Cara Mengganti Password WiFi Lewat HP Android [TERBARU]

Advertisements
Cara Mengganti Password WiFi Lewat HP Android
Cara Mengganti Password WiFi Lewat HP Android

Cara Mengganti Password WiFi Lewat HP Android – Tanpa kita sadari, saat ini koneksi internet sepertinya sudah menjadi kebutuhan pokok. Salah satu sumber internet yang banyak digunakan oleh orang banyak adalah WiFi . Nah taukah Anda jika sekarang Anda bisa mengganti password WiFi lewat HP Android?

Seperti kita ketahui, koneksi WiFi biasanya dilengkapi dengan password. Fungsi dari password adalah agar tidak semua orang bisa mengakses koneksi internet dari WiFi tersebut. Semakin banyak orang yang memakai internet dengan sumber WiFi yang sama, tentu akan membuat kecepatan WiFi menjadi menurun.

Biasanya WiFi sudah memiliki sistem keamanan bawaan. Anda tentu bisa memanfaatkan fitur tersebut. Namun selain itu, agar koneksi WiFi tidak mudah dibobol maka sebaiknya Anda secara rutin mengganti password WiFi agar tidak mudah ditebak oleh orang lain. Simak cara merubah password WiFi di Android.

Cara Mengganti Password WiFi Lewat HP Android

Jaman dahulu mengubah password WiFi hanya bisa dilakukan menggunakan laptop, komputer atau PC. Seiring perkembangan jaman, muncul smartphone Android. Dengan smartphone Android, sekarang Anda bisa melakukan banyak hal yang dulu tidak bisa dilakukan. Diantaranya ganti password WiFi dari HP.

Cara mengganti password WiFi lewat HP Android

Hidupkan Internet

Untuk bisa merubah kata sandi WiFi di HP Android, pastikan Anda menyalakan koneksi internet dan hubungkan HP Android Anda dengan jaringan internet dari WiFi yang hendak Anda ganti kata sandinya.

Siapkan Browser Andalan

Setelah terhubung ke jaringan WiFi, sekarang bukalah browser di HP Anda. Disini Anda harus menggunakan bantuan browser. Anda bisa memakai browser kesayangan Anda. Misalnya saja memakai Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera Mini, dll.

Buka Alamat Untuk Login

Agar password WiFi bisa diganti, maka Anda harus login ke WiFi tersebut. Jika Anda menggunakan jaringan internet dari IndiHome, maka Anda bisa mengakses alamat http://192.168.1.1/login.html. Ketik alamat tersebut di address bar dari browser Anda.

Jika Anda tidak menggunakan IndiHome, misalnya Anda memakai TP-Link atau yang lain, Anda bisa melihat informasi alamat login pada bagian belakang router WiFi yang sedang Anda gunakan.

Login ke WiFi

Setelah Anda membuka alamat untuk login ke WiFi, sekarang adalah langkah dimana Anda tinggal melakukan login ke WiFi tersebut. Biasanya pada halaman login sudah ada kotak untuk mengisi username dan password. Jika password WiFi belum pernah diubah, maka Anda bisa mengisikan username dan password default.

Biasanya username dan password default dari jaringan internet adalah username : ADMIN dan password : admin. Silahkan mencoba masuk menggunakan username dan password tersebut.

Buka Menu Management

Jika Anda sudah berhasil login, maka Anda akan masuk ke halaman utama. Berikutnya pilih saja menu Management. Biasanya masing-masing router memiliki tampilan yang berbeda-beda. Anda bisa mencarinya terlebih dahulu. Setelah ketemu, Anda bisa langsung membuka menu Management tersebut.

Tulis Password Baru

Tunggu hingga halaman Management terbuka. Pada halaman ini, ada form dimana Anda bisa mengisikan password baru. Silahkan isikan kata sandi baru yang ingin Anda gunakan. Pastikan Anda menggunakan kata sandi yang sulit ditebak.

Gunakan kombinasi huruf, angka, huruf besar, huruf kecil dan simbol agar password WiFi tidak mudah untuk dibobol orang. Pastikan Anda mengingat-ingat password tersebut. Jika takut lupa, maka password bisa ditulis.

Apply Password

Pada form dihalaman Management, biasanya ada tombol Apply. Nah setelah menuliskan password baru pada kotak yang tersedia, sekarang saatnya Anda menekan tombol Apply tersebut untuk memastikan password lama telah diubah menjadi password baru.

Password Berhasil Diganti

Sekarang password dari jaringan WiFi tersebut telah berubah menjadi password baru. Sebagai informasi, semua perangkat yang sedang terhubung dengan koneksi WiFi tersebut akan terputus dan harus login ulang agar bisa terkoneksi kembali.

HP Android yang Anda gunakan untuk mengubah password WiFi juga secara otomatis akan meminta Anda melakukan login lagi. Pastikan Anda menggunakan password baru untuk login.

Demikianlah bagaimana cara mengganti password WiFi lewat HP Android. Dengan menggunakan langkah-langkah diatas maka Anda tidak perlu membuka laptop atau menyalakan perangkat PC dan komputer. Cukup dari HP Android maka kata sandi WiFi bisa diganti. Semoga ulasan ini bermanfaat. Selamat mencoba!