Ukuran Foto Instagram Untuk Post, Feed, Story Tanpa Crop

Ukuran Foto Instagram Agar Tidak Terpotong

Ukuran Foto Instagram Agar Tidak Terpotong

Menerapkan ukuran foto Instagram yang tepat merupakan salah satu upaya untuk membuat tampilan postingan lebih menarik. Terlebih jika untuk kepentingan bisnis atau pekerjaan lainnya. Ukuran foto bukan sekadar asal unggah, namun menentukan atensi pengguna IG.

Tidak sedikit orang asal memposting foto tanpa memperhatikan ukuran, padahal sikap abai tersebut berpengaruh terhadap efek jangka panjang dari publik. Kita bicara bukan hanya soal feed, melainkan juga foto profil, unggahan story, dan juga foto untuk Instagram TV.

Bandingkan saja antara tampilan Instagram dengan foto terpotong, dengan tampilan Instagram dengan foto penuh disertai nilai estetika tinggi. Pasti orang lebih tertarik untuk melihat unggahan dengan estetika rapi disertai gambar full, apalagi jika dijadikan konten.

Daftar Ukuran Foto dan Video Instagram

Dalam menjalankan bisnis maupun kepentingan lain yang menggunakan Instagram, ukuran foto Instagram harus disesuaikan dengan tepat. Keputusan tersebut berpengaruh terhadap visualisasi foto, apakah terpotong atau tidak, kemudian blur atau tidak.

Lebih rinci mengenai penjelasan berbagai ukuran foto yang digunakan untuk Instagram dapat melirik uraian di bawah ini:

1. Ukuran Foto Profil Instagram Yang Bagus

Tampilan foto profil Instagram sama seperti WhatsApp maupun Facebook, yaitu hanya lingkaran saja. Yang membedakan adalah foto profil pada IG tidak dapat diperbesar, sehingga memang tidak banyak berpengaruh.

Ukuran Foto profil Instagram Agar Tidak Pecah

Ukuran Foto profil Instagram Agar Tidak Pecah

Tetapi, tetap saja mengurangi keindahan apabila bagian wajah atau bagian penting lainnya terpotong. Display foto profil adalah lingkaran, namun aslinya foto dalam bentuk persegi panjang selayaknya foto biasa. Jika yang dipasang foto selfie aturan dasarnya asal gambar utuh.

Sementara jika dirasa perlu mengatur ukuran foto Instagram untuk profil maka bisa diterapkan angka-angka 110 x 110 pixel, 180 x 180 pixel, dan 1080 x 1080 pixel. Jenis-jenis ukuran harus persegi, sehingga aman menghindari kemungkinan foto terpotong.

2. Ukuran Foto untuk Feed Instagram Agar Tidak Terpotong

Pernahkah Anda terkendala ketika hendak memposting foto pada feed Instagram, tetapi ada bagian terpotong? Bagian apa saja yang hilang pasti sangat mengganggu gambar secara keseluruhan. Inilah pentingnya mengetahui ukuran foto yang kompatibel untuk feed.

Ukuran Foto untuk Feed Instagram Yang Bagus

Ukuran Foto untuk Feed Instagram Yang Bagus

Posisi foto beragam maka dengan begitu ukurannya juga bervariasi. Untuk informasi jelas, Anda dapat membaca penjelasan di bawah :

Foto Horizontal

Foto posisi ini disebut lanskap, rasio yang dianjurkan adalah 1,91:1 atau 16:9. Resolusi minimum yang sangat dianjurkan adalah 600 x 400 piksel, sementara jika ingin lebih aman bisa menggunakan rasio maksimal, yaitu 1080 x 566 piksel.

Foto Vertikal

Foto vertikal disebut juga sebagai potret dengan rasio aman senilai 4:5. Untuk resolusi minimal disarankan pada angka 480 x 600 piksel, tapi jika ingin lebih aman tentu bisa menggunakan rasio maksimal dengan angka 1080 x 1350 piksel.

Foto Persegi (Kotak)

Jenis foto ini bukan hanya aman diunggah sebagai feed, namun juga baik apabila dimanfaatkan sebagai foto profil Instagram. Rasio yang disarankan adalah 1:1 dengan minimal piksel sebesar 600 x 600 atau maksimal di angka 1080 x 1080 piksel.

Setelah mengetahui informasi ukuran foto Instagram untuk berbagai kepentingan di atas, diharapkan Anda tidak lagi kebingungan kenapa Instagram menolak unggahan foto. Atau foto terunggah, tetap estetikanya tidak ada karena terpotong pada bagian-bagian tertentu.

3. Ukuran Video untuk Feed, IGTV, dan Story IG

Sekarang ini Instagram memiliki fitur TV, dimana Anda bisa mengunggah video berdurasi agak lama tanpa harus memotongnya. Namun, tentu saja ada ukuran untuk mengunggah video tersebut secara sukses.

Ukuran Video Yang Bagus Untuk IG Story

Ukuran Video Yang Bagus Untuk IG Story

Adapun detail ukuran yang harus diketahui adalah :

Foto Sampul IGTV

Khusus untuk foto sampul ketika dijadikan potret depan IGTV adalah rasio 1:1,55 dengan resolusi sebesar 420 x 654 piksel.

Video IGTV

Rasio dan resolusi video untuk IGTV bergantung pada posisi unggahan, jika vertikal maka rasionya 9:16 dengan resolusi 1080 x 1920 piksel. Sementara itu untuk unggahan video horizontal maka dibutuhkan resolusi sebesar 1920 x 1080 piksel dengan rasio 16:9.

Video Instagram Live

Khusus untuk Anda yang suka live, pastikan aspek rasio video kala live adalah 9:16 dengan resolusi senilai 1080 x 1920 piksel.

Video Instagram Story

Untuk Instagram story tidak jauh berbeda dengan unggahan video pada saat live, yaitu dibutuhkan rasio sebesar 9:16 dengan aspek resolusi senilai 1080 x 1920 piksel. Yang membedakan adalah ketika waktu digunakan pada saat live merupakan waktu asli pada saat unggah dengan limit tertentu.

Video Horizontal Instagram

Anda bisa mengambil aspek rasio Instagram dengan angka minimal di 1,91:1 atau maksimalnya ada pada angka 16:9 saja. Sementara untuk resolusinya sangat dianjurkan mencapai nilai 1080 x 607 piksel.

Video Ukuran Persegi

Untuk unggahan video berukuran persegi dapat menggunakan rasio 1:1 dengan resolusi 1080 x 1080 piksel. Lamanya waktu atau durasi video berkisar antara 2 hingga 60 detik saja.

Hal Penting Lain yang Harus Anda Ketahui

Bukan hanya ukuran foto Instagram maupun video itu sendiri yang penting dalam proses unggah konten. Di samping itu ada juga pengaturan terhadap margin supaya seluruh postingan bisa terlihat lebih menarik dan tampak jelas meskipun tidak diperbesar.

Pengaturan margin atau ukuran kanan, kiri, atas, dan bawah sangat penting terutama ketika Anda ingin menambahkan teks kecil penting di dalamnya. Bukan hanya tampilan satu unggahan, namun pengaturan margin juga berpengaruh terhadap keseluruhan unggahan.

Perhatikan Margin Pada Foto Yang Diupload

Perhatikan Margin Pada Foto Yang Diupload

Ketika muncul pertanyaan di benak Anda, seperti apa jadinya apabila unggahan foto lebih besar atau lebih kecil dari aturan? maka tidak masalah. Ketika lebih besar dari 1080 x 1080 piksel, Instagram secara otomatis akan melakukan pemotongan resolusi menjadi pas.

Baca juga Cara Melihat Foto Profil Instagram Milik Full Orang Lain Maupun Milik Sendiri.

Hanya saja ketika ukurannya jauh lebih kecil dari resolusi 100 x 100 piksel maka sudah pasti foto terunggah, akan tetapi tampilannya akan pecah atau blur. Jadi, dianjurkan mengunggah foto dengan resolusi antara 100 hingga 1080 piksel supaya aman.

Tidak semua orang mengunggah foto dalam bentuk persegi, apalagi jika fotonya beramai-ramai. Sudah pasti yang diunggah dalam bentuk persegi panjang atau HD. Sebagai informasi, Instagram akan memotong otomatis bentuk persegi panjang menjadi persegi.

Tertarik membuat feed Instagram yang instagenik? maka Anda membutuhkan informasi lebih detail dari sumber terpercaya. Keresahan ini berhubungan dengan desain grafis yang tidak bisa dipelajari dalam waktu singkat, apalagi jika tujuannya untuk jangka panjang.

Baca juga Cara Mengganti Foto Profil Instagram Yang Tidak Bisa Diganti.

Jika Anda tidak mengetahui berapa ukuran foto kemudian pada saat selesai mengunggahnya terjadi blur maka dapat dipastikan ukuran foto sangat kecil. Kemudian jika proses unggah lama sekali bisa ada dua kemungkinan, satu Instagram sedang konversi, dua koneksi internet lambat.

Instagram merupakan platform media sosial yang saat ini digandrungi seiring dengan beragamnya efek yang ditawarkan. Tidak sedikit influencer lahir dari bermain Instagram sembari mempertimbangkan ukuran foto Instagram yang tepat, mulai dari profil hingga feed.

Setelah mengetahui ukuran foto dan gambar yang bagus untuk diunggah di IG, kini tidak ada salahnya jika Anda juga mengetahui Ukuran Story Instagram yang bagus agar tidak terpotong saat diupload. Dengan begitu, akun Instagram Anda pasti akan lebih menarik untuk dilihat.

Leave a Reply