Apa Perbedaan Snapgram dan Instastory? Simak BEDANYA!

Advertisements
Apa Bedanya Snapgram dan Instastory. Inilah Perbedaan Snapgram dan Instastory
Apa Bedanya Snapgram dan Instastory. Inilah Perbedaan Snapgram dan Instastory

Bagi Anda yang menggunakan aplikasi Instagram, istilah Snapgram dan Instastory pasti sudah umum di dengar. Jadi, apa perbedaan Snapgram dan Instastory? Kedua istilah ini masih membuat para pengguna merasa bingung karena satu sama lain kedengaran berbeda.

Para pengguna Instagram pasti sering mendengar kedua istilah itu saat memakai media sosial satu ini. Pasti Anda juga sering membuat baik Snapgram dan Instastory juga. Namun, Anda sering tidak menyadari asal dari kedua istilah tersebut.

Karena itu, berikut akan dibahas secara lengkap mengenai apa itu yang dimaksud dengan Snapgram. Apa juga yang dimaksud dengan Instastory dan hal yang menjadi perbedaan keduanya.

Apa Itu Instastory?

Sebelum membahas mengenai perbedaan keduanya, Anda harus memahami terlebih dahulu apa Instastory. Sebenarnya istilah Instastory sendiri merupakan sebuah singkatan, fiturnya sendiri sebenarnya bernama Instagram Story.

Namun, karena terlalu panjang makanya disebut sebagai Instastory. Bagi Anda yang pernah menggunakan aplikasi Snapchat sebelumnya, sebenarnya fitur ini sangat mirip dengan fitur Snap pada aplikasi tersebut. Namun disebut sebagai story di Instagram.

Tidak hanya memasukkan foto, Anda dan para pengguna lain bisa memasukkan video pendek ke dalam Instastory. Selain itu, para pengguna juga bisa mengkombinasikan filter dan berbagai fitur lain di dalam Instastory agar tampilannya lebih menarik.

Durasi maksimal jenis postingan ini hanya 15 detik saja. Postingan juga tidak akan bertahan seterusnya. Karena Instastory bisa hilang dalam waktu 24 jam. Kecuali, jika para pengguna mengenal postingan atau membuatnya sebagai favorit pada profil Instagram.

Fitur ini pertama kali diluncurkan oleh pihak Instagram pada tahun 2016. Instastory termasuk salah satu pendompleng popularitas Instagram karena sangat diminati oleh para penggunanya.

Apa Itu Snapgram?

Untuk memahami perbedaan Snapgram dan Instastory, Anda juga harus memahami apa itu Snapgram. Sebenarnya Snapgram bisa dibilang merupakan Instastory juga atau setidaknya salah satu jenis postingan dari Instastory.

Istilah Snapgram terpengaruh dengan adanya fitur ini di aplikasi Snapchat. Seperti yang disebutkan sebelumnya, fitur Instastory ini sangat mirip dengan fitur Snap yang ada di aplikasi Snapchat.

Karena kemiripan itu, makanya sebagian pengguna Instagram menyebut fitur ini sebagai Snapgram. Istilah ini juga merupakan singkatan dari Snap dan Instagram, yang menunjukan fitur ini ada di Instagram tapi mirip dengan Snapchat.

Namun, penggunaan istilah Snapgram lebih merujuk ke Instastory yang berupa foto dan bukan video. Terutama, foto dengan menggunakan efek atau banyak teks di dalamnya. Untuk konten yang berupa video lebih cenderung menggunakan istilah Instastory.

Istilah ini mulai populer ketika para pengguna mulai membanding-bandingkan antara fitur Instagram Story dengan Snapchat. Namun, seiring dengan perkembangan fitur ada Instagram Story membuatnya berbeda dengan fitur yang ada di Snapchat.

Walaupun terkesan sama dengan fitur yang dimiliki oleh Snapchat, sebenarnya Instagram Story memiliki beberapa fitur yang berbeda dan lebih lengkap. Sekarang fitur pada kedua aplikasi ini sudah dianggap sebagai hal yang berbeda.

Penggunaan istilah Snapgram sekarang sudah menjadi istilah alternatif saja untuk menyebut Instagram Story. Sedangkan untuk istilah Instastory, sebenarnya merupakan singkatan dari salah satu fitur di Instagram.

Perbedaan Snapgram dan Instastory

Jadi, bisa dibilang bahwa kedua istilah ini baik Instastory maupun Snapgram merujuk pada fitur yang sama pada aplikasi Instagram. Baik menggunakan istilah Instastory atau Snapgram keduanya sama-sama benar.

Jadi, perbedaan Snapgram dan Instastory bisa dibilang tidak ada. Karena itu tidak ada yang benar maupun yang salah. Kedua istilah ini ada hanya karena adanya trend tertentu saja dalam perilisan fitur Instagram Story pada media sosial Instagram.

Sekarang Anda sudah memahami apa yang menjadi perbedaan antara kedua istilah ini. Para pengguna Instagram bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk membagikan keseharian dengan cara sekreatif mungkin.

Namun, Anda diharapkan tetap bijak dalam memposting berbagai hal di fitur Instagram Story di akun IG milik Anda. Selain tentang kehidupan pribadi, Anda juga bisa membagikan konten dengan tema informatif pada para pengikut.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan Snapgram dan Instastory. Jika Anda menemukan dua istilah itu lagi. Anda tidak perlu bingung dan bisa menganggapnya sebagai fitur yang sama. Semoga ulasan ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.