Cara Share Lokasi Di WhatsApp Android dan iPhone

Bagaimana cara share lokasi di WhatsApp dengan mudah? Simak cara share location di WhatsApp Android dan iPhone. Selain mengirimkan share lokasi, Anda juga dapat send lokasi Anda berada menggunakan aplikasi WA.

Cara Share Lokasi Di WhatsApp Android Dan iPhone Dengan Mudah

Cara Share Lokasi Di WhatsApp Android Dan iPhone Dengan Mudah

Banyak pengguna WhatsApp kerap melakukan share lokasi di WhatsApp. Namun banyak juga pengguna WA yang masih belum tahu bagaimana cara share lokasi di WhatsApp. Biasanya yang mengalami kendala saat membagikan lokasi adalah para orang tua maupun orang-orang yang baru belajar menggunakan WhatsApp.

Untuk dapat membagikan lokasi, fitur GPS pada handphone harus aktif terlebih dahulu. Peranan GPS ini nantinya terintegrasi dengan sistem di WhatsApp sehingga masing-masing akun WA dapat mengirimkan lokasi secara akurat. Oleh karena itu pastikan juga koneksi internet Anda kuat dan stabil.

Cara Share Lokasi Di WhatsApp Android & iPhone

Saat ini, kebanyakan orang merasa malas untuk mengetikkan alamat melalui WhatsApp. Mereka lebih suka mengirimkan link lokasi melalui WA yang mana jauh lebih praktis dan cepat. Karena kemudahan tersebut, maka sebaiknya Anda menguasai cara share lokasi di WhatsApp.

Oiya, cara yang akan kami sampaikan dibawah ini dapat Anda gunakan baik pada HP Android maupun HP iPhone. Yang terpenting adalah di HP Anda sudah terinstall aplikasi chat WhatsApp. Simak berikut ini beberapa cara share lokasi di WhatsApp dengan mudah.

Mengaktifkan Lokasi Di WhatsApp Dengan Mudah

Cara membagikan lokasi seperti ini sering juga disebut dengan istilah berbagi lokasi terkini. Dimana Anda dapat mengatur berapa lama pembagian lokasi tersebut dapat diakses oleh kontak terpilih. Untuk melakukannya coba ikuti beberapa langkah di bawah ini.

Cara Mengirimkan Lokasi Anda Berada Di WhatsApp

Cara Mengirimkan Lokasi Anda Berada Di WhatsApp

  1. Aktifkan GPS.
  2. Pilih ruang obrolan untuk berbagi lokasi.
  3. Sentuh ikon lampiran di samping kamera.
  4. Pilih “Lokasi”.
  5. Pilih “Berbagi Lokasi Terkini”.
  6. Tentukan durasi.
  7. Tekan “Kirim”.
  8. Selesai.

Terkadang GPS agak keliru membaca titik lokasi secara tepat. Jika hal tersebut terjadi, maka Anda perlu memastikan kembali lokasi yang ditunjukkan sebelum Anda mengirimkannya. Pastikan juga bahwa Anda sudah mengaplikasikan cara share lokasi di WhatsApp dengan benar.

Fitur berbagi lokasi pada WhatsApp ini sangat penting untuk menghindari kemungkinan tersesat saat mencari sebuah alamat yang dikirimkan oleh orang lain. Terlebih apabila pencarian lokasi dilakukan pada malam hari saat orang-orang tertidur dan tidak ada yang bisa ditanyai.

Cara Serlok Lokasi Terdekat Di WA Dengan Cepat

Terkadang untuk mengirimkan titik dimana kita benar-benar berada memang agak sulit. Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengirimkan lokasi terdekat sebagai gantinya. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk share lokasi terdekat di WhatsApp.

Cara Serlok Di Whatsapp Untuk Lokasi Terdekat

Cara Serlok Di Whatsapp Untuk Lokasi Terdekat

  1. Aktifkan GPS.
  2. Buka WhatsApp.
  3. Pilih ruang obrolan.
  4. Tap ikon di samping kamera.
  5. Pilih “Lokasi”.
  6. Pilih rekomendasi lokasi terdekat.
  7. Tentukan durasi aktif.
  8. Tekan “Kirim”.
  9. Selesai.

Jangan lupa setelah mengirimkan lokasi terdekat, berikan arahan untuk benar-benar sampai ke titik Anda berada. Terutama apabila berbagi lokasi tersebut dilakukan sebagai petunjuk jalan bagi kurir paket dan profesi sejenis lainnya.

Biasanya pada rekomendasi lokasi terdekat terdapat nama-nama tempat yang sudah pasti Anda ketahui apabila lokasinya dekat rumah. Untuk saran, sebaiknya pilihlah lokasi umum yang mudah ditemukan, seperti lapangan, sekolah dasar, aula warga, dan tempat umum lainnya.

Share Lokasi ke WA Via Google Maps

Berbeda dari kedua cara di atas, cara share lokasi di WhatsApp yang satu ini harus membuka Google Maps terlebih dahulu. Ini merupakan cara share lokasi tempat lain di WA. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Share Loc Live Whatsapp Dengan Google Map

Share Loc Live Whatsapp Dengan Google Map

  1. Aktifkan GPS.
  2. Buka Google Maps.
  3. Tap dan tahan titik lokasi Anda berada hingga muncul pin merah.
  4. Pilih “Bagikan Tempat”.
  5. Pilih ” WhatsApp”.
  6. Pilih kontak.
  7. Lokasi muncul di ruang obrolan.
  8. Tekan “Kirim”.
  9. Selesai.

Cara yang satu ini agak berbeda dari kedua cara sebelumnya. Selain untuk membagikan lokasi sendiri, Anda juga dapat membagikan lokasi tempat lain asalkan tempat tersebut sudah terlebih dahulu terbaca di Google Maps. Hal seperti ini biasanya dilakukan ketika ada janji bersama teman atau klien.

Dari ketiga cara berbagi lokasi di atas semuanya mengharuskan handphone Anda tersambung dengan GPS. Tanpa GPS yang aktif, bukan hanya kontak tujuan yang tidak mengetahui lokasi Anda, namun sedari awal juga Anda tidak akan bisa mengakses fitur berbagi lokasi.

Demikianlah cara share lokasi di WhatsApp. Manakah cara share lokasi di WhatsApp yang paling mudah menurut Anda? Kini untuk membagikan posisi satu sama lain tidak perlu lagi mengira-ngira. Teknologi sudah membawa Anda pada berbagai macam kemajuan. Sekarang tinggal kita yang memanfaatkan secara bijak dan tepat.

Malas mengetik pesan di WhatsApp? Cobalah untuk mengirimkan pesan suara Anda melalui voice note. Belum pernah menggunakan fitur ini? Silahkan ikuti Cara Menggunakan Voice Note WhatsApp dengan mudah.

Selain itu, dengan WhatsApp Anda juga bisa mengirimkan aplikasi lho. Penasaran seperti apa caranya? Langsung saja simak Cara Mengirim Aplikasi Lewat WhatsApp. Dengan begitu Anda tidak perlu pusing ketika harus mengirimkan aplikasi kepada rekan Anda.

Leave a Reply