Aplikasi Cek IDPEL PLN Online di HP Android dan iPhone (iOS)

Advertisements
Aplikasi Cek IDPEL PLN Untuk Mengecek ID Pelanggan dan Bayar Tagihan Secara Online di HP Android dan iPhone iOS
Aplikasi Cek IDPEL PLN Untuk Mengecek ID Pelanggan dan Bayar Tagihan Secara Online di HP Android dan iPhone iOS

Aplikasi cek IDPEL PLN bisa Anda unduh sekarang juga di Google Play Store. Tidak perlu khawatir lagi ketika lupa ID Pelanggan, karena sebenarnya ada banyak cara untuk mengetahui ID tersebut. Baik itu memanfaatkan aplikasi ataupun metode yang lain. Tinggal menyesuaikan mana yang menurut Anda paling mudah dan simpel.

ID pelanggan adalah identitas pemilik meteran listrik yang dipakai untuk mengetahui seberapa besar tagihan mereka. Karena sekarang sudah zamannya serba online, begitu pula dengan membayar tagihan listrik. Nah, untuk melakukan pembayaran Anda perlu memasukkan ID Pelanggan.

Jangan khawatir ketika catatan Anda hilang atau lupa, karena sekarang bisa memantau lewat aplikasi cek IDPEL PLN. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Aplikasi Cek IDPEL PLN Untuk HP yang Serba Bisa

PLN Mobile adalah aplikasi yang didesain khusus bagi pelanggan PLN untuk mendapatkan semua informasi yang berhubungan dengan listrik secara mudah dan cepat. Salah satu yang bisa Anda ketahui lewat aplikasi ini adalah ID Pelanggan PLN.

Selain itu, didalam PLN Mobile juga tercantum nama pemilik rekening, jumlah pemakaian listrik dan biaya tagihan listrik. Informasi apapun yang dibutuhkan oleh pelanggan tersedia secara lengkap melalui aplikasi satu ini.

PLN Mobile tersedia untuk semua jenis HP, baik itu iOS maupun Android. Pelanggan yang tertarik untuk menggunakannya bisa langsung mengunduh lewat toko aplikasi di ponsel masing-masing.

PLN Mobile bukan sekedar aplikasi untuk mendapatkan informasi pelanggan saja, melainkan bisa juga dipakai beberapa transaksi berbayar. Seperti berlangganan WiFi PLN iconnect, membeli token listrik sampai mengajukan pemasangan listrik baru.

Sebelum mengakses seluruh layanan yang disediakan, Anda wajib mendaftar akun PLN Mobile terlebih dahulu. Langkah-langkah pendaftarannya kurang lebih seperti dibawah ini.

  • Pertama, buka aplikasi PLN Mobile di ponsel Anda
  • Setelah itu, klik menu Daftar Sekarang
  • Isi nama lengkap Anda
  • Masukkan nomor HP dan alamat email aktif Anda
  • Di kolom selanjutnya, Anda perlu memasukkan password untuk akun PLN Mobile
  • Kemudian klik Daftar
  • Setelah itu, Anda perlu mengisi alamat tempat tinggal dan ID Pelanggan
  • Bisa diisi 11-12 digit nomor yang berada di meteran listrik
  • Selesai

Setelah memiliki akun PLN Mobile, maka kedepannya Anda bisa mengecek semua informasi terkait meteran dengan mudah dan cepat. Termasuk jika sewaktu-waktu lupa IDPEL PLN yang dimiliki.

Kesimpulannya adalah PLN Mobile baru bisa Anda pakai sebagai aplikasi cek ID pelanggan sesudah mendaftar akun. Jika sebelumnya tidak terdaftar sebagai pengguna, maka Anda tidak bisa mengecek ID Pelanggan melalui PLN Mobile.

Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN Secara Manual

Bagi Anda yang belum login ke aplikasi PLN Mobile dan sama sekali tidak pernah membayar tagihan listrik secara online, tentu harus mengecek ID Pelanggan secara manual. Jangan khawatir, karena ada beberapa metode yang bisa langsung dicoba. Beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut.

Melihat di Meteran Listrik

Ini dia cara paling mudah untuk mengetahui ID Pelanggan PLN milik Anda. Langsung lihat di meteran listrik yang berada di bagian bawah tombol on dan off berwarna biru.

Disana sudah tertulis dengan jelas ID Pelanggan pemilik meteran tersebut. Anda bisa mencatatnya sekarang dan mendaftar PLN Mobile supaya lebih mudah mengecek sewaktu-waktu.

Semisal Anda ingin membayar tagihan listrik secara online, namun lupa ID Pelanggan dan sedang diluar rumah. Kalau sudah terdaftar di PLN Mobile, maka tinggal membukanya saja. Tidak perlu balik ke rumah dan melihat di meteran.

Melihat di Struk Tagihan Listrik

Beberapa orang terkadang memiliki meteran listrik yang jauh dari rumahnya. Itu artinya cukup ribet apabila harus keluar rumah untuk melihat ID Pelanggan di meteran listrik tadi.

Jangan khawatir, informasi ini juga tercantum di struk tagihan listrik. Anda pasti menerima struk tersebut setiap bulannya. Jadi, Anda bisa dengan mudah melihat IDPEL PLN sewaktu-waktu lupa.

Kartu Pelanggan PLN

Sebagian pelanggan PLN diberi kartu khusus yang memuat informasi berupa alamat rumah dan ID Pelanggan miliknya. Bagi Anda yang memiliki kartu pelanggan PLN maka bisa dengan mudah mengetahui ID PLN dari situ.

Namun sayang, tidak semua pelanggan memilikinya. Sehingga, Anda bisa memakai metode pertama atau kedua saja yang sudah pasti semua pelanggan memilikinya.

Itu tadi adalah pembahasan lengkap mengenai aplikasi cek IDPEL PLN yang bisa dipasang di HP Android maupun iPhone (iOS). Kehadiran PLN Mobile benar-benar memudahkan setiap pelanggan untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan atau bertransaksi layanan berbayar.