Cara Membuat Stiker WhatsApp Di Android Dan iPhone (iOS)

Bagaimana cara membuat stiker WhatsApp? Berikut ini ada cara yang mudah dan juga cocok bagi Anda yang bosan dengan stiker bawaan WA. Buat stiker WhatsApp dengan foto wajah sendiri baik di smartphone Android maupun iOS.

Cara Membuat Stiker WhatsApp Dengan Mudah

Cara Membuat Stiker WhatsApp Dengan Mudah

Sudah sejak lama aplikasi-aplikasi Messenger ternama memberikan fitur paket stiker. Mulai dari WeChat, Line, hingga WhatsApp menyediakan fitur paket stiker agar aktivitas chatting menjadi semakin menyenangkan. Pada kesempatan kali ini kami akan khusus mengulas tentang bagaimana cara membuat stiker di aplikasi WhatsApp messanger.

Fitur stiker ini mulai muncul di aplikasi WhatsApp sejak bulan Oktober 2018. Untuk memuaskan para pemakainya, WhatsApp memang melakukan banyak penambahan fitur baru. Beberapa diantaranya ialah fitur durasi penghapusan pesan, video call untuk banyak user, serta fitur stiker ini.

Fitur stiker yang diberikan WhatsApp dapat dinikmati baik oleh pengguna handphone Android dan juga pengguna iPhone dengan iOS nya. WhatsApp memberikan beberapa paket stiker yang dapat digunakan secara gratis. Namun Anda juga bisa membuat stiker WhatsApp sendiri. Stiker WA yang Anda buat juga dapat menggunakan ekspresi foto wajah Anda maupun ekspresi foto orang lain.

Beberapa stiker gratis bawaan WA antara lain The Maladroits by Cole Ott, Shiba Inu by Aiko Kuninoi, Cuppy by Minseung Song, Biscuit by Ghostbot, Bibimbap Friends by Pete Ellison, Song, Salty by Alisa Kryzhanovska, Fearless and Fabulous by Ann Shen, Komo by Sanat Rath, Hatch by Hatch, dan Koko by Hanasake Picture Inc.

Cara Membuat Stiker WhatsApp Dengan Mudah

Bagi pengguna WhatsApp, Anda dapat menggunakan stiker WA secara gratis. Anda juga dapat membuat stiker sendiri sesuai. Hal ini tentu berbeda dengan aplikasi chatting lain, dimana kita harus membeli stiker yang dijual oleh orang lain.

Pada prinsipnya, cara membuat stiker WhatsApp sendiri sangatlah mudah. Anda hanya membutuhkan 2 aplikasi tambahan, yakni aplikasi untuk edit foto dan aplikasi untuk mengunggah stiker. Simak langkah-langkah dibawah ini untuk membuat stiker WhatsApp dengan mudah.

Cara Membuat Stiker WA Android Dari Foto Sendiri

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan foto yang akan dibuat menjadi stiker WA. Perlu diketahui bahwa WhatsApp mewajibkan untuk mengupload 3 stiker agar dapat ditambahkan ke aplikasi. Oleh karena itu sebaiknya Anda menyiapakan beberapa foto untuk dibuat stiker. Foto yang digunakan bisa foto wajah Anda sendiri ataupun foto yang lain.

Setelah menyiapkan foto, kini saatnya menghapus background foto. Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi edit foto seperti PicsArt, Background Eraser, dll. Cari aplikasi tersebut di Google Play Store lalu segera install.

Selanjutnya, buka aplikasi tersebut. Buka gambar yang hendak dihapus latarnya. Anda dapat menggunakan fitur “Eraser” atau sejenisnya untuk menghapus background di foto Anda. Anda juga dapat menambahkan text dan atribut lainnya agar stiker WA menjadi menarik. Jika sudah selesai pilih “Save” untuk menyimpan foto. Pastikan Anda menyimpan foto hasil editan tersebut dalam format .PNG.

Mengingat paket stiker WhatsApp yang dapat ditambahkan ke WA minimal 3 foto, maka lakukan langkah tersebut hingga Anda memiliki minimal 3 foto.

Gunakan Personal Sticker for WhatsApp Untuk Mengupload Stiker Anda

Gunakan Personal Sticker for WhatsApp Untuk Mengupload Stiker Anda

Kini saatnya Anda mengunggah foto tadi menjadi stiker WhatsApp. Yang Anda perlukan saat ini adalah aplikasi Personal Sticker for WhatsApp. Anda bisa segera mendownloadnya di Google Play Store, lalu install.

Sekarang kita beralih ke aplikasi WhatsApp. Buka aplikasi WA di smartphone Anda. Masuk ke salah satu chat Anda. Kemudian pilih ikon “Smile” (untuk menambahkan emoji). Pilih ikon “Stiker” yang ada dibagian bawah. Selanjutnya pilih tanda “+” dipojok kanan atas untuk menambahkan stiker yang sudah dibuat. Scroll ke bawah hingga Anda menjumpai “Get More Stickers”.

Pilih Icon Stiker Lalu Tanda Di Pojok Kanan Atas. Lalu Gulir Ke Bawah Sampai Ketemu Get More Stickers

Pilih Icon Stiker Lalu Tanda + Di Pojok Kanan Atas. Gulir Ke Bawah Sampai Ketemu Get More Stickers

Ketuk link “Get More Stickers” tersebut, selanjutnya Aplikasi Personal Sticker for WhatsApp akan terbuka otomatis. Pilih “Add”. Kini saatnya Anda menambahkan foto-foto yang sudah diedit tadi. Foto-foto tersebut akan dibentuk menjadi paket stiker dan siap digunakan dalam aktivitas chatting Anda. Selesai.

Bikin Stiker WhatsApp Mudah Di HP iPhone (iOS)

Untuk membuat stiker WhatsApp di iPhone caranya kurang lebih sama. Disini Anda tetap membutuhkan aplikasi pendukung untuk mengedit foto. Anda bisa menggunakan aplikasi Bazaart. Silahkan cari di App Store lalu segera install.

Pengguna iPhone iOS Gunakan Bazaart Untuk Membantu Membuat Stiker WA

Pengguna iPhone iOS Gunakan Bazaart Untuk Membantu Membuat Stiker WA

Setelah itu, buka aplikasi Bazaart tadi. Pilh “Start New”. Anda juga dapat langsung memilih “Open Photo”. Nah sekarang pilih foto yang hendak dijadikan stiker WA. Rapikan foto tersebut, misal membuang backgroundnya, memberikan kata-kata, atau menambahkan kreasi lain.

Jika sudah selesai, Anda dapat memilih “Share Icon” dan pilih “WhatsApp”. Biasanya Anda akan dimintai nama. Masukkan saja nama Anda. Selanjutnya pilih “Add to WhatsApp”. Dengan cara ini stiker yang Anda buat sudah berhasil ditambahkan pada aplikasi WhatsApp.

Agar lebih yakin, Anda dapat mengeceknya dengan membuka WhatsApp lalu pilih salah satu chat Anda. Pilh icon emoji, lalu pada bagian bawah pilih simbol stiker, maka Anda akan menemukan stiker WA yang tadi Anda buat. Lakukan hal yang sama untuk membuat stiker WhatsApp yang lain.

Begitulah cara membuat stiker WhatsApp sendiri. Mudah kan? Anda dapat membuat stiker WA baik di ponsel Android maupun di ponsel iPhone dengan iOS nya. Silahkan dicoba, jika ada kesulitan jangan ragu untuk bertanya di kolom komenter ya.

Leave a Reply