Kelebihan Windows 10

Advertisements
Kelebihan dan Kekurangan Windows 10
Kelebihan dan Kekurangan Windows 10

Windows terus melakukan pengembangan soal versi sistem operasi yang dimilikinya. Setelah Windows 8 dinilai sebagai salah satu yang terbaik, lalu hadir Windows 10 yang didesain untuk jangka panjang dan memiliki kinerja yang komprehensif. Seperti apa kelebihan Windows 10 dan kekurangannya?

Advertisements

Windows 10 dirilis pertama kali tahun 2015. Sejak itu, berbondong-bondong para pengguna Windows melakukan upgrade sistem operasi menggunakan Windows versi 10 ini. Terlebih karena Windows 10 bisa dipakai tanpa bayar alias gratis. Buat Anda yang juga ingin ikut pakai Windows 10, coba cek dulu seperti apa keunggulan dan kelemahannya.

Kelebihan Windows 10

Banyak yang bilang kalau Windows 10 memiliki sejuta kelebihan yang membuatnya populer ketimbang versi sebelumnya. Memang wajar, karena Microsoft melakukan banyak perbaikan pada versi yang satu ini.

Bisa Dipakai di Berbagai Perangkat

Kalau pada Windows versi sebelumnya hanya bisa dipakai pada perangkat berbasis komputer seperti notebook dan laptop. Sekarang Windows 10 kompatibel untuk semua perangkat, termasuk HP. Tapi memang masih perlu penyesuaian, karena akan lebih nyaman menggunakan Android atau iOS.

Fitur Desktop Virtual

Biasanya Windows hanya memiliki satu halaman desktop yang berisi berbagai program dan aplikasi yang dibutuhkan pengguna. Tapi ternyata pada Windows 10 Anda bisa membuat beberapa desktop virtual yang akan memudahkan Anda mencari file yang hilang dengan lebih cepat.

Fitur ini merupakan salah satu favorit pengguna. Khususnya bagi Anda yang sedang pusing karena kehilangan dokumen yang lupa disimpan di folder apa. Jadi ketika ada beberapa desktop yang muncul, maka Anda tinggal cek pada masing-masing desktop tersebut.

Canggih Maksimal dan Lebih Modern

Mengikuti perkembangan teknologi yang semakin cepat, Windows 10 juga mengadopsi berbagai fitur terkini yang canggih dan disukai para pengguna perangkat komputer. Contohnya saja fitur search preview. Dimana ketika Anda mencari keyword tertentu yang ada di dalam Windows, maka otomatis preview akan muncul.

Ada juga notepad update, yang akan memudahkan Anda membaca notepad yang dikirim dari perangkat dengan sistem operasi berbeda seperti Mac atau Linux. Dulu, Windows masih menerjemahkannya dengan bahasa yang berantakan. Tapi sekarang sudah rapi. Lalu banyak fitur canggih lainnya yang akan membantu Anda bekerja.

Surga Para Gamers

Kenapa begitu? Jawabannya adalah karena sistem operasi ini punya fitur Directx 12 yang akan terhubung dengan hardware game Anda. Jadi akan lebih nyaman bermain di layar komputer tanpa masalah, apapun jenis permainannya.

Contohnya saja, bagi gamers yang suka tampilan game Frame per Second, maka statistiknya akan lebih baik dimainkan di Windows 10 ketimbang versi Windows yang lain.

Menu Super Praktis Digunakan

Menu yang ditampilkan pada Windows 10, merupakan kolaborasi dari versi Windows 7 dan 8. Dimana tampilannya lebih mudah digunakan. Dan pastinya praktis untuk Anda para pemula yang pakai Windows 10.

Sistem Operasi Layar Sentuh

Versi Windows ini, sangat cocok untuk digunakan pada perangkat yang menggunakan teknologi layar sentuh. Makanya untuk perangkat yang ingin dipakai dengan touchscreen bisa menggunakan sistem operasi ini.

Cocok Untuk pekerja Multitasking

Anda akan lebih mudah membuka beberapa aplikasi di waktu bersamaan, tanpa harus diganggu buffering. Fitur ini lebih update ketimbang fitur yang sama di versi Windows sebelumnya. Sehingga buat para pekerja yang butuh banyak layar yang terbuka, bisa menghemat waktu saat bekerja.

Aman

Windows 10 memiliki fitur antivirus yang mumpuni, sehingga pengguna tidak perlu menambahkan fitur antivirus tambahan. Selain itu, ada juga yang namanya fitur Windows Hello sebagai pengaman perangkat.

Anda cukup menggunakan scanner retina atau sidik jari untuk menghidupkan sistem operasi. Hal ini tentu meminimalisir tangan jahil yang ingin menggunakan perangkat Anda tanpa permisi.

Aktivasi Mudah

Jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, Anda akan lebih mudah dihubungkan dengan Microsoft account. Kemudian semua aktivasi yang dilakukan akan disimpan otomatis dan bisa dipakai kapanpun Anda membutuhkannya kembali.

Kekurangan Windows 10

Ternyata dibalik kelebihan yang dimilikinya, Windows 10 juga punya beberapa kekurangan yang dikeluhkan sejumlah pengguna. Mau tahu apa saja kekurangannya itu?

Terganggu Update

Karena katanya belum pada tahap sempurna maka Windows versi 10 masih sering mengalami update. Oleh karena itulah pengguna akan lebih sering mendapat notifikasi update yang akan mengganggu waktu bekerja.

Internet Boros

Update yang harus dilakukan secara berkala sangat berimbas pada penggunaan internet yang tentunya menjadi lebih boros. Jadi bagi yang masih mengandalkan kuota internet tentu akan menambah anggaran kuota jika tetap ingin menggunakan versi ini.

Privasi Kurang Terjaga

Penggunaan data pengguna sering dilakukan tanpa konfirmasi yang jelas. Walaupun soal keamanan sudah terjamin, tapi tentunya hal tersebut akan sedikit membuat resah ketika data yang digunakan sangat spesifik.

Perlu Belajar Bagi Pemula

Buat Anda yang sudah terbiasa menggunakan versi Windows sebelumnya, akan butuh penyesuaian lebih lama ketika menggunakan Windows 10. Apalagi dengan hadirnya berbagai fitur baru yang belum pernah digunakan sebelumnya.

Semoga informasi ini membantu Anda untuk membuat keputusan, apakah tetap menggunakan Windows 10 atau bertahan dengan versi yang sudah dipakai saat ini. Coba telaah kelebihan Windows 10 dan kekurangannya, sebelum mengambil keputusan. Agar Anda mendapatkan sistem operasi terbaik sesuai kebutuhan.