Cara Daftar Jadi Penerima Bansos Kemensos TANPA RIBET. Segera DAFTAR!

Cara Daftar Jadi Penerima Bansos Kemensos Tanpa Ribet
Cara Daftar Jadi Penerima Bansos Kemensos Tanpa Ribet

Sudah sering dengar Bansos turun tapi belum terdaftar? Yuk segera cari cara daftar jadi penerima Bansos dari Kemensos jika Anda memenuhi syarat. Bansos atau bantuan sosial sendiri merupakan pemberian bantuan dari pemerintah daerah berupa uang ataupun barang kepada individu atau kelompok/masyarakat dan diberikan secara selektif.

Aplikasi Cek Bansos dan Fitur Terbarunya

Saat ini masyarakat atau calon/penerima Bansos lebih dimudahkan dengan adanya aplikasi dari Kemensos bernama “Aplikasi Cek Bansos.” Aplikasi dari Kementerian Sosial Republik Indonesia ini bisa Anda gunakan untuk melihat bansos BST, BPNT, serta Bansos PKH.

Bahkan baru-baru ini aplikasi tersebut mengeluarkan fitur terbarunya yaitu fitur “Usul” dan fitur “Sanggah.” Fitur tersebut bertujuan memberikan sanggahan terhadap penerimaan bansos yang tidak sesuai dan mengusulkan diri sendiri, tetangga, atau orang lain yang memenuhi kriteria.

Cara Daftar Jadi Penerima Bansos Kemensos Secara Online

Bagi Anda yang belum mendaftar atau ingin mendaftar penerima lain, Anda bisa download dulu aplikasinya. Aplikasinya sangat ringan kok, karena hanya berukuran 5,20 MB dan baru saja diupdate pada 24 Agustus kemarin. Nah, bagi yang mendaftar melalui aplikasi, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pertama, unduh dulu Aplikasi Cek Bansos di Playstore. Pastikan Aplikasi yang diunduh adalah aplikasi yang resmi. Lihatlah pada deskripsi aplikasi, apakah dikeluarkan oleh Kementerian Sosial atau bukan.
  2. Setelah itu Install Aplikasi tersebut.
  3. Sebelum menggunakan aplikasi tersebut, lakukan registrasi terlebih dahulu agar bisa mendapatkan ID resmi yang terverifikasi oleh admin Kemensos. Jangan lupa untuk menyiapkan KTP, NIK, dan Nomor Kartu Keluarga.
  4. Setelah disetujui dan diaktivasi oleh admin, Anda bisa mengakses menu dalam Aplikasi Cek Bansos.
  5. Kemudian jika ingin mendaftar diri atau orang lain untuk menjadi penerima Bansos, klik menu “Daftar Usulan” dan langsung tambah usulan. Anda sebagai pengusul atau pemilik akun juga bisa mendaftarkan bansos untuk orang lain. Jika yang diusulkan keluarga sendiri, pastikan masih dalam satu KK yang sama dengan Anda.
  6. Pada kolom isian menu Usulan tersebut, Anda harus memasukkan data yang sama dengan data kependudukannya atau isi seperti pada menu Registrasi. Data harus sesuai karena nanti akan dicocokkan dengan data Dukcapil.
  7. Jika data atau NIK yang didaftarkan terdapat di data DTKS, maka nanti akan muncul pilihan menu “Pilih Jenis Bansos”.
  8. Setelah itu, pilihlah jenis Bansos sesuai kebutuhan.
  9. Kemudian ikuti arahan selanjutnya dari admin aplikasi tersebut.
  10. Selesai.

Fitur Sanggahan dan Fitur Lain dari Aplikasi Cek Bansos

Selain untuk melihat data penerima Bansos dan mendaftarkan peserta penerima bansos, Anda juga memanfaatkan fitur “Tanggapan Kelayakan” untuk menyanggah hal-hal dalam penerimaan bansos yang menurut Anda mencurigakan atau menyimpang. Saat melapor, pastikan Anda mengisi alasan atau pernyataan dengan jelas.

Selanjutnya dalam Aplikasi Cek Bansos ada Menu Profil yang berisi username dan profil Bantuan Sosial pemilik akun yang menampilkan status apakah pemilik akun terdaftar sebagai penerima bansos jenis apa. Apakah bansos BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) atau PKH (Program Keluarga Harapan).

Kemudian pada menu Profil Keluarga juga akan menampilkan daftar keluarga Anda yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Namun jika data dalam profil tersebut tidak sesuai, Anda bisa menyanggahnya.

Bagaimana, caranya mudah bukan? Selain mencari cara daftar jadi penerima Bansos Kemensos, Anda juga ikut serta dalam melaporkan atau menanggapi jalannya penerimaan Bansos yang tidak sesuai atau terdapat pungli bansos di dalamnya.