Cara Mengganti Nomor WhatsApp Tanpa Kehilangan Kontak

Apakah kita bisa mengganti nomor WhatsApp yang telah kita daftarkan? Bagaimana cara mengganti nomor WhatsApp tanpa ganti akun? Tanpa kehilangan kontak? Maupun tanpa menghilangkan chat history? Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Mengganti Nomor WhatsApp Dengan Nomor Baru

Cara Mengganti Nomor WhatsApp Dengan Nomor Baru

Sebagian besar dari Anda tentu setuju jika salah satu aplikasi yang wajib di install di smartphone Anda adalah aplikasi chatting WhatsApp. Untuk dapat menggunakan aplikasi WhatsApp, Anda diharuskan untuk mendaftarkan nama dan nomor HP yang Anda miliki.

Namun bagaimana jika Anda melakukan kecerobohan, yakni tidak memperpanjang nomor yang Anda pakai hingga akhirnya hangus? Hal ini tentu membingungkan karena akun WhatsApp Anda telah didaftarkan menggunakan nomor yang hangus ini.

Sebenarnya Anda dapat mengusahakan untuk mengaktifkan kembali nomor handphone Anda yang telah hangus. Caranya dengan mendatangi kantor pelayanan dari provider kartu yang Anda pakai. Namun seringkali cara ini dinilai merepotkan dan belum tentu berhasil.

Cara Mengganti Nomor WhatsApp Tanpa Menghilangkan Kontak Dan Chat

Cara lain yang patut dicoba adalah dengan mengganti nomor WhatsApp Anda. Anda tidak perlu takut untuk mengganti nomor WhatsApp karena data-data didalamnya tidak akan berubah baik itu informasi mengenai foto profil, kontak WA, group dimana Anda sudah bergabung, riwayat chatting, dll.

Semua informasi tersebut akan tetap ada, dengan catatan Anda hanya mengganti nomor handphone dan tetap memakai HP smartphone yang sama. Kalau Anda juga ganti HP, maka tidak ada jaminan kalau informasi tersebut akan tetap ada.

Persiapan Sebelum Mengganti Nomor WhatsApp

Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum Anda memulai proses mengganti nomor WhatsApp. Persiapan disini lebih untuk memastikan bahwa nomor handphone baru milik Anda bekerja dengan baik. Misalnya saja :

  1. Pastikan nomor telepon baru Anda dapat menerima pesan SMS, menerima panggilan telepon, dan dapat tersambung ke jaringan internet.
  2. Buka aplikasi WhatsApp Anda, lalu masuk ke “Menu” yang simbolnya 3 titik vertikal dipojok kanan atas. Pilih “Setelan”. Lalu pilih “Profil”. Cek didalamnya, pastikan nomor HP Anda yang hendak diganti sudah terverifikasi di WhatsApp.

Perhatian!

Beberapa hal yang perlu Anda ketahui yakni daftar kontak Anda tidak diberi informasi mengenai pergantian nomor WhatsApp yang Anda lakukan. Jadi sebelum mengganti nomor WhatsApp, lebih baik Anda memberi kabar ke teman-teman Anda bahwa Anda akan mengganti nomor WhatsApp.

Namun informasi pergantian nomor akan muncul di group yang Anda ikuti. Oleh karena itu kontak yang satu group dengan Anda akan mengetahui bawah Anda telah mengganti nomor WhatsApp.

Cara Mengganti Nomor WhatsApp Tanpa Mengganti Akun

Setelah tadi Anda melakukan persiapan untuk mengganti nomor, maka kini saatnya untuk melakukan penggantian nomor WA tanpa perlu mengganti akun. Langsung saja diikuti langkah dibawah ini :

  1. Pasang nomor Anda yang baru.
  2. Buka aplikasi WhatsApp di smartphone Android Anda.
  3. Masuk ke “Menu” yang letaknya di pojok kanan atas dengan simbol 3 titik vertikal.
  4. Pilih “Setelan”.
  5. Pilih “Akun”.
  6. Pilih “Ganti Nomor”.
  7. Isi kotak atas dengan nomor Anda yang lama.
  8. Isi kotak bawah dengan nomor Anda yang baru.
  9. Pilih “Berikutnya”.
  10. Jika Anda ingin menginformasikan perubahan nomor ke kontak Anda, maka centang “Beritahukan
  11. Kontak Saya dan Khusus”.
  12. Pilih “Selesai”.
  13. Selanjutnya verifikasi nomor baru Anda.
  14. Selesai.

Itulah tadi cara mengganti nomor WhatsApp dengan nomor baru tanpa menghilangkan kontak maupun chat. Jika ada yang kurang jelas, Anda dapat menanyakannya dikolom komentar. Selamat mencoba!

Leave a Reply