Penyebab WiFi Indihome Tidak Ada Internet dan Solusi JITU!

Advertisements
Penyebab Kenapa WiFi Indihome Tidak Ada Koneksi atau Akses Internet Hari Ini Padahal Sudah Bayar dan Cara Mengatasinya
Penyebab Kenapa WiFi Indihome Tidak Ada Koneksi atau Akses Internet Hari Ini Padahal Sudah Bayar dan Cara Mengatasinya

WiFi Indihome adalah layanan yang umum dipakai oleh masyarakat di berbagai penjuru nusantara. Anda mungkin salah satu pelanggan produk Telkomsel satu ini. Dalam pemakaian sehari-hari, pastinya tidak lepas dari masalah yang muncul sesekali atau berulangkali. Salah satunya adalah koneksi internet tidak tersedia. Yuk, kita bahas lebih lanjut tentang penyebab WiFi Indihome tidak ada internet berikut.

Koneksi internet yang bermasalah tentu saja merupakan hal wajar. Pasalnya, Indihome sendiri memakai jaringan fiber optic sehingga sering mengalami gangguan teknis. Anda tidak perlu khawatir, karena pihak Indihome senantiasa siap menangani masalah klien secepatnya.

Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab WiFi Indihome tidak ada internet. Baik itu karena masalah non-teknis ataupun masalah teknis. Dibawah ini uraian selengkapnya.

Penyebab Kenapa WiFi Indihome Tidak Ada Internet Hari Ini Padahal Sudah Bayar

Dibawah ini ada beberapa penyebab dan cara mengatasi WiFi Indihome terhubung tapi tidak ada koneksi atau akses internet. Penasaran? Langsung saja disimak ulasan berikut.

Penyebab WiFi Indihome Tidak Ada Internet Karena Sedang Gangguan Jaringan

Ketika WiFi Indihome tidak ada internet, biasa ditandai dengan munculnya icon berupa signal los berwarna merah. Kemungkinan pertama mengapa ini terjadi adalah adanya gangguan jaringan secara menyeluruh.

Hal itu berarti, bukan Anda sendiri yang koneksi WiFi-nya mengalami gangguan. Melainkan seluruh pengguna Indihome di daerah setempat. Untuk mengetahui penyebabnya lebih akurat, Anda sebaiknya segera menghubungi nomor 147.

Jika memang harus menunggu gangguan jaringan, maka Anda harus mau bersabar. Biasanya tidak butuh waktu lama untuk mengembalikan akses jaringan menjadi normal. Sama seperti layanan lain, WiFi Indihome membutuhkan waktu perbaikan untuk menjaga kualitas pelayanannya.

Cara Mengatasi WiFi Indihome Tidak Ada Koneksi Internet

Apabila Anda mengalami WiFi tidak ada akses internet, sedangkan ketika bertanya kepada pengguna lain ternyata tidak sedang gangguan jaringan, maka penyebabnya bisa karena kabel fiber optic terputus. Untuk memastikan hal ini, cobalah melihat lampu indikator di router.

Apabila ternyata lampu indikator berwarna merah dan menampilkan signal los, maka kemungkinan besar kabel fiber optic Anda putus. Jangan coba-coba memperbaikinya sendiri, karena masalah ini hanya bisa diatasi oleh teknisi Indihome.

Baca juga : Cara Mengganti Password WiFi Lewat HP Android

Oleh sebab itu, cara mengatasi WiFi Indihome tidak ada internet karena kabel terputus adalah sebaiknya melaporkan masalah lewat layanan pengaduan di aplikasi MyIndihome atau menghubungi CS di 147.

Setelah menerima laporan Anda, pihak Indihome segera mengecek ke lokasi. Jika memang kabel fiber opticnya terputus, maka akan segera diperbaiki. Dalam kasus seperti ini pelanggan tidak dikenakan biaya perbaikan sama sekali atau 100% gratis.

Kenapa WiFi Indihome Tidak Ada Internet Terjadi Gangguan Pada Router

WiFi Indihome sangatlah bergantung pada kinerja router. Router ini berfungsi untuk membagikan signal WiFi dan koneksi internet ke seluruh perangkat. Ketika router Anda tidak bekerja dengan baik, maka otomatis koneksi internetnya terganggu ke perangkat yang terhubung.

Jika tiba-tiba WiFi Indihome tidak ada internet, cobalah untuk mengecek router di rumah. Perhatikan bagaimana nyala lampu indikator, apakah normal atau berwarna merah. Apabila lampu normal, namun koneksi internet tidak tersedia coba dengan merestart lebih dahulu router tersebut.

Permasalahan ini bisa saja disebabkan oleh router yang terlalu panas. Solusinya adalah mematikan router dahulu dan menunggu sampai dingin. Baru setelah itu Anda bisa menyalakannya kembali. Periksa apakah jaringan WiFi sudah normal atau belum.

Segera hubungi CS Indihome di nomor 147 apabila WiFi masih tetap tidak ada internet. Jika ternyata router Anda rusak, maka teknisi Indihome akan segera mengganti dengan router baru. Inilah bukti bahwasannya provider berkomitmen melayani pelanggan dengan sebaik mungkin.

Pengguna WiFi Melebihi Batas

Penyebab WiFi Indihome tidak ada koneksi internet padahal sudah bayar berikutnya adalah pengguna melebihi batas. Seperti yang diketahui, Indihome menawarkan beberapa pilihan paket internet dengan kecepatan berbeda. Semakin cepat paket internet, maka semakin banyak pula perangkat yang bisa disambungkan.

Semisal WiFi Anda tiba-tiba tidak ada internet, bisa jadi karena terlalu banyak device yang terhubung. Untuk mengetahui siapa saja yang tersambung ke jaringan, Anda bisa mengecek melalui dashboard admin.

Biasanya pihak Indihome menyertakan akun untuk login ke dashboard admin router. Disana Anda bisa memantau berapa banyak perangkat terhubung. Apabila terbukti banyak device yang terhubung, putus yang sekiranya tidak dikenal.

Agar lebih aman, Anda bisa membatasi jumlah perangkat terhubung dan mengubah kata sandi WiFi. Perangkat yang terhubung secara berlebihan membuat koneksi internet menjadi tidak stabil dan menjengkelkan.

Apalagi Anda memilih paket Indihome mini dengan harga paling murah. Merahasiakan password kepada orang disekitar sebaiknya dilakukan, karena memang didesain untuk pemakaian rumahan. Itulah cara memperbaiki WiFi Indihome tidak ada internet hari ini karena kelebihan pengguna.

Tagihan yang Belum Dibayar Pengguna

Faktor terakhir yang bisa menjadi penyebab WiFi Indihome tidak ada internet adalah perihal tagihan. Mungkin saja Anda lupa jika tagihan bulan ini masih tertunggak. Kalau memang benar demikian, bukan hal mengejutkan apabila WiFi di rumah error.

Sebagai pengguna, Anda seharusnya sudah hafal apabila setiap tanggal sekian waktunya membayar tagihan Indihome. Sehingga, tidak lupa melunasinya dan bisa menikmati koneksi internet yang lancar.

Indihome menetapkan batas akhir pembayaran setiap tanggal 20. Itu berarti, Anda harus sudah melunasi tagihan paling lambat tanggal 20. Jika lebih dari batas ambang waktu, maka bisa dipastikan koneksi internet terganggu.

Ketika pelanggan telat membayar tagihan, maka bulan depan dikenakan denda sebesar 5% total tagihan atau minimum Rp. 5 ribu. Anda bisa menginstall aplikasi MyIndihome di HP kesayangan Anda dari link yang ini untuk mengecek tagihan.

Adapun pembayaran tagihan WiFi Indihome bisa dilakukan di banyak tempat. Mulai dari aplikasi MyIndihome, LinkAja, Plasa Telkom, Kantor Pos atau ke ATM. Bahkan Anda bisa membayar secara instan lewat DANA dan Shopee.

Baca juga : Aplikasi Bobol Password WiFi TERBAIK

Coba cek di MyIndihome apakah ada tagihan, kalau memang ada segera bayar di merchant favorit masing-masing. Demikianlah pembahasan ringkas mengenai beberapa penyebab kenapa WiFi Indihome tidak ada akses dan koneksi internet hari ini padahala Anda sudah bayar beserta dengan cara mengatasinya.

Setelah mengetahui faktor-faktor diatas, diharapkan Anda tidak mudah panik ketika koneksi internet mengalami error. Dengan begitu, Anda bisa menentukan langkah apa yang sebaiknya diambil untuk memperbaikinya.