Spesifikasi Minimal Windows 10

Advertisements
Spesifikasi Minimal Windows 10 Untuk Laptop Komputer dan PC
Spesifikasi Minimal Windows 10 Untuk Laptop Komputer dan PC

Windows 10 sudah semakin banyak dipakai, bahkan angka yang dirilis Microsoft menyebutkan ada 1 triliun perangkat baik laptop, komputer atau PC yang memanfaatkan sistem operasi Windows 10. Pastinya, Anda juga mau menggunakan versi terbaru Windows ini. Tapi Anda perlu mengetahui seperti apa spesifikasi minimal Windows 10.

Advertisements

Dengan memahami dan tahu seperti apa spesifikasi yang masuk kriteria penggunaan Windows 10, Anda bisa membandingkannya dengan perangkat yang akan dipakai. Apakah sudah sesuai atau perlu melakukan upgrade agar bisa masuk kriteria. Sehingga saat Windows 10 ini difungsikan, tidak akan membuat komputer, PC atau laptop menjadi lemot.

Spesifikasi Minimal Windows 10

Dilansir dari situs Microsoft, ada spesifikasi minimal yang perlu dimiliki sebuah perangkat jika ingin menggunakan Windows 10. Beberapa diantaranya adalah:

  • Memori Penyimpanan yang dimiliki komputer adalah 16 GB ke atas.
  • Processor memiliki kecepatan minimal 1 GHz, disarankan yang lebih tinggi dari angka tersebut.
  • Kartu grafis dari perangkat sudah mendukung penggunaan driver kategori WDDM dan Microsoft DirectX 9.
  • RAM yang dimiliki perangkat sebaiknya adalah RAM 1 GB untuk 32-bit atau RAM 2 GB dengan 64-bit.
  • Akses untuk membuka akun Microsoft harus ada.
  • Akses untuk terkoneksi dengan internet.

Spesifikasi diatas adalah spesifikasi minimal. Jika Anda memiliki perangkat dengan spesifikasi lebih besar dari itu tentu akan lebih baik. Bisa membuat Windows 10 berjalan lebih maksimal.

Bagaimana Dengan Spesifikasi Sistem Untuk Windows 10?

Perangkat dengan spesifikasi yang cocok tentu akan membuat Windows 10 bekerja lebih baik. Ketika ada syarat yang dibawah standar, tentu bisa menjadi masalah. Bahkan komputer, PC atau laptop bisa saja berjalan dengan lambat dan tidak berfungsi sesuai yang diinginkan.

Berikut ini, beberapa aspek penting yang harus dipenuhi komputer Anda. Tentunya sebelum memutuskan untuk menggunakan Windows 10.

Processor

Kita mulai dari processor. Dimana pada umumnya sudah banyak prosesor yang mendukung versi terbaru Windows ini. Baik itu processor terkini maupun jenis lama yang digunakan sejak versi Windows awal.

Jika jeli, Anda bisa memanfaatkan processor lama untuk memakai Windows 10. Sebagai saran, gunakan saja minimal processor yang sudah dual core. Contoh yang sudah terbukti untuk PC adalah Intel Pentium G2020. Atau Anda bisa mencari prosesor diatas tahun 2012.

RAM

Sedangkan untuk RAM, disarankan untuk menggunakan RAM yang memiliki kapasitas 2 GB untuk 32-bit, atau 4 GB untuk 64-bit. Dengan begitu Anda bisa lebih leluasa menggunakan semua fitur Windows dan meminimalkan masalah.

Bahkan ketika akan menjalankan beberapa program dalam waktu bersamaan, tidak akan menjadi masalah selama Anda memiliki spesifikasi RAM tersebut. Jadi, kalau saat ini spesifikasi RAM masih di bawah 2 GB untuk 32-bit, ada baiknya Anda melakukan upgrade sebelum pasang Windows 10.

Harddisk/SSD

Anda juga perlu memperhatikan kapasitas dari penyimpanan di komputer. Saat ini ada banyak sekali ukuran harddisk. Baik ukuran yang besar maupun ukuran yang kecil. Sebaiknya Anda memilih harddisk dengan tipe Solid State Drive (SSD) karena memiliki kecepatan yang lebih tinggi saat memproses data.

Untuk ukurannya, sebaiknya Anda memastikan kapasitas minimalnya adalah 120 GB. Sebab, sampai saat ini masih banyak SSD yang kapasitasnya hanya sekitar 30 GB. Alhasil ketika dipaksakan untuk menggunakan Windows 10 tentu akan mengalami kendala.

Ketika spesifikasi SSD terpenuhi, Anda bisa menyimpan lebih banyak aplikasi dan program penting untuk menunjang aktivitas di depan komputer. Tanpa harus takut terjadi buffering atau penuhnya folder cache yang akan menyebabkan kinerja komputer menjadi lambat.

Untuk mendapatkan performa yang lebih maksimal dari Windows 10, disarankan pakai SSD sebagai tempat penyimpanan dengan kapasitas 120 GB ke atas.

Kartu Grafis (VGA)

Video Graphic Array (VGA) juga perlu diperhatikan, jika Anda memang ingin memakai Windows 10. Hal tersebut mengingat fungsinya yang penting. Yaitu untuk merepresentasikan data grafis yang ada pada komputer Anda ke layar monitor.

Yang perlu diperhatikan adalah, apakah driver dari VGA yang digunakan sudah mendukung Windows 10 atau belum. Sebab, banyak VGA keluaran lama yang sebenarnya masih bisa digunakan untuk Windows 10. Tapi justru driver VGA-nya yang tidak mendukung untuk Windows 10.

Apa dampaknya? Tampilan monitor tidak sinkron dengan perintah komputer, bahkan banyak fitur yang terkait grafis tidak akan muncul.

Akses Internet dan Akun Microsoft

Ketersediaan akses untuk membuka akun Microsoft, akan sangat penting terutama pada pengaturan personal yang ingin dilakukan pengguna. Kalau komputer tidak mendukung hal ini, tentu tampilan hanya akan mengikuti sistem Windows tanpa bisa dilakukan perubahan sesuai yang diinginkan.

Begitu juga dengan akses internet, yang juga sangat penting pada Windows 10. Apalagi saat ini banyak aktivitas dilakukan secara online, tanpa adanya akses internet lewat fitur pada komputer maka akan sulit bagi Anda untuk melakukan berbagai aktivitas berbasis internet.

Sama saja artinya, menggunakan Windows 10 seperti menggunakan komputer jadul yang memang tak punya akses internet. Pastinya akan sangat membosankan bukan?

Contoh Spesifikasi Terbaik Untuk Windows 10

Kalau secara umum Microsoft sudah merilis spesifikasi minimal komputer yang dapat mendukung penggunaan Windows 10, maka kami merekomendasikan agar Anda menggunakan spesifikasi berikut ini.

  • Processor minimal Dual Core atau prosesor lain yang dirilis setelah tahun 2012 ke atas.
  • RAM sebaiknya menggunakan kapasitas 2 GB untuk 32-bit dan menggunakan 4 GB untuk 64-bit.
  • Media penyimpanan (Harddisk) minimal 120 GB sebaiknya gunakan yang SSD.
  • Kartu grafis (VGA) bebas menggunakan jenis apa saja, yang penting driver mendukung Windows 10 (DirectX 9).
  • Akun Microsoft sebaiknya bisa diakses.
  • Terhubung dengan internet.

Untuk akun Microsoft dan akses internet sifatnya opsional. Jika memang komputer Anda belum punya akun Microsoft dan tidak ada akses internet juga tidak masalah. Asalkan spesifikasi lainnya memenuhi kriteria.

Sekarang saatnya Anda untuk melakukan pengecekan komputer yang hendak diinstall Windows 10. Apakah sudah memiliki spesifikasi minimal Windows 10 atau belum. Jika sudah, tidak ada salahnya mencoba versi Windows 10. Tapi kalau belum memenuhi, maka sebaiknya lakukan upgrade untuk mencapai spesifikasi minimal tersebut.