lainnya. Ponsel ini tahan debu dan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit, yang dibuktikan dengan sertifikasi IP68-nya.

Ponsel ini juga menonjol karena mampu menahan jatuh dari ketinggian 1,5 meter. Ponsel ini memang dibuat sangat tangguh, sehingga tidak salah menyebutnya sebagai ponsel tangguh. Selain itu, karena ponsel ini dirancang untuk orang yang bekerja di pabrik, Samsung membuatnya sensitif terhadap sentuhan sehingga dapat digunakan bahkan dengan sarung tangan.

Di sisi lain, Samsung Galaxy Xcover 5 memiliki chipset Exynos 850, RAM 4GB, dan penyimpanan 64GB. Ponsel ini juga memiliki baterai 3000mAh dan fitur fast charging 15W yang bisa ditukar.

Samsung Galaxy A52s 5G

Siapa bilang sertifikasi tahan debu dan air hanya dapat ditemukan di ponsel kelas atas? Ternyata sertifikasi ini juga hadir pada Samsung Galaxy A52s 5G kelas menengah. Ya, ponsel yang dibanderol Rp6 juta saat pertama kali diperkenalkan ini sudah bersertifikat IP67.

Artinya, meskipun debu masuk ke ponsel, ponsel akan tetap berfungsi normal, dan dapat berenang hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Dengan sertifikasi ini, orang yang suka melakukan aktivitas di luar tidak perlu khawatir merusak Galaxy A52s 5G mereka.

Bagian depan ponsel ini terbuat dari Gorilla Glass 5 dan juga bersertifikat IP67. Layar tidak akan tergores oleh pisau, gunting dan benda tajam lainnya. Ingin mempelajari lebih lanjut tentang apa yang dapat dilakukan smartphone? Baca artikel tentang keunggulan Samsung Galaxy A52s 5G.

Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Smartphone raksasa ini menjual Galaxy Z Flip3 5G, ponsel lipat dari Samsung, dan Galaxy Z Fold3 5G. Galaxy Z Flip3 5G lebih murah daripada Galaxy Z Fold3 5G.

Ini berbeda karena bisa dibuka seukuran layar tablet. Bayangkan layar utamanya bisa sebesar 7,6 inci. Ini mendukung resolusi 1768 x 2208 piksel, yang lebih tinggi dari Full HD Plus.

Samsung juga memanfaatkan ruang di layarnya, yang mirip dengan tablet, untuk membuat multitasking semudah mungkin.

Anda dapat membuka hingga tiga jendela secara bersamaan. Saat ponsel tidak terkunci, semua yang Anda lihat atau lakukan di layar penutup 6,2″ secara otomatis ditransfer ke layar beranda.

Baik home screen maupun cover screen menggunakan panel 2X Dynamic AMOLED dengan refresh rate 120Hz untuk membuat scrolling lebih mulus dan stabil.

Fakta bahwa seri Fold ini bersertifikat IPX8 adalah peningkatan besar dibandingkan generasi terakhir. Hal tersebut membuat HP Samsung ini bisa tahan air selama 30 menit di bak 1,5 meter. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang Samsung Galaxy Z Fold3 5G, jangan lewatkan artikel tentang kelebihan dan kekurangannya.

Tahun ini, Anda dapat memilih dari sejumlah HP tahan air Samsung terbaik seperti yang telah kami sebutkan tadi. Beberapa memang tidak dijual di Indonesia, namun Anda tetap bisa memesannya secara online dari luar negeri. Semoga ulasan ini bermanfaat.