Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Menerima Gambar

Advertisements
Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Menerima Gambar
Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Menerima Gambar

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Menerima Gambar – Melakukan obrolan melalui aplikasi WhatsApp tidak jarang melibatkan pengiriman gambar kepada sesama kontak. Sayangnya, dalam beberapa situasi terkadang gambar tidak bisa diterima sehingga menghalangi komunikasi di antara orang-orang terkait.

Advertisements

Untuk mengetahui cara mengatasi WhatsApp tidak bisa menerima gambar secara tepat, ada baiknya jika Anda lebih dahulu mengetahui secara pasti apa penyebab WhatsApp tidak bisa menerima gambar.

Koneksi

Penting untuk dipahami bahwa koneksi untuk chatting, menerima panggilan telepon, dan berkirim serta menerima gambar berbeda. Untuk menerima gambar apalagi mendownload gambar tersebut tentu dibutuhkan koneksi lebih bagus dibandingkan hanya untuk chatting.

WhatsApp Gangguan

Apabila gangguan atau error terjadi langsung dari pusat maka yang bisa Anda lakukan adalah menunggu. Setelah perbaikan dilakukan secara langsung dari pusatnya WhatsApp bisa dioperasikan kembali, termasuk untuk mengirim dan menerima gambar.

Setting WhatsApp Masih Read Only

WhatsApp memiliki dua jenis pengaturan, yakni Read Only dan Read Write. Anda dapat memilih salah satu diantara keduanya, namun penting untuk memahami bahwa pengaturan Read Only berdampak terhadap sulitnya gambar diterima.

Baca juga : Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Kirim Foto

Penyimpanan Penuh

WhatsApp adalah aplikasi yang secara otomatis tersimpan di memori internal, demikian juga dengan setiap gambar yang didownload. Maka apabila memori internal penuh, otomatis akan muncul notifikasi ruang penyimpanan tidak memadai.

Pengaturan Tanggal Salah

Penyebab lainnya yang mungkin terdengar asing, namun terasa dampaknya adalah ketidaksesuaian antara tanggal dengan yang seharusnya. Siapa sangka ternyata kesalahan tanggal ini berpengaruh terhadap sulitnya WhatsApp menerima gambar.

Setiap solusi yang diaplikasikan harus disesuaikan dengan penyebab permasalahan yang terjadi. Tidak tepatnya solusi dengan penyebab hanya akan membuang waktu Anda karena aksi tersebut tidak akan berdampak apa-apa pada WhatsApp.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Menerima Gambar

Untuk mengatasi WhatsApp yang tidak bisa menerima gambar, Anda dapat melakukan beberapa solusi di bawah ini :

Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Menerima Gambar Setting Tanggal Waktu

Pada dasarnya Android kita ini dilengkapi dengan otomatisasi pengaturan waktu serta tanggal berdasarkan region. Namun, beberapa kondisi seperti handphone tiba-tiba mati dapat menyebabkan setelan waktu serta tanggal menjadi tidak sesuai.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda dapat menempuh cara-cara di bawah ini :

  • Buka “Setelan” pada handphone.
  • Cari pengaturan “Date and Time”.
  • Matikan dan aktifkan kembali pilihan “Automatic date and time”.
  • Selesai.

Pengaturan di atas dilakukan secara otomatis. Apabila Anda ingin mengatur waktu serta tanggal secara manual maka dapat mengambil sumber lain untuk input data secara akurat. Setelah itu coba masuk kembali ke WhatsApp dan periksa perubahannya.

Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Menerima Gambar Cek Koneksi Internet

Koneksi yang paling bisa diandalkan di Indonesia saat ini adalah 4G. Namun, pada beberapa handphone terkadang sinyal ini tidak kompatibel sehingga mengharuskan Anda mengatur jaringan HSPA.

Setelah melakukan pengaturan dengan sinyal 4G maupun HSPA selanjutnya coba buka browser untuk memastikan bahwa koneksi internet sudah stabil. Ketika koneksinya stabil maka kemungkinan gambar diterima pada WhatsApp bisa semakin besar.

Karena koneksi internet untuk mengirim dan menerima gambar lebih banyak daripada sekedar chatting biasa, maka kestabilan koneksi adalah kunci utama. Apalagi kalau gambar yang dikirimkan adalah berupa kumpulan gambar reuni bersama teman-teman lama.

Bersihkan Memori Internal HP Anda

Sebenarnya mudah saja Apabila ingin menghindari memori internal handphone menjadi penuh karena terlalu banyak gambar dari WhatsApp. Anda dapat melakukan pengaturan pada WhatsApp untuk tidak otomatis download apabila ada kontak mengirimkan gambar.

Dengan begitu Anda dapat menyeleksi mana gambar yang akan didownload dan tidak perlu didownload. Namun, apabila terlanjur sudah terlalu banyak gambar masuk ke folder WhatsApp di Galeri, tepatnya pada memori internal maka harus dilakukan solusi lainnya.

Baca juga : Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul Di Android Dan iPhone

Anda dapat masuk ke folder WhatsApp kemudian cari beberapa foto maupun video yang dianggap tidak penting kemudian hapus. Atau jika dirasa perlu disimpan maka pindahkan saja ke memori eksternal, hardisk, atau laptop maupun PC.

Setelah memori handphone bersih coba kembali jajal buka aplikasi Whatsapp dan periksa apakah sudah bisa menerima gambar dari kontak lain atau belum. Jika permasalahannya terletak pada memori internal, maka seharusnya cara seperti ini terbilang ampuh untuk diaplikasikan.

Setting Izin Aplikasi WhatsApp

Setting izin aplikasi WhatsApp ini terdapat pada Android 5.0 atau Lollipop. Tentu kebijakan tersebut memiliki maksud tersendiri. Namun dalam beberapa kondisi faktanya justru menghalangi masuknya gambar pada ruang obrolan WhatsApp. Apabila dirasa perlu mengubah pengaturan izin aplikasi WhatsApp maka ikuti beberapa cara di bawah ini :

  • Buka “Setelan” pada handphone.
  • Pilih “Aplikasi”.
  • Cari dan pilih “WhatsApp”.
  • Cari dan pilih “Perizinan Aplikasi”.
  • Centang “Izin Kontak” dan lain-lain.
  • Selesai.

Langkah-langkah di atas hanya berupa referensi. Sebab detail setiap langkah disesuaikan dengan masing-masing handphone. Anda dapat mengambil garis besarnya dan menerapkan secara mendetail setelah disesuaikan dengan jenis handphone.

Clear Cache WhatsApp

Cache sebenarnya memiliki peranan agar loading WhatsApp tidak terlalu lama. Namun, dalam beberapa kondisi justru menghambat penerimaan gambar masuk pada ruang obrolan.

Jika begitu maka Anda dapat menghapus cache dengan mengikuti solusi di bawah ini :

  • Buka “Setelan” di smartphone.
  • Pilih “Aplikasi”.
  • Cari dan pilih “WhatsApp”.
  • Jalankan perintah “Clear Cache”.
  • Tunggu proses berlangsung.
  • Selesai.

Usai menerapkan prosedur penghapusan cache, selanjutnya buka kembali aplikasi WhatsApp. Periksa secara jeli apakah gambar yang tadinya gagal diterima kini dapat dibuka secara sempurna.

Reinstall WhatsApp

Jika harus menempuh instal ulang WhatsApp biasanya error terjadi karena aplikasi WhatsApp pada handphone anda sudah usang. Untuk reinstall WhatsApp, Anda harus lebih dahulu meng-uninstall aplikasi whatsapp-nya sendiri.

Cara uninstalnya :

  • Tekan dan tahan icon WhatsApp di layar HP.
  • Pilih “Uninstal”.
  • Tunggu prosesnya Uninstal.
  • Selesai.

Cara instal ulang :

  • Buka Google Play Store.
  • Cari dan pilih aplikasi “WhatsApp”.
  • Tekan tombol install.
  • Tunggu prosesnya instalasi.
  • Selesai.

Cara update :

  • Buka aplikasi Play Store.
  • Cari dan pilih aplikasi “WhatsApp”.
  • Periksa apakah ada update terbaru.
  • Jika ada, tekan tombol “Update”.
  • Tunggu prosesnya update.
  • Selesai.

Dengan menjalankan cara mengatasi WhatsApp tidak bisa menerima gambar di atas, Anda harus mempertimbangkan banyak hal. Salah satunya memastikan ketika login kembali tidak ada obrolan atau data penting yang hilang.

Tunggu Sampai WhatsApp Normal Kembali (Update)

Gangguan tidak bisa menerima gambar dari kontak tertentu tidak selalu terjadi akibat error pada handphone anda. Gangguan juga dapat langsung berasal dari sumber pusatnya sehingga tidak ada yang bisa dilakukan selain menunggu perbaikan.

Baca juga : Cara Mengatasi WhatsApp Yang Diblokir Sementara & Permanen

Biasanya ketika WhatsApp mengalami error secara global media online secara cepat menulis berita untuk melakukan konfirmasi kepada seluruh masyarakat. Langkah ini bermanfaat supaya pengguna Whatsapp di seluruh dunia tidak merasa khawatir.

Berbagai cara mengatasi WhatsApp tidak bisa menerima gambar harus disesuaikan kembali dengan penyebab permasalahannya. Yang paling utama tentunya untuk mengatasi WhatsApp tidak bisa menerima gambar adalah memastikan koneksi internet berjalan dengan stabil.