Cara Mematikan Autoplay Video Di Instagram Agar Hemat Kuota

Cara Mematikan Autoplay Video Di Instagram
Cara Mematikan Autoplay Video Di Instagram

Berselancar di Instagram memang asyik. Ada banyak foto-foto indah yang memanjakan mata. Juga berbagai video unik, edukatif dan menarik. Namun, bagaimana ya cara mematikan autoplay video di Instagram, agar kuota tidak cepat habis?

Instagram memang mengatur agar video yang tampil di lamannya terputar secara otomatis. Hal ini berpotensi menyedot kuota. Selain itu, terkadang video yang tidak kita inginkan pun otomatis terputar.

Anda bisa saja menggulir layar dengan cepat dan meninggalkan video tersebut agar tidak terputar secara otomatis. Namun hal ini akan mengurangi keasyikan berselancar.

Karena itu Anda bisa mencoba cara menghentikan fitur auto play video di Instagram berikut ini. Agar kuota bisa dihemat dan berselancar di Instagram pun lebih menyenangkan.

Cara Mematikan Autoplay Video Di Instagram

Ada dua metode untuk menghentikan fitur autoplay video di Instagram. Baik dari platformnya sendiri maupun dari sistem di ponsel pintar Anda.

Cara Menonaktifkan Fitur Auto Play Video di IG

Jika Anda pernah mengutak-atik menu pengaturan/setting di Instagram, Anda akan tahu. Bahwa Instagram telah memberikan fitur untuk menghentikan autoplay.

Jadi Anda tidak perlu aplikasi tambahan atau pengaturan yang ribet untuk mematikan autoplay. Sehingga video di IG tidak akan memutar secara otomatis lagi.

Cara mengatur agar autoplay video di Instagram tidak aktif adalah:

  • Masuk ke dalam aplikasi Instagram Anda.
  • Masuk ke menu Profile.
  • Masuk ke menu Setting atau Pengaturan.
  • Menu Setting terdapat di pojok bawah laman, terpisah dari menu lainnya.

    Aktifkan Fitur Use Less Data Untuk Menonaktifkan Auto Play Video IG
    Aktifkan Fitur Use Less Data Untuk Menonaktifkan Auto Play Video IG
  • Pilih opsi Akun (Account).
  • Pilih opsi Data Seluler (Mobile Data).
  • Di dalamnya ada opsi Gunakan Lebih Sedikit Data atau Use Less Data.
  • Aktifkan opsi tersebut.
  • Selesai.

Dengan begitu fitur autoplay video di Instagram Anda telah terhenti. Anda pun bisa lebih hemat kuota internet. Jika Anda ingin mengaktifkan kembali fitur Autoplay, tentu bisa. Cukup nonaktifkan opsi Use Less Data.

Ingin melakukan chatting DM IG dengan beberapa teman sekaligus? Bisa kok. Anda dapat membuat grup IG dengan langkah yang mudah. Simak dan ikuti Cara Membuat Grup di Instagram Dengan MUDAH & CEPAT.

Cara Menghentikan Video Otomatis di Instagram

Jika metode pertama tidak berhasil di ponsel Anda, masih ada metode kedua. Dengan cara ini Anda bisa menghentikan autoplay video Instagram melalui pengaturan jaringan di ponsel.

Caranya adalah dengan menurunkan jaringan. Dengan menurunkan jenis jaringan di ponsel, Instagram akan berjalan lebih lambat. Hal ini akan membuat video di laman Instagram Anda tidak bisa memutar secara otomatis.

Turunkan Jaringan Seluler Untuk Menghentikan Video Otomatis Terputar
Turunkan Jaringan Seluler Untuk Menghentikan Video Otomatis Terputar

Video yang tidak terputar otomatis akan memiliki ikon tombol play di pojok. Anda harus menekan tombol tersebut jika ingin menonton videonya.

Misalnya, jika ponsel pintar Anda memiliki jaringan 4G, maka turunkan jenis jaringannya ke 3G. Jika belum berhasil, turunkan lagi ke 2G. Anda bisa melakukan cara ini dengan langkah berikut:

  • Masuk ke menu Setting atau Pengaturan di ponsel pintar Anda.
  • Pilih menu SIM card and mobile network.
  • Klik menu SIM card setting.
  • Pilih menu Preferred network type.
  • Di dalamnya ada pilihan jenis jaringan yang ingin Anda aktifkan.
  • Tinggal klik salah satu.
  • Selesai.

Cara kedua ini memang sedikit lebih ribet daripada cara pertama. Karena dengan menurunkan jenis jaringan otomatis kinerja aplikasi lain yang membutuhkan internet juga ikut terhambat. Termasuk aktivitas berkirim dan menerima pesan atau email.

Jadi, sebaiknya gunakan cara kedua jika Anda memang hanya ingin membuka Instagram atau media sosial lain. Tanpa berbarengan dengan pekerjaan yang penting.

Demikian bahasan mengenai cara mematikan autoplay video di Instagram. Cara ini akan membantu Anda menghemat kuota tanpa mengurangi asyiknya menjelajah platform medsos ini.

Ada postingan Instagram yang menarik? Ingin membagikannya ke IG Story, WhatsApp Story atau bahkan ke FB Story? Bisa banget. Cukup lakukan Cara Membagikan Postingan Instagram ke Story IG, WA, Facebook, dll.

Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar fitur Instagram lainnya di artikel-artikal kami. Semoga bermanfaat.