Cara Cas HP Yang Benar Agar Baterai Tahan Lama DIJAMIN Awet

Advertisements
Cara Cas HP Yang Benar Agar Baterai Tahan Lama, Awet, Tidak Cepat Bocor dan Kembung
Cara Cas HP Yang Benar Agar Baterai Tahan Lama, Awet, Tidak Cepat Bocor dan Kembung

Cara cas HP yang benar agar baterai tahan lama penting untuk dipahami setiap orang. Pasalnya, ini menentukan seberapa awet baterai ponsel Anda digunakan. Jika Anda sekedar ngecas baterai tanpa memperhatikan langkah-langkah yang benar, maka jangan heran apabila ponsel cepat rusak. Masih banyak kok orang diluar sana yang belum memahaminya.

Ngecas baterai HP kedengarannya memang sederhana dan semua orang pasti bisa melakukan. Namun, kenyatannya tidak sedikit pemilik ponsel yang masih percaya mitos tentang pengisian baterai. Salah satunya adalah harus mengisi sampai 100% penuh.

Cara Cas HP yang Benar Agar Baterai Tahan Lama

Bagaimana, apakah Anda salah satu orang yang demikian? Simak deh cara cas HP yang benar agar baterai tahan lama dibawah ini.

Perhatikan Waktu Ngecas

Hal pertama yang harus menjadi perhatian utama Anda ketika mengecas baterai adalah waktu. Waktu ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu waktu ngecas dan waktu melepas baterai. Sudah tahukah Anda anjuran dari para ahli?

Kita mulai dari waktu ideal untuk mengecas baterai. Waktu idealnya yaitu ketika persentase menunjukkan 30%-40%, sebaiknya Anda segera mengisi baterai tersebut. Kalaupun memang tidak bisa, minimal ketika baterai 20% harus sudah dicolokkan ke pengisian daya.

Terlalu sering mengisi baterai dibawah 15% akan merusak komponen didalamnya sehingga tidak lagi awet. Apalagi sampai membiarkannya sampai 0%. Hal seperti ini sudah seharusnya Anda hindari sedini mungkin.

Nanti Anda bisa membandingkan sendiri kecepatan ngecas ketika persentase 30% dan dibawah 20%. Pasti lebih cepat yang masih tersisa di angka 30%.

Semisal baterai Anda tersisa 25% dan sedang ada pemadaman listrik. Hentikan pemakaian ponsel Anda dan lebih baik dimatikan daya.

Waktu mencabut baterai juga tidak kalah penting diperhatikan. Jangan menunggu sampai 100%, melainkan Anda sudah bisa mencabutnya ketika persentase sudah 80%.

Mengutip informasi dari laman techadvisor.com, baterai lithium-ion yang dicharge antara 80%-100% bisa mempercepat kerusakan komponen didalamnya. Agar baterai Anda awet dan bertahan lama, bisa mencabut ketika sudah 80%.

Menghindari Tempat Panas

Cara cas HP yang benar agar baterai tahan lama berikutnya adalah meletakkannya di suhu ruangan antara 25-30 derajat Celcius. Jika Anda meletakkannya di suhu yang lebih panas, maka itu bisa menyebabkan kerusakan pada komponen baterai.

Ketika ngecas baterai ponsel sebaiknya hindari tempat yang membuat ponsel Anda terpapar sinar matahari langsung. Terlebih lagi pada siang hari. Suhu panas adalah musuh utama bagi peralatan elektronik, begitu pula dengan baterai ponsel.

Selain ketika mengecas, tempat panas sebaiknya juga dihindari ketika Anda memainkan ponsel. Suhu panas akan membuat baterai ponsel cepat habis dari biasanya.

Apalagi Anda memakainya untuk bermain game di luar rumah ketika cuaca sedang panas. Jangan heran apabila baterai lebih boros dari biasanya atau bahkan ngehang karena terlalu panas.

Menggunakan Charger Original

Ini dia poin penting yang tidak boleh dilupakan oleh setiap orang. Charger original menjadi syarat utama setiap kali Anda melakukan pengisian baterai. Jangan sekali-kali menggunakan charger bukan original, karena besarnya arus listrik yang seharusnya masuk ke ponsel berbeda.

Jika charger original milik Anda ternyata rusak, maka siapkan uang lebih untuk membeli charger original. Charger KW memang murah, namun ini bisa merusak komponen baterai HP Anda dengan cepat.

Selama penggunaannya, baterai juga lebih cepat habis. Hindari pula kebiasaan sering meminjam charge HP teman yang jelas-jelas berbeda merk dan tipe.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa setiap tipe HP memiliki spesifikasi arus masuk berbeda-beda. Charger yang dipakai juga harus sesuai supaya tidak merusak baterai.

Mematikan Ponsel

Cara ngecas HP yang benar agar baterai tahan lama berikutnya adalah mematikan ponsel. Ketika smartphone dimatikan, itu berarti seluruh sistem diistirahatkan. Suhu ponsel terjaga dengan baik dan tidak terlalu panas. Kedepannya konsumsi baterai berjalan normal dan tetap awet.

Lain cerita ketika Anda ngecas HP yang dihidupkan datanya. Pada saat itu HP tetap bekerja dan bisa saja menyebabkan panas. Suhu panas inilah yang membuat CPU bekerja lebih berat dan semakin cepat menghabiskan baterai.

Selain itu, baterai HP yang dicharge dalam kondisi mati juga lebih cepat terisi. Kembali lagi karena semua sistem dihentikan sehingga pengisian baterai lebih optimal.

Hindari Power Bank dan USB Laptop

Tips terakhir yang harus Anda lakukan adalah menghindari penggunaan power bank dan USB laptop. Sumber listrik keduanya tidak stabil dan pastinya kurang recomended buat dipakai ngecas baterai ponsel.

Sesekali menggunakannya untuk keadaan darurat mungkin boleh-boleh saja. Namun bisa membahayakan apabila dipakai secara berulang.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang beberapa cara cas HP yang benar agar baterai tahan lama. Anda perlu mengingat sekaligus mempraktekkan poin-poin diatas guna mencegah kerusakan baterai sejak dini. Kebiasaan baik akan memberi dampak baik pula untuk baterai Anda kedepannya.