Solusi WhatsApp Tidak Tersedia Untuk Sementara

Solusi WhatsApp Tidak Tersedia untuk Sementara Atau Hari Ini
Solusi WhatsApp Tidak Tersedia untuk Sementara Atau Hari Ini

WhatsApp adalah aplikasi chatting yang bisa dibilang paling banyak digunakan oleh orang-orang. Maka ketika WhatsApp mengalami gangguan semua pengguna mencari tahu solusi WhatsApp tidak tersedia untuk sementara.

Pasalnya WhatsApp tidak hanya dimanfaatkan sebagai media berkomunikasi, namun juga digunakan untuk mengirimkan tugas serta berbagai kegiatan penting lainnya. Maka ketika WhatsApp mengalami gangguan tidak dapat terbuka sementara waktu sangat mengganggu.

Kali ini kita akan mengulas berbagai solusi setelah dilekatkan dengan masing-masing penyebab. Penanganan secara tepat dapat dilakukan ketika akar permasalahannya diketahui.

Apa Penyebab Pesan WhatsApp Tidak Tersedia Untuk Sementara?

Sebenarnya permasalahan utama WhatsApp tidak dapat dibuka untuk sementara waktu bisa datang dari aplikasi itu sendiri atau dari koneksi Internetnya. Setiap penyebab yang sudah diketahui pasti dapat diselesaikan dengan solusi jitu.

Apabila koneksi internet yang bermasalah maka Anda harus melakukan perbaikan pada hal tersebut. Namun, apabila permasalahan dari handphone Anda yang menjadi sebabnya maka Anda bisa melakukan berbagai pengaturan sebagai solusi WhatsApp tidak bisa dibuka.

Secara detail, untuk mengatasi WhatsApp yang temporer sulit dibuka dapat diatasi dengan beberapa hal, seperti yang akan dibahas saat ini.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Tersedia

Ketika muncul notifikasi WhatsApp tidak tersedia maka bukan saja aktivitas berkirim foto maupun video yang lumpuh, namun obrolan juga tidak dapat dilakukan. Dari semua permasalahan dapat dikatakan error satu ini paling mengganggu.

Mengalami gangguan lainnya memang tidak lebih baik, namun setidaknya masih ada aktivitas dari WhatsApp bisa dimanfaatkan. Misalkan kendala tidak bisa mengirim foto namun bisa mengirim chatting. Tentu setidaknya hal ini tidak begitu buruk.

Lain cerita ketika aplikasi WhatsApp-nya saja tidak dapat diakses untuk sementara waktu. Jangankan untuk berkirim foto, berharap bisa melakukan chatting saja tidak mungkin.

Guna mencari solusi WhatsApp tidak tersedia untuk sementara dapat diperiksa beberapa hal di bawah ini :

Periksa Apakah WhatsApp Mengalami Gangguan?

Gangguan yang terjadi pada WhatsApp secara menyeluruh biasanya berbarengan pada gangguan yang menimpa Instagram maupun Facebook. Kejadian seperti ini ditengarai oleh satu kepemilikan dari ketika media sosial tersebut.

Untuk memastikan bahwa WhatsApp sedang gangguan, Anda dapat memeriksa berbagai berita yang secara cepat menyebar di internet.

Caranya :

  • Buka browser kesayangan Anda dari HP.
  • Ketik kata kunci “WhatsApp gangguan” pada browser.
  • Enter pencarian.
  • Periksa semua kanal berita.

Apabila hasil pencarian memuat berbagai berita secara random maka Anda dapat menyaring temuan berita tersebut. Coba ubah setelan untuk memperoleh berbagai berita terbaru dengan cara-cara seperti ini :

  • Pilih “Alat”.
  • Atur hasil pencarian menjadi update 24 jam terakhir.

Apabila ditemukan hasil pencarian WhatsApp memang sedang mengalami gangguan maka yang bisa Anda lakukan adalah menunggu. Solusi WhatsApp tidak tersedia untuk sementara yang satu ini cukup sederhana, namun Anda harus bersabar karena tidak bisa mengatur waktu perbaikan.

Periksa Koneksi Internet Anda

Permasalahan pada koneksi internet kerap menjadi akar utama yang terkadang tidak disadari oleh pengguna Whatsapp. Untuk memeriksa apakah internet anda stabil atau tidak maka coba lakukan hal di bawah ini :

Buka browser kesayangan pada handphone.
Buka salah satu alamat situs yang Anda ketahui.
Tunggu halaman tersebut termuat.
Jika halaman tidak termuat, mungkin saja jaringan sedang error.
Selesai.

Solusi mengatasi koneksi internet yang terganggu adalah dengan berpindah tempat apabila sinyal tidak mendukung. Kemudian apabila menggunakan wi-fi dan sering terjadi gangguan barangkali Anda harus berganti router.

Apabila Anda menggunakan kuota data maka berikanlah kembali apakah kartu yang Anda gunakan memang memiliki jaringan bagus pada lokasi Anda berada. Tidak menutup kemungkinan Ketika Anda berganti kartu koneksi internet menjadi lancar dan WhatsApp bisa dibuka kembali.

Clear Cache WhatsApp

Clear cache menjadi salah satu solusi WhatsApp tidak tersedia untuk sementara yang tepat akurat. Apabila error yang terjadi disebabkan oleh bug dari WhatsApp maka cukup melakukan penghapusan agar kesalahan teratasi.

Meskipun kerap dilakukan dan sudah menjadi solusi paling umum, namun kami akan tetap mengingatkan langkah-langkahnya. Caranya :

  • Buka “Setelan” dari smartphone.
  • Pilih pengaturan “Aplikasi”.
  • Cari dan pilih “WhatsApp”.
  • Pilih “Penyimpanan”.
  • Pilih “Hapus Cache”.
  • Tunggu proses clear cache.
  • Selesai.

Setelah solusi di atas diterapkan Anda secara langsung dapat menjajal kembali aplikasi WhatsApp dengan menekan ikon aplikasi chatting tersebut. Setelah itu periksa apakah WhatsApp masih tidak tersedia atau sudah tersedia dan dapat diakses seperti biasa.

Update WhatsApp

Barangkali salah satu permasalahan kenapa WhatsApp enggan membuka adalah karena versi aplikasi pada handphone Anda sudah usang. WhatsApp serta berbagai aplikasi lainnya di Play Store memang selalu membutuhkan update secara berkala.
Adapun langkah-langkah untuk melakukan update adalah :

  • Buka aplikasi Play Store.
  • Cari dan pilih aplikasi “WhatsApp”.
  • Cek apakah ada update terbaru.
  • Jika ada, tekan tombol “Update”.
  • Tunggu prosesnya update.
  • Selesai.

Apabila tidak ingin ribet, Anda dapat mengatur update otomatis pada WhatsApp ketika dibutuhkan. Hal ini menghindari kemungkinan WhatsApp tidak dapat terbuka secara sementara waktu.

Anda tidak perlu menerapkan berbagai langkah di atas apabila sudah secara otomatis Play Store melakukan update. Perlu diketahui bahwa update ini memiliki fungsi supaya aplikasi WhatsApp Anda menjalankan fitur terbaru yang disediakan pusat.

Pastikan Tanggal HP Benar

Apabila pengaturan tanggal pada handphone Anda belum diatur maka jangan abai. Hal yang dianggap kecil tersebut berdampak terhadap permasalahan WhatsApp. Anda harus memastikan handphone memiliki setting tanggal akurat agar meminimalisir gangguan.

Setting tanggal pada handphone sebenarnya sudah bisa diatur secara otomatis berdasarkan zona waktu tertentu. Namun, apabila terdapat kendala dimana settingan tanggal tidak benar maka Anda dapat menerapkan solusi WhatsApp tidak tersedia untuk sementara berikut :

  • Buka menu “Setelan” di smartphone.
  • Pilih pengaturan “Tanggal dan Waktu”.
  • Ubah pengaturan zona waktu menjadi otomatis.
  • Selesai.

Langkah di atas adalah pengaturan waktu secara otomatis. Sementara itu apabila Anda harus mengaturnya secara manual maka lakukan input berdasarkan sumber terpercaya. Anda dapat menjadikan handphone lain untuk memasukkan hari hingga detik.

WhatsApp adalah aplikasi chatting yang paling banyak digunakan berbagai kalangan. Maka ketika WhatsApp tidak dapat dibuka secara sementara, meskipun dalam kurun waktu sebentar tentu sangat mengganggu berbagai kegiatan. Untuk itu di atas dibahas sedetail mungkin berbagai solusi WhatsApp tidak tersedia untuk sementara.