Aplikasi Tes Buta Warna di HP Android [AKURAT, Gratis, Mudah Dipakai]

Aplikasi Tes Buta Warna APK Untuk HP Android Mudah Hingga Tersulit
Aplikasi Tes Buta Warna APK Untuk HP Android Mudah Hingga Tersulit

Ingin melakukan tes buta warna sendiri? Anda bisa melakukannya dengan aplikasi tes buta warna. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengetahui apakah Anda mengalami gangguan pengelihatan (khususnya dalam membedakan warna) atau tidak. Aplikasi ini dapat di instal pada HP Android dan bisa digunakan dengan mudah.

Apa Itu Buta Warna?

Buta warna sebenarnya merupakan gangguan pengelihatan yang tidak dapat membedakan warna seperti mata normal. Pada umumnya, buta warna dibedakan menjadi 2 yaitu buta warna parsial (sebagaian) dan buta warna total.

Buta warna parsial (sebagian) maksudnya ialah orang tersebut tidak dapat mengenali satu atau beberapa warna saja. Tapi masih bisa mengenali warna-warna yang lain. Misalnya, hanya tidak dapat mengenali warna kuning.

Sedangkan buta warna total ialah penderita tidak dapat membedakan semua warna.

Aplikasi Tes Buta Warna Terbaik di Android

Nah kemajuan teknologi membuat kita bisa melakukan cek buta warna secara mandiri di rumah hanya dengan menggunakan HP Android. Anda tidak perlu repot-repot pergi ke klinik mata atau menemui dokter spesialis di rumah sakit hanya untuk melakukan tes buta warna.

Nah berikut ini adalah beberapa aplikasi tes buta warna yang bisa digunakan baik online maupun offline, untuk mengetahui apakah pengelihatan seseorang termasuk sehat atau mengalami buta warna parsial atau mungkin mengalami buta warna total.

Aplikasi buta warna berikut ini dikemas dalam bentuk apk. Jadi Anda tinggal download melalui link yang kami sertakan pada setiap aplikasi, lalu instal saja file apk tersebut untuk memasangnya. Simak aplikasinya dibawah ini mulai dari yang mudah hingga yang tersulit.

Ishihara Color Blindness Test: Eye Care

Aplikasi test buta warna yang satu ini memiliki banyak fitur. Misalnya test buta warna untuk orang dewasa maupun untuk anak kecil. Selain tes buta warna, ada juga tes untuk mengetahui apakah mata silinder (astigmatisme). Ada juga fitur untuk melatih kekuatan pengelihatan mata.

Untuk fitur test buta warna, aplikasi ini memiliki soal dalam bentuk lempeng Ishihara. Lempeng ini berisi gambar angka yang tersusun dari pola lingkaran dengan warna yang berbeda-beda. Lempeng Ishihara membantu cek buta warna merah dan hijau.

Tertarik menggunakan aplikasi ini? Anda dapat segera memasangnya di HP Android dari link ini.

Tes Buta Warna Ishihara Offline

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka Anda bisa melakukan tes buta warna secara offline tanpa membutuhkan koneksi ke jaringan internet. Tentu hal ini membuat semakin praktis. Ada beragam gambar dan pola yang diberikan saat tes memakai aplikasi ini. Mulai dari gambar angka, huruf hingga hewan. Ingin menggunakannya? Segera pasang lewat link ini.

Simulasi Tes Buta Warna Baru

Selain aplikasi diatas, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Simulasi Tes Buta Warna Baru untuk mengecek kesehatan mata khususnya untuk mengetahui masalah buta warna. Melalui aplikasi ini, Anda akan diberikan pertanyaan yang harus dijawab dalam waktu 3 detik. Ada juga fitur share ke sosial media jika Anda memiliki skor sempurna. Pasang dari sini.

Tes Buta Warna Ishihara

Seperti aplikasi lainnya, dalam aplikasi Tes Buta Warna Ishihara ini Anda akan diberikan berbagai soal yang akan menguji kejelian mata. Anda akan diuji menggunakan perpaduan gambar dan warna. Setelah selesai mengikuti tes buta warna, Anda akan diberi nilai dalam bentuk prosentase. Nilai tersebut yang akan menentukan apakah Anda mengalami buta warna atau tidak. Tertarik ingin menggunakannya? Anda dapat memasang aplikasi ini dari sini.

Tes Buta Warna Lengkap

Dalam aplikasi ini, ada sekitar 16 soal yang harus Anda jawab untuk mengetahui kondisi mata apakah mengalami buta warna atau tidak. Nah Tes Buta Warna Lengkap ini akan memberikan pertanyaan secara lengkap, sehingga hasil yang didapatkan cukup akurat untuk mengidentifikasi adanya buta warna. Anda dapat segera memasangnya dari link ini.

Color Blindness Test

Seperti aplikasi buta warna yang lain, aplikasi ini juga memiliki fitur yang tidak jauh berbeda. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, maka orang dengan pengelihatan normal akan mudah mengenali angka yang ditampilkan. Sedangkan orang yang mengalami buta warna, tentu akan kesulitan dalam melihat angka yang diberikan. Pasang aplikasinya disini.

Color Blind Check

Color Blind Check merupakan aplikasi buta warna lainnya yang bisa Anda gunakan. Aplikasi ini dapat dipakai untuk mengidentifikasi buta warna baik pada orang dewasa maupun pada anak kecil. Cara memakainya sangat mudah, Anda cukup menyentuh kotak pada layar dan akan muncul warna-warna yang berbeda. Coba aplikasi Color Blind Check dari link ini.

Color Blind Test

Aplikasi berikutnya adalah Color Blind Test. Salah satu aplikasi tes buta warna gratis terbaik ini dapat membantu Anda mengetahui adanya masalah buta warna pada mata. Aplikasi ini memiliki berbagai macam model tes tentang buta warna. Ada banyak soal yang akan menguji ketelitian mata Anda. Segera pasang aplikasi Color Blind Test dari sini.

Tes Buta Warna

Dengan ukuran aplikasi yang ringan, performa aplikasi Tes Buta Warna terbilang cukup memuaskan. Ada berbagai macam soal dengan tingkatan level yang harus Anda selesaikan. Setelah selesai mengikuti tes, Anda akan diberikan skor dalam bentuk prosentase. Selain itu, ada pula informasi tentang berbagai gejala dan maupun tingkatan dalam buta warna. Ingin mencoba aplikasi ini? Anda dapat memasangnya melalui link ini.

Demikianlah beberapa rekomendasi aplikasi tes buta warna baik buta warna parsial ataupun buta warna total yang bisa Anda gunakan hanya dari HP Android. Menurut banyak sumber, aplikasi diatas sudah cukup akurat. Namun jika Anda masih kurang yakin, jangan ragu untuk segera pergi ke klinik kesehatan mata terdekat. Selamat mencoba & semoga sehat selalu!