Cara Melihat Gaji Youtuber Dari Adsense [AKURAT] + Cara Menghitung

Advertisements
Cara Melihat Gaji Youtuber Pemula Indonesia dan Menghitung Gaji Youtuber 1 atau 2 Juta Subscriber
Cara Melihat Gaji Youtuber Pemula Indonesia dan Menghitung Gaji Youtuber 1 atau 2 Juta Subscriber

Penasaran ingin tau berapa gaji Youtuber? Anda bisa menggunakan cara melihat gaji Youtuber berukut ini untuk mengetahui pendapatan Youtuber orang lain baik yang pemula maupun yang sudah terkenal, punya 1 juta bahkan 2 juta subscriber baik di Indonesia maupun di negara lain. Simak yang berikut ini!

Advertisements

Perlu diketahui, sebenarnya ada beberapa cara yang biasa dipakai untuk mendapatkan penghasilan dari channel Youtube. Diantaranya adalah dari berjualan produk, endorsment, affiliate marketing, dan dari Google Adsense. Nah kali ini kita akan fokus untuk cek penghasilan Youtuber dari Adsense.

Cara Melihat Gaji Youtuber

Sudah bukan rahasia lagi, dengan hanya mengupload video di Youtube, orang bisa mendapatkan penghasilan bahkan dalam jumlah yang besar. Oleh karena itu tidak heran jika banyak yang penasaran ingin tau cara melihat gaji Youtuber secara akurat.

Beberapa pertanyaan yang sering muncul diantaranya seperti berapa gaji Youtuber pemula Indonesia? Berapa gaji Youtuber 1 juta subscriber? Berapa gaji Youtuber 2 juta subscriber? Bagaimana cara melihat dan menghitung pendapatan Youtuber di Android, iPhone, laptop, PC maupun komputer? Dll.

Cara Melihat Gaji Youtuber Adsense

Untuk tahu gaji Youtuber secara akurat sebenarnya cukup mudah. Ada situs web yang khusus mengulas tentang semua channel Youtube mulai dari topik, jumlah video, jumlah subscriber, hingga pendapatan. Situs ini juga memberikan data penghasilan harian, mingguan dan penghasilan bulanan dari Youtube.

Cara cek penghasilan (gaji Youtuber) dari Adsense

  • Buka situs ini dari sini
  • Tunggu hingga halaman terbuka
  • Perhatikan kotak pencarian
  • Letaknya dibagian pojok kanan atas
  • Tulis nama channel yang ingin Anda cek penghasilannya
  • Tekan Enter
  • Tunggu sebentar
  • Youtube akan menampilkan data channel tersebut
  • Anda bisa melihat berapa gaji Youtuber
  • Selesai

Seperti kami katakan diatas, Anda tidak hanya bisa mengetahui berapa gaji Youtuber Indonesia dan luar negeri, tapi Anda juga bisa melihat jumlah subscribers, perkiraan pendapatan Youtube bulanan, jumlah tonton video dalam sebulan terakhir, perkembangan subscriber maupun jumlah tonton, dll.

Dari segi penghasilan, Anda juga bisa mengetahui berapa penghasilan bulanan, berapa perkiraan gaji Youtuber selama setahun, penghasilan harian, gaji Youtuber mingguan, hingga penghasilan dalam 30 hari terakhir. Tapi penghasilan disini hanya perkiraan saja, meksipun kadang juga akurat.

Cara Menghitung Pendapatan Youtuber

Untuk bisa mulai menghasilkan uang dari Youtube melalui Google Adsense, saat ini ada peraturan dimana Anda harus memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. Setelah memenuhi persyaratan tersebut, maka channel Anda akan di review oleh pihak Youtube. Jika lolos, Anda bisa mulai mendapatkan gaji.

Untuk menghitung gaji dari Youtube, biasanya ada 2 hal yang dijadikan tolok ukur. Yang pertama adalah CPM atau Cost Per Mile. Yang maksudnya adalah penghasilan yang bisa Anda peroleh per 1000 penayangan iklan. Yang kedua adalah CPC, yaitu uang yang Anda peroleh ketika ada orang yang klik iklan.

Cara menghitung pendapatan dari Youtube tentunya juga memiliki faktor lain. Yakni dari banyaknya klik pada iklan. Intinya, semakin besar CPM, CPC, dan jumlah klik maka penghasilan Youtube yang diperoleh juga akan semakin tinggi.

Penghasilan Youtube Selain Adsense

Nyatanya tidak semua channel Youtube bisa lolos review Google Adsense. Banyak juga channel yang ditolak karena tidak mematuhi peraturan Youtube ataupun karena ada alasan lain. Nah tenang saja, karena seperti sudah dibahas diatas, ada beberapa sumber pendapatan lain yang bisa Anda gunakan di Youtube.

Endorsement

Salah satu contoh dari program endorsment adalah ketika Youtuber mempromosikan suatu produk dalam konten video yang dia buat. Promosi ini bisa dilakukan diawal video, ditengah maupun diakhir. Bisa juga dilakukan beberapa kali dalam 1 video. Bahkan ada juga video yang dibuat untuk promosi produk.

Tindakan promosi ini biasanya merupakan permintaan dari pemilik produk. Channel yang memiliki jumlah subscriber banyak, biasanya seringkali akan mendapatkan tawaran endorsment dibandingkan channel dengan jumlah subscriber yang sedikit.

Untuk mendapatkan tawaran endorsment, topik dari suatu channel juga sangat berpengaruh. Misalnya, Anda bisa membuat channel tentang kecantikan agar mendapatkan endorsment dari pemilik produk peralatan make up dan kecantikan. Pastikan channel yang Anda buat berhubungan dengan produk tertentu.

Affiliate Marketing

Sistem affiliate marketing biasanya berhubungan dengan pemasaran produk. Untuk mendapatkan uang dari internet, Anda tidak harus memilik produk sendiri karena Anda bisa menjadi seorang affiliate. Anda bisa memasarkan produk orang lain dan ketika Anda berhasil menjual produk tersebut dari channel Anda, maka Anda bisa mendapatkan komisi atas penjualan tersebut.

Biasanya Anda akan diberikan kode refferal. Dengan kode tersebut, pemilik produk affiliate marketing akan lebih mudah melakukan tracking penjualan untuk menghitung komisi dari tiap-tiap affiliate.

Berjualan

Selain beberapa cara diatas, Anda juga bisa menggunakan media Youtube untuk berjualan. Ada berbagai macam produk bisa dijual melalui video. Baik produk fisik maupun produk digital. Untuk produk fisik, Anda bahkan bisa berjualan tanpa harus memiliki produk. Caranya dengan menjadi dropshipper.

Untuk produk digital, Anda juga bisa berjualan kursus online dan sejenisnya. Anda bisa membuat konten review dari produk Anda. Anda juga bisa membuat video problem solving, dengan produk Anda menjadi solusi permasalahan yang ada.

Nah dengan ulasan cara menlihat gaji Youtuber ini, tentu Anda sudah tidak penasaran lagi tentang berapa penghasilan dan gaji Youtuber pemula Indonesia maupun Youtuber yang sudah terkenal seperti Ria Ricis. Anda bisa cek berapa gaji Youtuber 1 atau 2 juta subscriber dengan sangat mudah. Selamat mencoba!