Cara Mengetahui Jawaban Google Form di HP dan PC [MUDAH!]

Advertisements
Cara Mengetahui Jawaban Google Form Yang Dikunci di Laptop, Komputer, PC Maupun HP Android dan iPhone (iOS)
Cara Mengetahui Jawaban Google Form Yang Dikunci di Laptop, Komputer, PC Maupun HP Android dan iPhone (iOS)

Cara mengetahui jawaban Google Form bukanlah sesuatu yang sulit. Sebab, ketika membuat soal menggunakan tools dari Google ini biasanya dilengkapi dengan jawaban. Sehingga tidak begitu susah untuk menemukan jawaban yang Anda butuhkan. Apabila masih bingung dan belum mengetahui, bisa menyimak uraian selengkapnya dibawah ini.

Google Formulir bukanlah sesuatu yang terasa asing lagi untuk orang-orang zaman sekarang. Di dunia pendidikan, mulai banyak guru dan bahkan dosen yang memanfaatkan Google Form. Hal itu tidak mengherankan mengingat kemudahan dalam mengaksesnya.

Guru bisa membuat soal dengan mudah, begitupun murid yang tidak ribet lagi membukanya. Jika ingin tahu cara mengetahui jawaban Google Form, mari pelajari ulasan berikut ini.

Kumpulan Cara Mengetahui Jawaban Google Form

Google Form hadir sebagai tools online yang memudahkan bagi guru dan siswa untuk melakukan kegiatan belajar mengajar. Bagi seorang guru yang membuat soal di Google Form, mereka tidak perlu lagi mencetaknya menjadi lembaran soal.

Sementara itu, siswa juga dimudahkan untuk mengerjakan soal tersebut karena bisa diakses menggunakan PC, laptop, komputer atau HP baik Android maupun iPhone dengan sistem operasi iOS.

Baca juga : Cara Membuat Google Form di HP dan Laptop Yang Menarik

Guru biasanya melengkapi soal yang mereka buat di Google Form dengan jawabannya. Hal ini bertujuan untuk mempermudah ketika ingin mengoreksi jawaban dari siswa. Nantinya akan dilakukan secara otomatis, sehingga tidak perlu mengecek secara manual.

Karena sudah dikoreksi, dengan setting kunci jawaban pada Google Form juga memungkinkan guru untuk memberi nilai otomatis. Kemudahan seperti inilah yang membuat penggunaan Google Form semakin meningkat.

Sebelum mencoba cara mengetahui jawaban Google Form dibawah ini, sangat dianjurkan bagi siswa untuk mengerjakan terlebih dahulu. Sehingga, tutorial berikut dipakai untuk mengoreksi hasilnya dan bukan mencontek.

Jika Anda ingin memakainya untuk mencontek, maka harus siap menanggung semua risikonya seorang diri.

Cara Mengetahui Jawaban Google Form di PC Maupun HP

Ada metode paling mudah bagi Anda yang ingin tahu kunci jawaban dari soal berbasis Google Form. Cara ini sangatlah mudah dan praktis, karena cukup mengubah bagian belakang URL.

Meskipun begitu mudah dan sederhana, namun sayang masih banyak orang belum menyadarinya. Dengan mengubah bagian paling akhir dari URL, maka Anda bisa segera mengetahui seperti apa jawaban dari soal-soal tersebut.

  • Pertama, silahkan Anda buka link kuis atau soal Google Form
  • Setelah itu, edit link tersebut dengan Viewform
  • Sebagai contoh, link formulir soal Anda adalah https://docs.google.com/forms/d/e/1fzipqlgd-oie64s3ou61uu_a5jf0nmx9a7cl7tmnfiyr6lz9dljk_dw/viewform
  • Silahkan ganti bagian viewform, menjadi viewanalytics
  • Yaitu menjadi https://docs.google.com/forms/d/e/1fzipqlgd-oie64s3ou61uu_a5jf0nmx9a7cl7tmnfiyr6lz9dljk_dw/viewanalytics
  • Apabila berhasil, maka jawaban Google Form otomatis muncul
  • Selesai

Penting untuk Anda ingat, bahwasannya cara hack jawaban Google Form ini hanya berlaku ketika pembuat formulir mengaktifkan opsi See Summary Charts and Text Responses.

Apabila pembuat soal tidak mengaktifkan See Summary Charts and Text Responses, maka metode ini tidak akan berhasil alias gagal.

Cara Mengetahui Jawaban Google Form Yang Dikunci di HP

Trik nomor dua ini tidak jauh berbeda dengan metode sebelumnya, yaitu Anda hanya perlu mengubah bagian tertentu di link soal Google Form. Namun, kali ini bukan bagian akhir yang perlu Anda ubah.

Melainkan bagian depan yang perlu ditambahi view-source. Tentu sangat mudah buat dilakukan dan begitu sederhana. Apabila Anda bingung, langsung ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, salin link Google Form tempat Anda mengerjakan soal
  • Setelah itu, buka aplikasi Google Chrome di HP
  • Paste link Google Form tadi, lalu buka
  • Di awal Google Form yang sudah Anda buka, tambah dengan view-source
  • Tunggu sebentar, maka informasi mengenai Google Form akan muncul di layar
  • Termasuk kunci jawaban dari soal-soal tadi
  • Selesai

Karena metodenya hampir sama persis seperti sebelumnya, maka syarat dan ketentuan yang berlaku juga tidak jauh berbeda. Dimana pembuat soal harus mengaktifkan See Summary Charts and Text Responses.

Apabila guru atau dosen menonaktifkan opsi tersebut, maka Anda tidak bisa dong mengetahui jawabannya.

Anda bisa meminta kepada guru untuk mengaktifkan See Summary Charts and Text Responses. Sehingga, tanpa perlu menunggu lama Anda bisa segera tahu bagaimana hasil ujian yang sudah dijalani.

Guru pastinya tidak keberatan membuka opsi ini apabila ujian siswa memang sudah selesai.

Menggunakan Menu Responses

Apabila cara melihat jawaban Google Form diatas ditujukan bagi para siswa, maka kali ini kami ingin membagikan tutorial bagi guru untuk mengoreksi hasil jawaban sisa-siswi.

Sebagai pembuat soal, guru pastinya memiliki kebebasan dalam mengedit Google Form. Silahkan Anda buka dahulu dokumen Google Form yang tadi dibuat, lalu klik menu Responses. Masuk menggunakan akun Google Anda.

Dengan begitu, Anda bisa melihat jawaban dari siswa yang mengerjakan Google Form tersebut. Jika menu Responses terbuka, scroll sampai kebawah.

Untuk menyimpan jawaban dari siswa, maka bisa klik view Responses on Sheet. Jika muncul beberapa pilihan menu, klik Create a New Spreadsheet, kemudian klik Create. Nantinya, Anda secara otomatis terhubung dengan Google Drive.

Memakai Browser

Apabila semua metode yang sudah dibagikan diatas masih belum bisa mendapatkan jawaban, maka Anda harus mengisi semua jawaban terlebih dahulu.

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, bahwa cara melihat jawaban Google Form diatas hanya untuk mengoreksi jawaban yang Anda kerjakan. Bukan dipakai untuk mengerjakan dari awal atau sebagai contekan.

Jika ingin mengetahui jawaban setiap soal, maka bisa memanfaatkan Google atau mesin pencari yang lain. Anda hanya perlu mengetik soal yang ingin dijawab, maka otomatis akan muncul jawabannya.

Sekarang sudah zaman modern, oleh karena itu Anda tidak boleh ketinggalan dalam memanfaatkan semua kemajuan yang ada. Begitu pula dengan segudang informasi yang disediakan oleh Google.

Baca juga : Cara Download Hasil Google Form ke Microsoft Excel

Itu tadi adalah beberapa cara mengetahui jawaban Google Form yang bisa Anda coba di HP, laptop, komputer dan PC. Kembali lagi kami ingatkan bahwa tidak ada trik khusus untuk melakukan tindakan curang atau hack jawaban Google Form. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan selamat mencoba!