Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100 MUDAH!

Advertisements
Bagaimana Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100 Untuk Meningkatkan Serta Menaikkan Battery Health
Bagaimana Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100 Untuk Meningkatkan Serta Menaikkan Battery Health

Cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 pasti ingin diketahui oleh setiap pengguna. Hal ini tidak mengherankan, karena baterai yang cepat habis menjadi kurang berguna. Kita perlu mengecasnya berulangkali, padahal baru sebentar memakainya. Mengingat baterai adalah komponen penting bagi sebuah smartphone, Anda perlu menjaga kesehatannya sebaik mungkin. Simak penjelasan berikut ini.

iPhone adalah ponsel ekslusif yang identik dengan banderol harganya mahal. Tidak bisa dipungkiri, bahwasannya iPhone memiliki sederet keunggulan dibandingkan Android. Salah satunya kehadiran fitur mengecek kesehatan baterai di menu Pengaturan.

Jika kesehatan baterai sudah berkurang ke nilai yang cukup rendah, Anda pasti khawatir. Yuk, simak cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 berikut.

Bagaimana Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100

Sebenarnya ada beberapa cara meningkatkan battery health iPhone menjadi 100 baik untuk seri 11 maupun lainnya. Dengan menaikkan battery health jadi 100 tentu akan membuat Anda bisa bermain iPhone dengan lebih lama. Penasaran ingin mengetahui caranya? Yuk simak yang dibawah ini.

Cara Kalibrasi Baterai iPhone Untuk Meningkatkan Battery Health

Cara pertama yang sebaiknya Anda coba adalah melakukan kalibrasi baterai iPhone. Kalibrasi berfungsi untuk normalisasi baterai agar bisa dibaca oleh sistem iPhone secara akurat dan menghindari kesalahan sistem.

Ketika Anda melakukan kalibrasi, maka sistem iPhone mampu membaca kapasitas baterai tanpa khawatir adanya kesalahan. Memang membutuhkan waktu cukup lama, namun Anda bisa mengikuti panduan singkat seperti berikut.

Baca juga : Cara Cek Nomor Seri iPhone Asli atau Palsu

Pertama-tama, gunakan iPhone Anda sampai habis dayanya dan otomatis mati. Ketika persentase baterai sisa 20% ke bawah, gunakan streaming video supaya cepat habis.

Setelah iPhone Anda mati karena kehabisan daya, segera pasang charger dan tunggu sampai menyala. Charge selama kurang lebih 3 jam.

Dengan posisi charger yang masih terhubung, hidupkan iPhone dengan menekan tombol power. Nah setelah logo Apple muncul, lepas kabel charger dari perangkat.

Meskipun kami menempatkan metode ini di urutan pertama, namun kalibrasi baterai sebenarnya kurang direkomendasikan untuk Anda coba. Sebab, untuk mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 dengan kalibrasi sangat jarang yang berhasil.

Terlebih lagi proses ini mengharuskan Anda menggunakan daya baterai sampai habis. Jika kesehatan baterai memang sudah rusak, bisa saja kalibrasi justru membuatnya lebih parah. Oleh karena itu, pikir ulang ketika Anda ingin mencoba cara kalibrasi baterai iPhone.

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100

Kesehatan baterai smartphone sangatlah dipengaruhi oleh penggunaan sehari-hari. Jika Anda ingin baterai selalu dalam kondisi prima, sebaiknya tidak membiarkan sampai lowbatt.

Notifikasi lowbatt biasanya akan muncul ketika daya baterai dibawah 20%. Kemunculannya diikuti dengan opsi mengaktifkan Battery Saver. Jika Anda menghidupkannya, maka di icon baterai menjadi berwarna kuning.

Kebiasaan membiarkan baterai lowbatt bisa mempercepat kerusakannya. Apalagi sampai membiarkan daya 0% dan mati sendiri, baru kemudian menchargenya.

Untuk mencegah kerusakan tersebut, Anda bisa segera mencharge baterai ketika sudah menunjukkan 25%. Jangan sampai menunggu notifikasi lowbatt baru dicharge.

Kebiasaan pengguna dalam memperlakukan perangkat yang dimiliki, khususnya pola charge sangat menentukan kesehatan baterai mampu bertahan berapa lama.

Menggunakan Charger iPhone Original

Mengembalikan kesehatan baterai iPhone bisa juga diusahakan dengan selalu memakai charger original. Jangan sembarangan memilih charger untuk mengisi perangkat Anda, karena lambat laun bisa berakibat fatal.

Ketika Anda menggunakan charger KW, arus listrik yang masuk ke iPhone menjadi tidak stabil. Setiap perangkat sudah memiliki ukurannya sendiri berapa arus listrik yang masuk, begitupun dengan charger.

Keduanya harus selaras supaya bisa menghasilkan arus listrik yang stabil dan sesuai kemampuan perangkat. Arus listrik yang tidak sesuai juga membuat baterai lebih boros.

Disisi lain, charger iPhone sudah pasti disesuaikan menurut perangkat masing-masing. Charger original memastikan arus listrik yang stabil dan tidak menimbulkan gangguan kepada perangkat.

Ganti Baterai iPhone Baru

Apabila semua langkah diatas sudah Anda lakukan dan masih belum berhasil, maka ada satu opsi terakhir yaitu mengganti baterai baru. Ini menjadi jalan satu-satunya ketika baterai iPhone Anda sudah dirasa sangat boros.

Untuk mengganti baterai iPhone sebaiknya dilakukan dengan hati-hati. Jangan sampai Anda salah membeli, karena ponsel iPhone Anda yang akan menjadi taruhannya.

Meskipun cara memulihkan kesehatan baterai iPhone ke 100 ini lumayan mahal, namun Anda jangan mudah tergoda dengan penawaran yang lebih murah.

Baterai iPhone yang dijual di marketplace belum tentu semua original. Jika Anda mendapat baterai KW, pada akhirnya justru bisa merusak ponsel secara keseluruhan.

Pastikan Anda hanya membeli baterai iPhone baru di service center Apple resmi. Harga baterainya memang mahal, namun sudah pasti produk yang dijual 100% original.

Baterai iPhone original tidak sekali-kali dibanderol dengan harga murah, melainkan lumayan menguras isi kantong. Namun hal ini sebanding dengan kualitasnya yang terbukti bagus.

Cara Mengecek Perangkat Dilindungi Undang-Undang Konsumen

Oh iya, sebelum membeli baterai iPhone baru Anda bisa mengecek dahulu apakah perangkat dilindungi undang-undang konsumen, AppleCare+ atau garansi. Dengan begitu Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Ikuti beberapa langkah sebagai berikut.

  • Pertama, buka website checkcoverage.apple.com/us/en/
  • Masukkan Serial Nomor di kolom yang tersedia
  • Lalu ikuti petunjuk yang muncul di layar
  • Apakah AppleCare+ tidak tersedia?
  • Anda masih bisa melakukan pergantian namun harus membayar sejumlah biaya
  • Cek lewat support.apple.com/iPhone/repair/service/battery-power
  • Kirimkan iPhone Anda ke service center terdekat
  • Tunggu proses kerja selama 3-5 hari
  • Tunggu hingga beres
  • Kesehatan baterai iPhone Anda kembali 100%
  • Selesai

Baca juga : Cara Setting Ganjil Genap di Google Maps iPhone

Demikianlah ulasan lengkap mengenai beberapa cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 untuk meningkatkan serta menaikkan battery health. Silahkan coba satu per satu sesuai dengan cara diatas. Pastikan Anda melakukannya dengan benar dan semoga berhasil.