Cara Mengaktifkan Lampu LED Android

Cara Mengaktifkan Lampu LED Android Sebagai Notifikasi

Cara Mengaktifkan Lampu LED Android Sebagai Notifikasi

Pernahkah Anda terpikir cara mengaktifkan lampu LED Android sebelumnya? Atau jangan-jangan Anda sendiri tidak menyadari keberadaan lampu LED di ponsel Android Anda?

Lampu LED mulai marak dikenal sejak jaman ponsel Blackberry. Sebenarnya, lampu LED ini memiliki fungsi utama sebagai lampu flash saat melakukan selfie menggunakan kamera HP. Selain itu, lampu LED juga bisa berfungsi sebagai penanda adanya notifikasi masuk ke ponsel kita. Salah satu yang menjadikan LED unik adalah, warna pada lampu yang bisa disesuaikan dengan keinginan si pengguna.

Berbeda seperti sebelumnya, sekarang ini keberadaan lampu LED pada HP memang tidak terlalu diperhaikan banyak orang. Meskipun begitu, bukan berarti fungsi lampu LED pada HP Android menjadi hilang begitu saja.

Sebagai pengguna Android, Anda juga bisa lho melakukan setting untuk menghidupkan lampu LED di ponsel Anda. Mau tahu gimana caranya? Simak terus pembahasannya.

Apa itu Notifikasi LED Android?

Notifikasi LED adalah lampu kecil yang terpasang di bagian atas layar ponsel dan akan berkedip-kedip mengeluarkan warna RGB (warna dasar red, green, blue) atau warna monokrom lainnya sebagai sebuah penanda.

Notifikasi LED berfungsi untuk memberitahu pemilik HP saat ada notifikasi seperti pesan masuk, notifikasi aplikasi, penanda baterai habis, atau notifikasi lain. Lampu LED juga bisa digunakan sebagai media untuk memudahkan pencairan ponsel di ruangan gelap.

Notifikasi LED merupakan bagian dari sistem notifikasi ponsel yang didukung dengan cloud-powered push notification. Sama seperti notifikasi suara, lampu LED dapat memberikan peringatan kepada pengguna tanpa harus menyalakan layar sehingga lebih efisien dari segi penggunaan baterai.

Cara Mengaktifkan Lampu LED Android

Lampu LED pada ponsel Android bisa diaktifkan dan dinonaktifkan dengan mudah. Anda bisa menghidupkan lampu LED notifikasi dengan 2 cara, yaitu cara manual atau dengan aplikasi.

Menyalakan Lampu LED Android dengan Cara Manual

Notifikasi LED Android dapat dengan mudah diaktifkan dan dinonaktifkan secara manual. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke menu “Pengaturan”.
  • Bisa juga “Setelan”.
  • Pilih menu “Setelan Tambahan”.
  • Cari “Lampu Notifikasi”.
  • Pilih menu tersebut.
  • Atur On untuk mengaktifkan.
  • Pilih Off untuk menonaktifkan.
  • Selesai.

Dengan mengikuti beberapa langkah di atas, Anda bisa menghidupkan atau mematikan lamput LED sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Yang perlu Anda perhatikan, biasanya penempatan dan penamaan menu bisa saja berbeda di tiap HP Android.

Mengaktifkan Lampu LED Android dengan Aplikasi

Selain menggunakan cara manual, Anda juga bisa menggunakan aplikasi yang diunduh dari Google Play untuk menampilkan notifikasi LED. Salah satu kelebihan yang ditawarkan dari aplikasi seperti ini adalah, warna lampu yang lebih beragam dan bisa Anda sesuaikan dengan selera.

Rekomendasi aplikasi notifikasi LED di Android diantaranya:

  1. NotifyBuddy
  2. Light Manager 2
  3. Always On Edge (AOE)
  4. Flash Alerts 2

Cara Menggunakan Flash Alerts 2

Cara Setting Lampu LED di Android Dengan Aplikasi

Cara Setting Lampu LED di Android Dengan Aplikasi

  • Download aplikasi Flash Alerts 2.
  • Install aplikasinya.
  • Buka Flash Alerts 2.
  • Pilih ON pada Flash Alerts 2.
  • Pilih ON juga pada Incoming Call dan Incoming Text.
  • Lampu LED berhasil diaktifkan.
  • Selesai.

Nah itulah dia cara menyalakan lampu LED Android yang bisa Anda coba sekarang. Oh iya, sebagai informasi tambahan, pastikan ponsel Android Anda memiliki dan mendukung notifikasi LED ya. Karena memang tidak semua ponsel Android memilikinya. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply