Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah Bayar Bulanan [Terdaftar OJK]

Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah
Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah

Aplikasi Pinjaman Online Bunga – Tidak selamanya kebutuhan hidup dapat selalu terpenuhi. Ada kalanya Anda membutuhkan pinjaman berbunga rendah untuk dana darurat.

Kini proses pinjaman tidak lagi harus dilakukan secara langsung. Telah ada berbagai jenis aplikasi pinjaman online berbunga rendah. Aplikasi ini bisa diakses melalui ponsel maupun laptop.

Aplikasi semacam ini tidak hanya dikembangkan oleh perusahaan perbankan saja. Perusahaan peminjam non bank juga telah banyak yang memiliki aplikasi sejenis.

Pertimbangkan Hal Berikut Ini Sebelum Mengajukan Pinjaman Online

Aplikasi pinjaman online berbunga rendah memberikan banyak kemudahan. Namun jangan terburu-buru. Sebelum Anda mengajukan pinjaman, pertimbangkan dahulu beberapa hal berikut, agar Anda tidak kelimpungan saat membayar cicilan.

Besarnya Pendapatan Anda

Hitung dengan seksama berapa skema cicilan yang harus Anda bayar per bulan. Seharusnya total cicilan utang per bulan tidak boleh melebihi 30% dari total pendapatan dibawa pulang.

Jika saat ini total cicilan utang Anda telah mencapai limit 30%, pertimbangkan lagi untuk mengambil pinjaman baru. Mungkin Anda harus mencari cara lain kalau tidak ingin menunggak cicilan bulanan.

Adakah Pinjaman Lain Yang Belum Lunas?

Ada tidaknya pinjaman lain yang masih berjalan akan mempengaruhi pengajuan pinjaman Anda. Pihak bank atau lembaga peminjam akan melakukan BI checking untuk memastikan hal ini.

Hal yang akan mempengaruhi adalah lamanya sisa tenor pinjaman berjalan. Juga besar cicilan bulanan dan apakah ada keterlambatan dalam pembayaran.

Gunakan Dana Cadangan

Jika Anda memiliki dana cadangan, tidak ada salahnya menggunakan dana ini dibandingkan meminjam. Apalagi jika besar dana yang dibutuhkan lebih kecil dari saldo dana cadangan Anda.

Setelah memakai dana cadangan, jangan lupa untuk kembali menyisihkan pendapatan untuk menutupi penarikan tersebut.

Mencari Jalan Lain Yang Lebih Aman

Anda bisa menjual barang-barang yang tidak dipakai lagi. Misalnya baju-baju atau barang-barang yang lebih sering Anda simpan daripada dipakai.

Cara lainnya adalah dengan mengurangi besar beberapa mata anggaran. Atau mencari tambahan penghasilan untuk menutupi kebutuhan dana tersebut. Atau Anda bisa meminjam kepada orang lain. Entah keluarga atau teman dekat agar proses cicilan tidak terlalu ketat.

Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online Berbunga Rendah

Lembaga pinjaman online non-bank adalah lembaga keuangan yang sah. Selama mereka memiliki izin resmi dan berada di bawah pengawasan OJK. Perusahaan seperti ini disebut juga dengan nama fintech lending/peer-to-peer lending/P2P lending.

Hingga 16 Maret 2021 terdapat 148 perusahaan fintech lending/peer-to-peer lending/P2P lending yang terdaftar di OJK. Namun, apakah ada perusahaan sejenis yang tidak memiliki tanda daftar di OJK?

Tentu saja ada. Maka cermatilah dengan teliti latar belakang, legalitas dan kinerja perusahaan pinjaman online sebelum Anda mengajukan pinjaman.

Anda juga harus menimbang kemungkinan jika terjadi keterlambatan dalam pembayaran. Selain bunga, denda apa lagi yang dibebankan? Bagaimana prosedur penagihan? Dll.

Jika Anda telah mempertimbangkan dengan matang dan solusi keuangan Anda adalah meminjam, maka berikut ini adalah 6 jenis aplikasi pinjaman online berbunga rendah yang dapat Anda gunakan.

Kredivo

Kredivo telah berdiri sejak tahun 2016. Terdaftar di OJK dengan nama FinAccel, lembaga pinjaman ini memiliki nomor surat S-236 / NB.213 / 2018.

Kredivo menawarkan bunga yang cukup rendah, sekitar 2,6 persen per bulannya. Untuk mengajukan pinjaman juga mudah. Cukup dengan mengunduh aplikasi Kredivo dan siapkan KTP Anda.

Pinjam Yuk

Aplikasi pinjaman online Pinjam Yuk dikembangkan oleh PT. Kuaikuai Tech Indonesia. Nomor izinnya adalah KEP-2/D.05/2021.

Pinjam Yuk memiliki dua produk yaitu Pinjaman Cepat dan PInjaman UMKM/Produktif. Pinjaman cepat cocok untuk Anda yang sedang butuh dana darurat. Sedangkan pinjaman UMKM untuk mengembangkan usaha kecil.

Keduanya membebankan bunga rendah yang dihitung secara harian. Syarat mengajukan pinjaman adalah dengan mengunduh aplikasinya di Playstore dan menyiapkan kartu identitas.

Anda haruslah WNI berusia 18 tahun ke atas, memiliki pendapatan sendiri dan punya rekening bank. Maka proses pengajuan pinjaman akan diselesaikan dalam dua jam saja.

Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah Julo

Aplikasi pinjaman dengan nama unik ini dikembangkan oleh PT. Juli Teknologi Finansial. Tanda Bukti Daftar di OJK adalah KEP – 16/D.05/2020.

Julo menawarkan tiga produk utama. Yaitu Julo Mini, Julo Cicil dan Julo Agunan. Ketiganya memiliki bunga rendah. Yaitu 10% untuk Julo Mini dan 4% untuk Julo Cicil.

Adapun Julo Agunan tidak dikenakan bunga. Namun membutuhkan BPKB kendaraan atau sertifikat bangunan untuk jaminannya.

Untuk meminjam di Julo Anda harus berusia antara 21 hingga 60 tahun. Memiliki penghasilan minimal Rp2 juta rupiah dan berprofesi sebagai PNS atau karyawan swasta.

Aplikasi Pinjaman Online Bunga UangME

UangME adalah fintech dan nama aplikasi pinjaman yang baru berdiri di tahun ini. Izin dari OJK bernomor KEP-4/D.05/2021 dengan nama PT Uangme Fintek Indonesia.

UangME menawarkan pinjaman tunai secara online dengan limit rendah, yaitu antara Rp 400.000,00 hingga Rp 4.000.000,00. Bunga yang dikenakan adalah 0,79% per hari dan biaya layanan 0,2% per hari.

Peminjam di UangME harus berusia minimal 21 tahun, berpenghasilan tetap dan memiliki rekening bank.

TunaiKita

TunaiKita adalah aplikasi pinjaman online yang memiliki dua produk. Pertama adalah Sakti dan kedua bertajuk Fast. Bunga yang dibebankan adalah sekitar 0,4 hingga 0,8 persen per hari.

Jika Anda ingin meminjam di TunaiKita, Anda harus berusia minimal 21 tahun, WNI dan berdomisili di Jabodetabek. Anda juga harus memiliki NPWP, KTP, dan rekening bank lokal.

TuniaKita memiliki Tanda Bukti Daftar S-3973/NB.111/2017 di OJK dengan nama PT Digital Tunai Kita.