Cara Mengatasi Baterai Android Tidak Bisa Terisi Penuh

Cara Mengatasi Baterai Android Tidak Bisa Terisi Penuh

Cara Mengatasi Baterai Android Tidak Bisa Terisi Penuh

Jika kita mengamati, terkadang ada baterai HP Android yang gampang drop. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara memperbaiki baterai Android yang tidak bisa terisi penuh.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat orang sangat bergantung pada kehadiran sebuah smartphone. Mulai dari media sosial untuk berinteraksi dengan teman, hingga berhubungan bisnis biasa dilakukan melalui smartphone.

Misalnya saja, bisnis bisa terhambat jika pemilik usaha sulit dihubungi. Bahkan akan merepotkan jika terus menerus tidak dapat dihubungi. Terlebih karena Android mengalami masalah pada baterai.

Baterai yang bermasalah bisa membuat handphone mendadak mati. Masalah pada baterai yang sering terjadi antara lain daya baterai tidak terisi penuh meski telah diisi semalaman. Tidak jarang hal ini membuat orang uring-uringan.

Penyebab Baterai Android Tidak Bisa Terisi Penuh

Baterai merupakan salah satu komponen penting pada sebuah handphone. Pasalnya jika baterai tidak ada, perangkat smartphone tentu tidak bisa hidup. Akirnya smartphone tidak dapat dipergunakan sama sekali.

Banyak orang yang mencari handphone dengan baterai yang memiliki kapasitas daya dalam jumlah besar. Hal ini tidak salah, tapi tak dapat menjamin Android bisa berfungsi dengan normal.

Penyebab Baterai Android Tidak Bisa Terisi Penuh

Penyebab Baterai Android Tidak Bisa Terisi Penuh

Cara pemakaian yang salah tetap dapat merusak baterai. Akibatnya Android hanya dapat bertahan dalam waktu yang singkat. Ada beberapa contoh yang dapat dijadikan indikasi baterai bermasalah.

  • Daya baterai tidak awet sehingga HP cepat mati.
  • Android mati sendiri padahal baterai belum habis.
  • Meski terus diisi daya, namun tidak pernah penuh.
  • Membutuhkan waktu lama agar terisi penuh.

Selain beberapa indikasi di atas, masih banyak masalah yang menunjukkan baterai Android Anda harus segera diperbaiki. Dengan begitu tidak menimbulkan masalah dikemudian hari. Ada banyak cara memperbaiki baterai Android yang tidak bisa terisi penuh saat di cas.

Adapun permasalahan pada baterai ini bisa diakibatkan oleh berbagai macam hal. Namun biasanya diakibatkan oleh hal seperti:

  • Pemakaian yang tidak benar, misalnya terus dipakai sampai Android mati.
  • Kabel data bermasalah sehingga menimbulkan kebocoran arus.
  • Charger tidak sesuai dengan kebutuhan Android.
  • Usia baterai sudah tua.

Cara Mengatasi Baterai Android Tidak Bisa Terisi Penuh

Tahukah Anda, bahwa penggunaan power bank secara berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan pada baterai. Power bank ini dimaksudkan untuk keadaan darurat, bukan dipakai pada keadaan biasa. Penggunaan yang salah bisa membuat baterai cepat habis, bahkan tidak mau terisi sampai penuh.

Bila Android Anda sudah terlanjur bermasalah, Anda tidak perlu bingung. Segera saja ikuti cara mengatasi baterai Android yang tidak bisa terisi sampai penuh berikut ini.

Kondisi Port USB Tidak Rusak

Terkadang penyebab baterai tidak bisa diisi penuh adalah port USB yang bermasalah. Karena masalah tersebut, maka arus tidak bisa masuk secara optimal.

Kebanyakan orang mengisi daya HP Android secara sembarangan. Misalnya saat memasukkan Port USB, ada yang dilakukan dengan kasar atau tergesa-gesa.

Hal tersebut dapat menimbulkan kerusakan pada port pengisian daya. Salah satu contohnya adalah bengkok pada bagian dalam.

Jika memang bagian Port USB yang bermasalah. Anda cukup mengganti dengan yang baru. Harganya tidak terlalu mahal. Namun bila sering terjadi, akan menambah pengeluaran Anda dalam jumlah yang cukup banyak juga.

Jangan Terlalu Sering Menggunakan Power Bank

Orang sering kali salah kaprah dalam memakai power bank. Peran power bank sebenarnya sebagai sumber daya cadangan pada Android. Bukan sebagai sumber daya utama.

Lebih baik untuk mengisi daya dengan sumber yang benar. Hal di atas bisa memicu kerusakan pada baterai Android. Akibatnya baterai tidak dapat lagi diisi sampai penuh.

Hindari Terus Menerus Mengisi Baterai Android Dengan Power Bank

Hindari Terus Menerus Mengisi Baterai Android Dengan Power Bank

Pergunakan power bank pada saat tertentu saja. Khususnya saat darurat, di mana Anda tidak bisa melakukan pengisian daya pada tempat yang sesuai.

Gunakan Charger Yang Cocok

Penjualan smartphone biasanya selalu disertai dengan charger asli untuk mendukung kinerja ponsel tersebut. Charger asli ini juga membuat baterai menjadi lebih awet.

Jika Android Anda memiliki merk Samsung, lebih baik gunakan charger HP dari pabrikan yang sama. Akan lebih baik lagi jika mempergunakan bawaan asli dari pembelian dari pada membeli charger baru secera terpisah.

Charger baru, meski memiliki merek yang sama, hasilnya tidak akan optimal seperti bawaan smartphone Android yang Anda dapat dari semenjak pembelian.

Cek Kondisi Baterai

Setelah memastikan kabel data dan charger tidak bermasalah, selanjutnya cek baterai apakah kondisinya masih bagus atau tidak. Kondisi fisik baterai yang mulai menggembung menunjukkan baterai harus segera diganti. Anda dapat mengganti dengan baterai ori atau mengunakan baterai double power.

Baterai double power mampu menyimpan daya lebih besar, jadi HP Android Anda tidak lagi gampang kehabisan daya.

Pilih Kabel Data Asli (Original) Yang Berkualitas

Terkadang orang gampang tergiur oleh harga murah, sehingga dengan mudahnya membeli kabel data dengan harga murah. Padahal bisa saja kualitasnya tidak terlalu bagus.

Jangan Menggunakan Sembarang Kabel Data

Jangan Menggunakan Sembarang Kabel Data

Kabel data dengan kualitas buruk dapat menyebabkan kebocoran arus listrik saat pengisian daya. Proses pengecesan pun berjalan dengan lambat. Bahkan bisa terus menurun sampai akhirnya mati sendiri.

Lebih baik Anda membeli kabel data yang berkualitas bagus. Meski lebih mahal, tapi Anda puas dengan kualitasnya.

Pengisian Daya Tidak Terganggu

Android juga membutuhkan waktu beristirahat tanpa gangguan sama sekali selama beberapa jam. Pasalnya Android harus mengisi daya hingga penuh dan nyaman dipakai pengguna.

Namun ada beberapa orang yang tetap menggunakan HP Android meski sedang dalam keadaan diisi daya. Hal ini tentu membuat baterai tidak bisa diisi penuh sama sekali.

Aalagi jika daya yang masuk tidak sebanding dengan daya yang harus dikeluarkan oleh Android. Akibatnya isi baterai akan terus menurun, bukan malah bertambah menjadi lebih banyak.

Anda bisa membuat baterai terisi penuh bila mengecas di malam hari. Saat Anda beristirahat, baterai diisi sampai penuh. Jadi saat Anda bangun tidur, baterai HP Android pun sudah bisa digunakan.

Demikian beberapa cara mengatasi baterai Android yang tidak bisa terisi penuh dengan cara yang mudah. Bila handphone Android Anda masih bermasalah, maka bisa diserahkan pada tukang servis handphone untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba!

Leave a Reply