Aplikasi Pengolah Kata Terbaik SELAIN Microsoft Word [SUPER LENGKAP]

Advertisements
Contoh Aplikasi Pengolah Kata TERBAIK Selain Microsoft Word
Contoh Aplikasi Pengolah Kata TERBAIK Selain Microsoft Word

Berbicara tentang software untuk mengolah kata, tentu banyak orang sudah tidak asing lagi dengan Microsoft Word. Tapi sebenarnya apakah ada aplikasi pengolah kata selain Microsoft Word? Jawabnya adalah ada, bahkan ada banyak. Semua aplikasi tersebut juga dapat dipakai untuk mengolah kata, sama seperti Anda menggunakan aplikasi Microsoft Word.

Advertisements

Sebagian aplikasi pengolah kata tersebut dapat digunakan secara gratis. Tapi ada pula yang memberikan fitur terbatas. Jika ingin menggunakan seluruh fiturnya, Anda harus memilih versi berbayar. Dari jenisnya, ada aplikasi berbasis web yang hanya bisa dipakai secara online. Tapi ada juga aplikasi offline yang harus diinstal di PC, komputer atau laptop.

Aplikasi Pengolah Kata Selain Microsoft Word

Berikut ini ada beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengolah kata. Agar lebih mudah, kami juga memberikan link pada setiap aplikasi yang kami rekomendasikan. Link tersebut dapat berupa link download ataupun link rujukan ke aplikasi yang berbasis web. Tugas Anda hanya memilih mana aplikasi yang paling sesuai dan ingin Anda coba gunakan.

Aplikasi Pengolah Kata LibreOffice

Aplikasi ini masih berhubungan dengan aplikasi Apache OpenOffice. Mampu mengolah kata atau teks dengan banyak format. Memiliki fitur template yang mempermudah pengguna setiapkali membutuhkannya. Selain itu, ada pula fitur untuk melakukan eksport dari dokumen ke file PDF dengan mudah. Tertarik untuk menggunakannya? Download LibreOffice disini.

Contoh Aplikasi Pengolah Kata Lotus Word Pro

Aplikasi keluaran IBM ini memiliki menu yang sangat sederhana. Hanya ada 6 menu, diantaranya adalah View, Edit, File dan 3 menu umum lainnya. Menggunakan Lotus Word Pro, Anda bisa membuka file-file yang dikerjakan memakai aplikasi MS Word. Penasaran akan kinerja dari aplikasi Lotus Word Pro? Anda bisa mencoba memakainya melalui link berikut ini.

WPS Office Aplikasi Pengolah Kata Selain Microsoft Word

Merupakan salah satu aplikasi pengolah kata yang memiliki tampilan sederhana sehingga mudah untuk digunakan. Memiliki berbagai fitur pendukung yang lengkap seperti fitur eja, mode layar penuh, mode tampilan berwarna hijau yang dapat melindungi mata dari kerusakan. Dapat digunakan di semua perangkat baik desktop hingga mobile. Unduh WPS Office disini.

Notepad Contoh Aplikasi Pengolah Kata

Hampir semua orang tentu sudah mengenal aplikasi Notepad. Aplikasi bawaan sistem operasi Windows ini bisa bilang merupakan teks editor yang sangat sederhana. Dengan menggunakan Notepad, Anda juga bisa mengolah kata. Hanya saja ada banyak keterbatasan yang akan Anda temui. Bagi pengguna Windows, aplikasi ini sudah langsung terpasang pada Windows.

Zoho

Sebagai aplikasi yang sudah cukup populer, Zoho memiliki fitur-fitur unggulan. Diantaranya adalah otomatis menyimpan dokumen setelah selesai mengetik, bisa melakukan transfer file dalam ukuran besar, enkripsi, memulihkan file yang rusak, hingga adanya fitur keamanan autentifikasi dua langkah. Ingin menggunakan aplikasi Zoho ini? Pasang dari sini.

Ez Word

Aplikasi pengolah kata Ez Word dapat digunakan pada sistem operasi Linux. Bagi Anda yang menggunakan PC, komputer atau laptop dengan sistem operasi Linux, Anda bisa mencoba aplikasi ini untuk mengolah teks atau kata. Dilengkapi dengan fitur-fitur standar seperti aplikasi pengolah teks lainnya, aplikasi ini layak digunakan untuk membantu Anda.

Google Docs

Ingin menggunakan aplikasi pengolah kata gratis selain Microsoft Word? Anda bisa memakai Google Docs. Aplikasi ini terhubung dengan produk Google lainnya seperti Google Drive. Anda dapat menyimpan dokumen Anda langsung di cloud Google. Google Docs juga mendukung dokumen dengan format doc dan docx. Mau mencoba aplikasi Google Docs? Akses disini.

Corel Word Perfect

Aplikasi pengolah kata buatan Corel ini dapat digunakan pada laptop atau PC dengan sistem operasi Windows. Nah jika Anda ingin memakai aplikasi Corel Word Perfect ini, pastikan spesifikasi komputer atau laptop Anda cukup tinggi. Jika spesifikasi hardware kurang atau tidak terpenuhi, maka aplikasi ini tidak akan dapat bekerja secara maksimal.

SoftMaker FreeOffice

Menggunakan aplikasi ini, Anda bisa membuat catatan kaki, membuat bab, hingga membuat eBook dengan format EPUB atau PDF. Anda juga bisa menambahkan objek dari seperti tabel Excel dan slide Power Point. Aplikasi ini mendukung banyak format seperti DOCX, HTML, DOTX, TXT, WPD, PWD, WRI, SXW, dll. Coba gunakan aplikasi gratis ini melalui link ini.

Atlantis Word Processor

Mencari pengganti aplikasi Microsoft Word? Anda bisa menggunakan aplikasi bernama Atlantis Word processor. Mirip seperti MS Word, Anda bisa mengolah berbagai format teks disini. Aplikasi ini juga mendukung teks dengan format .rtf, .txt,.docx dan .cod. Meskipun kurang terkenal, tapi Anda tetap bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk membantu Anda.

FocusWriter

Aplikasi FocusWriter sangat cocok untuk Anda yang ingin meningkatkan produktivitas. Aplikasi ini juga memiliki fitur yang dapat memberi peringatan setelah Anda mengetikkan jumlah kata tertentu. Agar fokus, aplikasi ini juga bisa menghilangkan fitur-fitur dilayar sehingga yang nampak hanya lembar kerja saja. Tertarik memakainya? Dapatkan disini.

Werdsmith

Aplikasi ini berbasis online. Dapat diakses dari mana saja selama ada internet. Mendukung penyimpanan cloud. Aplikasi ini juga hadir dalam versi berbayar. Dengan versi berbayar, Anda dapat membagikan dokumen kepada orang lain. Kurang lebih, aplikasi ini cocok digunakan oleh mereka yang sering bekerja ditempat yang berbeda. Unduh aplikasinya disini.

OpenOffice Writer Apache

Contoh aplikasi pengolah kata yang selanjutnya adalah OpenOffice Writer Apache. Aplikasi ini memiliki tampilan klasik yang menyerupai Microsoft Word 2003. Aplikasi ini juga mendukung file dengan format docx dan doc. Anda dapat menyimpan hasil dokumen di cloud dengan memasang aplikasi tambahan seperti Google Drive. Ingin memasangnya? Dapatkan lewat sini.

WordGraph

Aplikasi yang satu ini memiliki fitur basic seperti aplikasi lainnya. Beberapa fitur lain yang menjadi kebelihannya antara lain memiliki komponen lengkap seperti bagan, tabel dan grafik. Dilengkapi juga dengan fitur pemeriksaan ejaan tapi tidak dapat berjalan otomatis. Anda harus menjalankan secara manual. Pasang aplikasi WordGraph melalui link ini.

WriteMonkey

Menginginkan aplikasi berjenis portabel? Anda bisa memakai WriteMonkey. Anda bisa menggunakan aplikasi ini tanpa perlu diinstal. Meskipun praktis, namun menu-menu di aplikasi ini cukup rumit. Selain itu, aplikasi ini juga hanya mendukung file dengan format TXT. Meski banyak keterbatasan, tapi banyak orang yang menggunakannya. Dapatkan disini.

Demikianlah rekomendasi aplikasi pengolah kata selain Microsoft Word. Nyatanya, meski MS Word lebih populer tapi ada orang yang kurang cocok untuk menggunakan aplikasi tersebut. Jika Anda termasuk orang tersebut, tentu sekarang Anda sudah tidak bingung lagi dan dapat menggunakan pilihan aplikasi di atas. Semoga ulasan ini membantu dan bermanfaat.