Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca di HP Samsung + SEBAB

Advertisements
Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca di HP Samsung
Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca di HP Samsung

Kartu SD tidak terbaca di HP Samsung adalah masalah umum yang membuat jengkel banyak orang. Pasalnya, seluruh file didalamnya menjadi tidak bisa dibuka. Tentu hal ini semakin merepotkan apabila file tersebut penting atau dibutuhkan segera. Seperti misalnya video presentasi, dokumen, foto dan lain-lain. Jangan panik, selama micro SD tidak rusak maka file masih aman.

HP Samsung keluaran terbaru memang sudah dibekali memori internal yang luas. Namun, beberapa HP versi lama membutuhkan kartu SD untuk menambah memori penyimpanan yang dirasa kurang lega. Baik itu untuk menyimpan video, foto, dokumen, ataupun musik.

Bagaimana, sudah tidak sabar ingin mengetahui cara mengatasi kartu SD tidak terbaca di HP Samsung Android? Kalau begitu, langsung disimak selengkapnya pada ulasan dibawah ini.

Penyebab Kartu Memori Tidak Terbaca

Tidak terbacanya kartu SD di HP Samsung tentu ada beberapa faktor penyebab. Masalah ini tentu tidak muncul begitu saja, melainkan ada alasan-alasan tertentu. Mengutip berbagai sumber di internet, adapun penyebab kenapa kartu memori gagal dibaca oleh ponsel kurang lebih seperti dibawah ini.

Lapisan Tembaga Tergores

Kartu memori memiliki beberapa bagian yang sangat sensitif terhadap fungsinya. Salah satu bagian tersebut adalah lapisan tembaga atau konektor. Ketika ada goresan ataupun kerusakan kecil saja, maka hal itu bisa mempengaruhi proses pemindaian kartu SD di HP.

Goresan kecil menyebabkan kartu SD tidak terbaca dan gagal dimuat filenya. Sekarang coba periksa kartu SD yang Anda miliki, mungkin bagian konektornya tergores.

Pemakaian Kartu SD Sudah Lama

Sama seperti perangkat elektronik lainnya, kartu SD memiliki masa pakai sendiri. Kartu SD menjadi susah dibaca oleh ponsel ketika usianya sudah terlalu lama. Secara umum, masa pemakaian kartu memori adalah selama 4-6 tahun.

Tentunya hal tersebut juga tergantung merk kartu SD yang Anda miliki. Biasanya makin bagus maka daya tahannya semakin lama. Oleh karena itu, sangat dianjurkan agar Anda membeli merk berkualitas meskipun harganya cukup mahal.

Mengalamai Corrupt

Memory card tidak terbaca di HP Samsung bisa juga disebabkan oleh corrupt atau kesalahan konfigurasi. Untuk mengatur ulang pada file konfigurasi, Anda bisa memakai HP Drive Boot Utility. Tidak banyak orang yang menyadari akan hal ini.

HP Drive Boot Utility memiliki sejumlah fitur canggih yang akan membantu Anda memperbaiki file konfigurasi pada kartu SD. Dengan demikian memory card bisa dipakai kembali seperti sedia kala.

Lapisan Tembaga Kotor

Jika sebelumnya sudah disebutkan bahwa goresan pada lapisan tembaga bisa mempengaruhi keterbacaan kartu SD di HP, maka sekedar kotoran saja juga bisa mengganggu proses pemindaiannya. Untuk membersihkan lapisan tembaga yang kotor, Anda dapat memakai penghapus pensil.

Penghapus cukup ampuh untuk membersihkan area lapisan tembaga di kartu memori agar bebas dari kotoran.

Partisi Memori Rusak

Partisi yang rusak bisa menjadi penyebab kartu SD tidak terbaca di HP Samsung. Ini membuat proses pemindaian file menjadi terganggu dan berakhir gagal di scan. Jika memang Anda belum yakin penyebabnya, maka tidak ada salahnya mencoba menginstall Mini Tool Partition Wizard.

Tools ini bisa dipakai untuk mengatur ulang partisi kartu memori. Jika memang ada kerusakan, Mini Tool Partition Wizard akan mengembalikan partisi kartu SD sehingga bisa terbaca di ponsel.

Kartu SD Tidak Kompatibel

Membeli kartu memori tidak bisa dilakukan secara sembarangan, melainkan harus disesuaikan dengan tipe HP. Kompabilitas penting untuk diperhatikan karena mempengaruhi pemindaian file di HP.

Jika kartu SD tidak kompatibel, maka sudah sewajarnya menjadi penyebab kenapa memory card tidak terbaca.

Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca di HP Samsung

Setelah diatas kita mengetahui bersama berbagai hal yang mungkin menjadi sebab kenapa SD card tidak terbaca di HP Android, maka sekarang kita masuk pada ulasan utama tentang bagaimana cara memperbaiki SD card yang tidak terbaca. Simak baik-baik ya.

Cara Memperbaiki SD Card Yang Tidak Terbaca Tanpa Format

Sebagai langkah pertama, kita coba memasang ulang kartu memori di HP Samsung karena masalah bisa saja muncul karena kotoran. Tentu tidak boleh asal mencopot kartu SD, melainkan harus mengikuti langkah-langkah yang tepat.

Jika Anda hanya sekedar mencopot kartu SD, hal ini justru bisa membuatnya corrupt. Cara terbaik melepaskan memori di HP sebagai berikut.

  • Buka menu Settings
  • Kemudian klik opsi Device Maintenance
  • Pilih menu Storage
  • Kemudian klik More Options
  • Setelah itu, pilih Storage Settings
  • Lalu pilih SD Card
  • Selanjutnya klik Unmount

Setelah melakukan langkah-langkah diatas, matikan HP Samsung Anda. Baru setelah itu lepas kartu SD dari ponsel, lihat apakah ada kotoran menempel atau tidak. Bersihkan dahulu apabila memang ada kotorannya.

Siapkan penghapus karet berwarna putih, lalu gosokkan ke kartu SD secara perlahan. Setelah memori bersih, pasang ke HP kembali. Aktifkan HP Samsung milik Anda dan periksa apakah sudah normal atau belum.

Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca di HP Samsung

Apakah kartu memori Anda belum bisa terbaca di HP Samsung, padahal sudah dibersihkan? Untuk mengatasinya, sekarang coba pasang ke ponsel lain. Periksa apakah kartu SD tersebut bisa dibaca oleh perangkat lain atau masih gagal. Jika tidak terbaca di HP lain, maka sudah pasti memori Anda rusak.

Mengaktifkan Mode Aman

Kartu SD tidak terbaca di HP Samsung bisa juga disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga. Untuk memastikannya Anda bisa mengecek lewat mode aman atau safe mode. Langkah ini cukup efektif mengatasi masalah pada kartu memori.

Belum tahu cara masuk safe mode di HP Samsung? Kalau begitu, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Pencet dan tahan tombol Power
  • Tunggu sampai muncul Power Off (menu Daya Mati)
  • Setelah itu, klik menu Daya Mati
  • Nanti akan muncul Mode Aman
  • Klik menu Mode Aman
  • Terakhir, HP Samsung otomatis merestart
  • Kemudian masuk Mode Aman

Setelah berhasil masuk di Mode Aman, sekarang periksa apakah kartu SD berhasil dipindai ponsel atau tidak. Apabila kartu memori berhasil dibaca ketika mode aman, maka penyebab masalahnya biasanya aplikasi pihak ketiga.

Cari aplikasi yang sekiranya menyebabkan masalah dan copot pemasangannya. Kalau sudah selesai, Anda bisa keluar Mode Aman. Tekan tombol power dan tahan sampai muncul beberpa menu, klik Reboot. HP Samsung akan aktif kembali dan tidak masuk ke mode aman.

Format Kartu SD

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kartu memori tidak terbaca di HP Samsung adalah memformatnya. Namun ingat, jadikan ini sebagai opsi terakhir karena Anda bisa kehilangan semua data didalamnya.

Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Buka menu Settings di HP Samsung
  • Setelah itu pilih Device Maintenance
  • Klik opsi Storage
  • Kemudian pilih Menu
  • Klik Storage Settings
  • Pilih opsi SD Card
  • Lalu klik Format
  • Konfirmasi tindakan Anda
  • Caranya pencet Format sekali lagi
  • Tunggu proses format SD Card berlangsung
  • Selesai

Cara diatas bisa digunakan untuk mengatasi kartu SD tidak terbaca di HP Samsung tipe J2 Prime, J5, A20, J1 Ace, J2 Pro, J7 Prime, A10, A51, dan tipe lain.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi kartu SD tidak terbaca di HP Samsung. Ada beberapa cara yang bisa Anda pilih, Anda bisa mencoba satu per satu hingga ketemu kartu SD dapat terbaca lagi. Semoga informasi diatas bisa membantu. Selamat mencoba!