Penyebab Laptop Mati Sendiri Dan Cara Mengatasinya [LENGKAP]

Laptop mati sendiri ketika dihidupkan setelah beberapa menit padahal baterai belum habis adalah pertanda ada yang tidak beres dengan laptop Anda. Jangan panik! Ketahui penyebab laptop mati sendiri dan cara mengatasinya berikut ini.

Penyebab Laptop Mati Sendiri Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Laptop Mati Sendiri Dan Cara Mengatasinya

Hal paling menyebalkan saat menggunakan laptop adalah ketika tiba-tiba laptop mati sendiri. Apalagi saat kita sedang mengerjakan tugas tertentu dan belum sempat menyimpannya. Selain membuat kesal, hal ini juga membuat pekerjaan semakin lama selesai. Jika tidak segera diatasi, laptop bisa rusak semakin parah dan membuatnya tidak bisa menyala lagi.

Beberapa masalah yang sering terjadi adalah laptop mati sendiri saat dinyalakan padahal tidak panas. Ada juga yang mati ketika di charge atau saat main game. Tapi kasus yang paling sering terjadi biasanya laptop mati saat dipakai atau tepatnya saat panas.

Jika Anda mengalami hal yang sama dengan kasus di atas, sebaiknya Anda menyimak artikel ini hingga selesai. Kami akan membahas permasalahan terkait laptop yang mati sendiri, mulai dari apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Simak penjelasan lengkapnya.

Faktor Penyebab Laptop Mati Sendiri Dan Cara Mengatasinya

Kasus laptop yang mati sendiri merupakan hal yang wajar terjadi, khususnya pada laptop yang sudah digunakan cukup lama. Hal itu bisa dikarenakan kondisi hardware yang bermasalah, terdapat file system yang corrupt atau bisa juga karena terkena virus. Berikut ini beberapa penyebab laptop sering mati yang sering ditemui dan solusinya.

Laptop Tiba-Tiba Mati Tidak Bisa Hidup Karena Terputus Dari Sumber Daya

Laptop yang tidak mendapatkan sumber daya listrik tidak akan pernah bisa menyala. Hal itu bukanlah sesuatu yang perlu diperdebatkan lagi. Oleh karena itu, jika tiba-tiba laptop Anda mati, pastikan bahwa baterai ataupun kabel charger sudah terpasang dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Tak jarang kasus laptop tiba-tiba mati tidak bisa hidup terjadi hanya karena laptop tersebut kehabisan baterai. Pemilik laptop biasanya tidak memastikan bahwa charger sudah berfungsi dengan baik. Hingga akhirnya laptop mati karena kehabisan baterai.

Solusinya adalah cek kesehatan baterai terlebih dahulu, apakah masih berfungsi secara normal atau tidak. Lakukan pengecasan dan perhatikan apakah baterai dapat terisi dengan normal. Cek juga charger laptop beserta dengan kabelnya dalam kondisi baik.

Apabila terjadi ketidaknormalan pada baterai, segera ganti dengan baterai yang baru atau Anda bisa melepasnya dan menggunakan charger tiap kali ingin menyalakan laptop. Lakukan pengecekan yang sama pada charger. Jika terjadi ketidaknormalan, segera ganti dengan charger baru dan pastikan charger baru tersebut cocok untuk laptop Anda.

Laptop Tiba-Tiba Mati Ketika Main Game Karena Overheat

Overheat biasanya terjadi karena kipas pendingin di dalam laptop sudah tidak berfungsi secara maksimal. Akibatnya, laptop menjadi terlalu panas dan menyebabkan laptop mati sendiri setelah beberapa menit. Biasanya, processor di dalam komputer sudah dirancang agar melakukan emergency shutdown atau mematikan komputer otomatis jika terjadi kondisi tertentu (dalam hal ini overheat). Hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan yang semakin parah.

Mengatasi Laptop Overheat Sehingga Mati Hidup Berulang Ulang

Mengatasi Laptop Overheat Sehingga Mati Hidup Berulang Ulang

Cara mengatasi laptop mati sendiri saat panas, bisa dengan melakukan perbaikan pada kipas pendingin yang ada di dalam laptop. Jika hal itu terlalu rumit, Anda juga bisa menggunakan kipas pendingin tambahan (cooler eksternal) yang ditaruh di bawah laptop. Alat ini bisa dibeli di toko komputer dengan harga yang cukup variatif.

Membiarkan laptop terlalu sering mengalami overheat bisa mengurangi usia pakai laptop Anda secara signifikan. Untuk itu, lakukan pencegahan agar hal ini tidak sering terjadi, apalagi jika sampai membuat laptop sering mati tiba-tiba. Ingat, laptop yang sering mati tanpa melalui cara yang normal dapat merusak komponen lainnya.

Laptop Mati Sendiri Karena RAM Rusak

Faktor berikutnya yang menyebabkan laptop tiba-tiba mati sendiri saat main game adalah karena RAM yang rusak. Hal ini bisa terjadi karena beban yang diberikan kepada laptop tersebut melebihi kemampuan optimalnya, sehingga laptop tiba-tiba mati. Beban berlebihan tersebut bisa terjadi ketika laptop digunakan untuk menjalankan aplikasi yang terlalu berat seperti game atau software tertentu.

Jika sering dibiarkan, kondisi RAM tersebut bisa semakin buruk dan akhirnya rusak. Mau tidak mau Anda harus menggantinya jika sampai hal itu terjadi.

Kerusakan Pada Processor

Selain RAM yang rusak, hal yang juga bisa meyebabkan laptop mati secara tiba-tiba adalah karena kerusakan pada processor. Kegagalan processor menjalankan tugasnya bisa membuat laptop tidak bekerja dengan baik dan dapat membuatnya laptop mati sendiri tidak bisa dinyalakan. Hal itu lantaran processor merupakan komponen yang penting di dalam komputer, layaknya otak pada manusia.

Ciri-ciri laptop dengan processor yang sudah mulai rusak biasanya laptop sering mengalami freeze. Layar laptop (screen) tidak mau menyala meski kipas ataupun hardisk sudah berjalan. Selain itu laptop tidak mau merespon input dari mouse atau keyboard.

Laptop Tiba-Tiba Mati Dan Tidak Mau Nyala Lagi Karena Motherboard Rusak

Motherboard atau mainboard merupakan papan sirkuit yang menghubungkan semua komponen dalam sistem komputer. Apabila perangkat ini mengalami kerusakan, bisa dipastikan laptop atau komputer akan terganggu, termasuk laptop yang tiba-tiba mati padahal baterai penuh.

Jika memang motherboard di laptop Anda mengalami kerusakan, sebaiknya Anda mengganti laptop tersebut dengan yang baru. Hal itu karena harga motherboard yang terbilang cukup mahal, terlebih jika garansi sudah tidak bisa diklaim lagi.

Mengatasi Laptop Nyala Mati Karena Motherboard Rusak

Mengatasi Laptop Nyala Mati Karena Motherboard Rusak

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa komponen yang bisa memicu laptop tiba-tiba mati dengan sendirinya. Komponen-komponen tersebut meliputi RAM, processor dan juga motherboard. Untuk itu, selalu cek kondisi ketiga komponen tersebut jika Anda sering mengalami permasalahan pada laptop yang sering mati.

Apabila masih bisa diperbaiki, sebaiknya segera perbaiki saja. Hal itu lantaran komputer yang sering mati tiba-tiba tanpa shut down dapat membuat bad sector pada hardisk. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi. Jika memang rusak dan harus diganti juga sebaiknya langsung diganti dengan komponen yang baru atau yang masih berfungsi dengan baik.

Jika faktor penyebab laptop mati sendiri sudah diketahui, maka Anda dapat lebih mudah menentukan langkah apa yang harus dilakukan mengatasi laptop yang sering mati sendiri.

Sistem Operasi Bermasalah Karena Virus Atau Crash

Masalah laptop mati hidup berulang-ulang juga bisa terjadi karena sistem operasi bermasalah. Biasanya hal ini terjadi karena ada file system yang corrupt atau rusak. Selain itu, file system juga bisa saja terhapus karena ulah virus.

Solusi laptop tidak panas tapi mati sendiri karena ada masalah di sistem operasi tentu dengan melakukan install ulang sistem operasi Anda. Pastikan Anda sudah melakukan back up data sebelum melakukan install ulang, khususnya di drive dimana Anda akan menginstall sistem operasi yang baru.

Penyebab lain laptop mendadak mati sendiri adalah karena daya penyimpanan baterai laptop sudah menurun drastis. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan kalibrasi laptop agar daya penyimpanan baterai laptop kembali optimal. Simak panduan lengkap Cara Kalibrasi Baterai Laptop sendiri.

Kejadian laptop tiba-tiba mati sendiri memang dapat menimpa laptop merk apa saja, baik itu ASUS, Acer, HP, Dell, Lenovo, Samsung, Toshiba, dll. Nah, yang penting sekarang laptop Anda sudah tidak mati-mati lagi kan?

Bagi Anda yang memiliki pekerjaan untuk melakukan screen capture di laptop tapi bingung caranya, Anda bisa mencoba Cara Screenshot Di Laptop Dan PC seperti yang sudah kami ulas. Dijamin pekerjaan Anda cepat beres.

Demikianlah ulasan tentang penyebab laptop mati sendiri dan cara mengatasinya. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat. Jika masalah pada laptop terus berlanjut, segera hubungi teknisi laptop terkemuka di kota Anda.

Leave a Reply