Ukuran Story Instagram di Photosop & Aplikasi Lain [cm & mm]

Ukuran Story Instagram Agar Tidak Terpotong

Ukuran Story Instagram Agar Tidak Terpotong

Instastory adalah fitur dari Instagram yang dapat dimanfaatkan untuk mengunggah foto, video, maupun teks dengan berbagai efek. Efek zoom, boomerang, handsfree, serta lainnya pasti sudah tidak asing lagi. Ternyata ada ukuran story Instagram agar unggahan terlihat bagus.

Pernahkah Anda mengunggah instastory berupa foto maupun video atau teks, ketika diunggah menggunakan handphone tertentu ukurannya pas, ketika dilihat dengan handphone lain ada bagian terpotong. Bisa jadi karena unggahan melebihi ukuran seharusnya.

Sebelum menghadirkan fitur story, Instagram seperti Facebook lama yang hanya menyediakan feed untuk mengunggah aktivitas. Perbedaan feed dengan story adalah unggahan pada story dapat terhapus otomatis jika sudah 24 jam.

Tetapi, apabila ingin menyimpan dalam waktu lama maka bisa membuat highlight dengan berbagai nama. Anda juga bisa melihat-lihat kembali story lama pada bagian arsip di halaman profil Instagram.

Ukuran Story Instagram Foto Agar Tidak Terpotong

Beberapa hal yang ditetapkan Instagram dalam hal ukuran foto untuk instastory meliputi rasio, ukuran file, serta format yang digunakan. Mudah saja untuk yang bisa aplikasi desain grafis karena dapat memanfaatkannya demi konten story IG.

Beberapa aturan yang ditetapkan Instagram mengenai ukuran story Instagram, dalam hal ini foto adalah sebagai berikut :

  • Rasio 9:16.
  • Ukuran foto 720 x 1280 pixel.
  • Dimensi foto 1080 x 1920 pixel.
  • Kompatibel dengan format JPG, PNG, dan JPEG maksimum 30 MB.

Apabila foto nampak buram maka bisa jadi yang digunakan adalah ukuran 450 x 800 pixel ke bawah. Untuk itu meskipun berhasil terunggah, sebaiknya tidak menggunakan ukuran tersebut demi estetika konten.

Ukuran Story Instagram Video Yang Bagus

Selain bisa eksis dengan mengunggah foto, Anda juga bisa mengunggah berbagai konten video pada bagian story. Tapi, ada ketentuan ukuran story Instagram berupa video yang harus diketahui.

Ini dia detailnya :

  • Rasionya 9:16.
  • Resolusi video yang disarankan adalah 720p.
  • Dimensi video yang bagus berukuran 1080 x 1920 pixel.
  • Format yang digunakan adalah MP4 atau MOV dengan ukuran maksimal 4 GB.

Demi estetika serta keberhasilan menggaet atensi para pengikut di Instagram, pastikan Anda sudah memposting video sesuai ketentuan IG. Sayang rasanya jika konten sudah bagus, tetapi gagal unggah karena ukuran tidak sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

Cara Membuat Layout Story Instagram Sendiri

Pernahkah Anda melihat unggahan Instagram teman atau siapa saja dengan layout mengesankan? Penasaran pastinya bagaimana mereka bisa memperoleh layout seperti itu. Ternyata Anda juga bisa memperolehnya melalui aplikasi desain grafis Photoshop.

Dengan mempertimbangkan ukuran story Instagram yang bagus, unggahan berupa video maupun foto atau teks dapat dibuat semenarik mungkin tampilan layoutnya.

Tertarik mencoba? Ini dia langkahnya :

  1. Buka Photoshop.
  2. Klik “File” di bagian atas.
  3. Pilih “New”.

    Buka New File Pada Software Photoshop

    Buka New File Pada Software Photoshop

  4. Muncul Jendela “New”.
  5. Isikan width 1080 pixels dengan height 1920 pixels.
  6. Ubah Resolution menjadi 72 pixels.

    Pilih Ukuran Dan Resolusi Sesuai Denngan Ukuran Story IG

    Pilih Ukuran Dan Resolusi Sesuai Denngan Ukuran Story IG

  7. Tekan tombol “Ok”.
  8. Photoshop membuat kanvas sesuai pengaturan.
  9. Klik “File” di bagian atas lagi.
  10. Pilih “Open”.
  11. Pilih gambar untuk instastory.

    Tentukan Gambar Yang Hendak Dijadikan Instastory

    Tentukan Gambar Yang Hendak Dijadikan Instastory

  12. Pilih “Move Tool”.
  13. Pindahkan gambar yang dibuka ke kanvas tadi.
  14. Atur besar kecilnya serta posisi gambar.
  15. Simpan jika sudah selesai.
  16. Klik “File”.

    Simpan Gambar Yang Sudah Selesai Di Edit Untuk Instastory

    Simpan Gambar Yang Sudah Selesai Di Edit Untuk Instastory

  17. Pilih “Save”.
  18. Beri nama serta tentukan lokasi penyimpanan.
  19. Pilih format file yang diinginkan, yaitu JPEG atau PNG.
  20. Tekan tombol “Save”.
  21. Selesai.

Terutama untuk Anda yang memiliki kepentingan pada media sosial Instagram, misalkan untuk menggaet lebih banyak pengikut tentunya tidak bisa sembarangan unggah konten. Harus dipikirkan matang-matang konten serta layoutnya agar bisa menarik atensi setinggi mungkin.

Aplikasi Template Story Instagram

Di samping layout, Instagram juga memberikan pilihan ragam template melalui aplikasi tertentu. Anda dapat mengedit tampilan postingan menjadi lebih menarik untuk mencapai target jumlah pengikut maupun menaikan popularitas akun.

Apa saja aplikasi template yang mendukung ukuran story Instagram yang bagus dan tidak terpotong? ini dia:

StoryLab

Aplikasi ini memberikan dukungan untuk menampilkan template foto dalam bentuk kolase ketika mengunggah story. Anda tidak perlu mengatur ulang karena sudah otomatis diatur. Keunggulannya memberikan berbagai efek pada foto, video, maupun tampilan teks.

Story Lab

Story Lab

Aplikasi template ini juga memiliki efek VSCO bawaan yang membuat tampilan unggahan foto maupun video menjadi jauh lebih menarik dari aslinya. Ukuran akan menyesuaikan dengan ketentuan yang diterapkan Instagram sehingga tidak perlu edit berkali-kali.

Insta Story Art

Efek yang diberikan oleh aplikasi ini cukup unik karena terdapat nuansa pernikahan, kelahiran, travelling, dan banyak lagi lainnya. Untuk urusan ukuran juga tidak perlu dipusingkan kembali karena aplikasi dengan sendirinya sudah mengatur hal tersebut.

Insta Story Art Memiliki Banyak Efek Untuk Mempercantik Story IG

Insta Story Art Memiliki Banyak Efek Untuk Mempercantik Story IG

Story Chic

Terdapat kurang lebih sebanyak 500 template dengan berbagai nuansa atau efek. Anda dapat mengaplikasikan efek blur, efek tulisan, efek warna, dan juga efek musik pada unggahan. Foto maupun video yang Anda pasang akan jauh lebih estetik dari sebelumnya.

Aplikasi StoryChic

Aplikasi StoryChic

Sesuai dengan nama aplikasinya, nantinya postingan Anda akan tampil lebih seru secara visual. Keindahan tersebut tidak terlepas dari ukuran story Instagram yang sudah otomatis disesuaikan serta berbagai sentuhan efek kekinian membuat Instagram lebih enak dipandang.

Story Art

Nyaris sama namanya seperti aplikasi sebelumnya, namun aplikasi template Instagram ini memberikan efek berbeda bagi foto maupun video unggahan Anda. Baik foto maupun video akan tampak lebih menarik dan lebih bagus secara visual ketika memanfaatkan efek yang ada.

Story Art Aplikasi Untuk Membuat Template Story Instagram

Story Art Aplikasi Untuk Membuat Template Story Instagram

Mojito

Stiker barangkali sudah disediakan langsung oleh Instagram, namun Mojito memberikan nuansa berbeda. Tidak hanya stiker, melainkan juga efek teks, filter, serta latar belakang turut meramaikan editing efek pada unggahan. Sekitar 500 template disediakan.

Mojito Untuk Membuat Template Instagram Story

Mojito Untuk Membuat Template Instagram Story

Anda dapat membuat tampilan story Instagram menjadi lebih instagramable. Apabila ingin menyimpan unggahan story dalam bentuk highlight maka hasil editing tersebut akan jauh lebih menarik dilirik daripada unggahan foto atau video serta teks seadanya.

Nichi

Aplikasi ini mengejawantahkan filosofi sesuai makna katanya, yaitu harapan dalam bahasa Jepang. Diharapkan ketika Anda memanfaatkan berbagai efek darinya dapat menjadi kenangan terbaik dalam setiap momen, baik berupa foto maupun video yang didokumentasikan.

Nichi Cocok Digunakan Oleh Influencer Instagram

Nichi Cocok Digunakan Oleh Influencer Instagram

Khusus untuk Anda yang mengelola akun untuk berbisnis atau berprofesi sebagai influencer, aplikasi Nichi ini bisa menjadi salah satu alternatif edit cepat dan bagus. Tentunya ketika postingan dijadikan kewajiban tidak bisa memakan waktu lama hanya untuk proses editing.

Story Maker

Terakhir, aplikasi penunjang ukuran story Instagram adalah Story Maker. Tidak kalah dengan berbagai aplikasi sebelumnya, ini juga memberikan banyak pilihan efek yang membuat tampilan postingan foto, teks, maupun video menjadi lebih menarik untuk dilihat pengikut.

Story Maker Memiliki Berbagai Efek Untuk Mempercantik Foto Dan Video

Story Maker Memiliki Berbagai Efek Untuk Mempercantik Foto Dan Video

Story Maker membuat unggahan instastory Anda tidak sekadar begitu-begitu saja, sama dengan pengguna Instagram lainnya. Orang juga akan penasaran bagaimana bisa Anda membuat tampilan template Instagram yang menarik untuk diikuti.

Bermain Instagram sekarang ini tidak sekadar unggah foto atau video lalu selesai. Orang-orang akan lebih menyukai unggahan dengan nilai keindahan tinggi. Berbagai aplikasi desain grafis dapat dijadikan acuan dengan keunggulan tidak perlu mengatur manual ukuran story Instagram.

Setetah mengetahui ukuran Instagram story, kini saat mengetahui juga Cara Upload Instagram Story Di PC, Komputer & Laptop. Setelah berhasil upload, lengkapi juga dengan Cara Swipe Up Instagram Stories Android Dan iPhone.

Nah jika Anda melihat story Instagram keren milik orang lain dan ingin mengunduhnya, Anda tidak perlu bingung. Gunakan Cara Download Story Instagram DIJAMIN Mudah Dan Berhasil. Dengan begitu setiap konten menarik dan kekinian dapat segera Anda download.

Leave a Reply