Cara Cek VGA Laptop TANPA Ribet [Windows 10, 8, 7, dll] SEKALI KLIK!

Advertisements
Cek VGA Laptop Windows 10 dan Windows 7
Cek VGA Laptop Windows 10 dan Windows 7

Bagaimana cara cek VGA laptop? Banyak orang biasanya bingung menjawab hal ini. Untuk mengetahui merk VGA, orang bisa melihat dari stiker yang tertemptl di body laptop. Tapi untuk melihat spesifikasi VGA yang lain, sepertinya masih banyak yang belum mengetahui cara cek spesifikasi dan jenis VGA laptop.

Advertisements

Cara cek VGA di laptop Windows 10 ataupun Windows 8 dan 7 sebenarnya mudah. Kali ini kami akan membagikan caranya agar Anda dapat mengecek VGA sendiri baik tanpa software tambahan ataupun menggunakan aplikasi khusus. Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui spesifikasi VGA tanpa bongkar dan buka casing.

Cek VGA Laptop

VGA merupakan singkatan dari Video Graphic Array. Fungsi dari VGA ini adalah untuk mengolah informasi berupa data grafis yang akan ditampilkan di layar monitor laptop. Artinya, semakin berat performa grafis yang harus ditampilkan maka dibutuhkan VGA dengan kualitas yang semakin baik pula.

Karena fungsinya tersebut, VGA juga sering disebut dengan GPU atau Graphics Processing Unit. Beberapa produsen besar yang membuat VGA atau GPU antara lain AMD dan Nvidia. Selain produsen GPU, ada juga pabrik yang membuat kartu sendiri seperti EVGA, GIgabyte, ASUS, MSI, dll.

Beberapa profesi yang membutuhkan kualitas VGA yang tinggi adalah graphic desain dan video editing. Selain itu, VGA dengan spesifikasi yang bagus juga diperlukan ketika Anda hendak bermain game yang membutuhkan grafis tinggi. Penasaran ingin cek VGAp laptop sendiri? Simak yang berikut.

Mengecek VGA Laptop Windows 10, 8 dan 7

Untuk mengetahui spesifikasi VGA pada Windows 7, Windows 8 maupun Windows 10 bisa dilakukan tanpa aplikasi maupun menggunakan aplikasi. Anda dapat memilih cara yang menurut Anda paling mudah.

Cara Melihat VGA Laptop Tanpa Software

Dengan cara dibawah ini, Anda bisa langsung cek spesifikasi VGA tanpa harus download aplikasi ataupun instal software tambahan. Semua hal dibutuhkan untuk melihat spesifikasi VGA sudah tersedia dalam laptop Anda.

DxDiag

Buka jendela Run
Caranya tekan bersamaan tombol Windows dan huruf R
Ketik dxdiag pada kolom Open
Lalu tekan tombol OK
Akan muncul jendela DirectX Diagnostic Tool
Pilih tab Display
Perhatikan kotak Device
Pada bagian nama merupakan seri VGA laptop
Selesai

Task Manager

Perhatikan bagian taskbar dibawah layar laptop
Klik kanan pada taskbar
Pilih Task Manager
Pilih tab Performance
Perhatikan menu di sebelah kiri
Pilih GPU
Perhatikan kotak sebelah kanan
Akan terliha seri VGA yang Anda gunakan
Selesai

Cara Cek VGA Laptop Pakai Software

Kurang puas dengan informasi spesifikasi VGA yang disajikan? Anda dapat menggunakan bantuan software atau aplikasi untuk melihat tipe dan jenis VGA, kapasitas VGA, memory VGA, dll. Software apa saja yang bisa digunakan?

Speccy

Download dan instal aplikasi Speccy dari sini
Buka aplikasi Speccy
Aplikasi ini akan menganalisis hardware laptop
Tunggu hingga selesai
Setelah itu Speccy akan menampilkan informasi hardware dari laptop Anda
Selesai

GPU-Z

Download dan instal aplikasi GPU-Z lewat sini
Buka software GPU-Z
Akan muncul jendela yang berisi informasi hardware laptop
Selesai

Dengan aplikasi di atas, Anda tidak hanya bisa mengecek VGA laptop tapi juga bisa mengetahui spesifikasi hardware di laptop. Informasi tersebut antara lain informasi tentang Sistem Operasi yang digunakan, CPU, RAM, Motherboard, Audio, Netword, dll.

Demikianlah ulasan kami tentang Cara Cek VGA Laptop dengan mudah. Sekarang Anda sudah bisa mengecek VGA laptop sendiri dirumah. Cara di atas dapat digunakan untuk berbagai merk laptop seperti laptop ASUS, Lenovo, Acer, Dell, HP, Sony Vaio, Fujitsu, MSI, Toshiba, Samsung, dll. Selamat mencoba!