Cara Menghilangkan Centang Biru WhatsApp [Gampang Banget]

Cara Menghilangkan Centang Biru WhatsApp di Android dan iPhone

Cara Menghilangkan Centang Biru WhatsApp di Android dan iPhone

Bukan rahasia bahwa WhatsApp (WA) adalah salah satu aplikasi berkirim pesan yang terpopuler di kalangan masyarakat. WA memiliki beragam fitur yang memudahkan Anda untuk saling berkomunikasi dengan sesama pengguna WA lainnya. Mulai dari video call, voice note, kirim dokumen, foto, video, hingga chatting.

Nah, saat berkirim pesan atau chatting, WA akan menampilkan ikon centang berwarna biru sebagai tanda bahwa pesan telah terkirim dan dibaca oleh penerima. Fitur ini terbilang informatif karena kita bisa mengetahui apakah pesan kita sudah tersampaikan atau belum dan sebaliknya.

Tapi justru untuk sebagian orang, fitur ini dirasa mengganggu. Lalu, bagaimana cara menghilangkan centang biru WhatsApp? Kabar baiknya, fitur ini bisa dinonaktifkan sehingga pengguna lainnya tidak bisa melihat apakah pesan tersebut sudah terbaca atau belum. Faktor privasi jadi salah satu alasan banyak orang menonaktifkan fitur ini.

Sebelum menonaktifkan centang biru WA, Anda harus memahami dulu konsekuensi atas pilihan tersebut. Sesaat setelah Anda menonaktifkan fitur centang biru, maka pengguna lain tidak dapat melihat apakah pesan yang ia kirimkan sudah terbaca oleh Anda. Sebaliknya, Anda juga tidak bisa melihat apakah pesan yang Anda kirimkan ke pengguna lain sudah terbaca atau belum.

Cara Menghilangkan Centang Biru WhatsApp

Untuk menghilangkan atau menonaktifkan fitur centang biru pada WA Android maupun iPhone sangatlah mudah dan hanya membutuhkan waktu 1 menit saja dengan beberapa langkah.

Cara Menonaktfikan Tanda Centang Biru di WA

Fitur menonaktifkan centang biru pada WA ini tak hanya bisa digunakan pada chat perorangan saja, namun juga pada WA business, WA plus, hingga WA versi mod. Nah bagi Anda yang penasaran ingin menghilangkan centang biru pada aplikasi WhasApp, simak beberapa langkah berikut ini.

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih simbol titik 3 dipojok kanan atas.
  3. Pilih “Setelan”.
  4. Pilih “Akun”.

    Menonaktifkan Centang Biru di WA HP Android

    Menonaktifkan Centang Biru di WA HP Android

  5. Pilih “Privasi”.
  6. Hapus centang pada “Laporan Dibaca”.
  7. Selesai.

Itulah cara menonaktifkan fitur centang biru pada WA. Mudah, bukan? Kini, setiap kali Anda mengirimkan pesan ke pengguna lain maupun sebaliknya, notifikasi yang didapatkan tidak berwarna biru, melainkan tetap centang dua putih atau abu-abu.

Cara ini efektif dilakukan baik pada HP iPhone maupun HP Android dengan berbagai merk seperti Oppo, Xiaomi, Samsung, Sony, ASUS, Lenovo, dll.

Menyembunyikan Centang Biru GB WhatsApp

Selain pada aplikasi WA resmi, menonaktifkan fitur centang biru ini juga bisa dilakukan pada aplikasi GB WhatsApp. Apa itu GB WhatsApp? GB WhatsApp merupakan aplikasi WA standar yang telah dimodifikasi dan dibuat secara khusus sehingga memiliki banyak kelebihan serta keunikan yang tidak didapatkan pada aplikasi WA biasanya.

Selain itu, GB WA ini juga dapat membuat tampilan WA Anda terlihat semakin keren dan canggih. Dari sekian banyak aplikasi modifikasi lainnya, GB WA dinilai sebagai salah satu aplikasi terbaik dijenisnya. Nah, berikut ini cara menghilangkan centang biru pada GB WhatsApp.

  1. Buka aplikasi GB WhatsApp.
  2. Pilih “Privasi”.
  3. Pilih “Kontak”.
  4. Beri centang pada “Sembunyikan Centang Biru”.
  5. Selesai.

Dengan beberapa langkah sederhana di atas, kini Anda sudah bisa menonaktifkan centang biru pada GB WA. Tak hanya itu saja, pada GB WA ini, Anda juga bisa menghilangkan tanda centang dua saat menerima pesan dari pengguna lain. Meskipun pesan tersebut telah sampai bahkan sudah Anda baca, namun centang yang muncul tetap cantang satu.

Cara Menonaktifkan Centang Biru WhatsApp Plus

Selain pada aplikasi WA dan GB WhatsApp, mematikan centang biru juga bisa dilakukan pada aplikasi WhatsApp Plus. Hampir sama dengan GB WhatsApp, WhatsApp Plus merupakan versi Whatsapp pada umumnya yang telah dimodifikasi oleh pihak ketiga dengan tambahan berbagai fitur lainnya yang tidak tersedia di aplikasi WA biasa.

Mulai dari menyembunyikan status online, menghilangkan centang dua pada WA, menghilangkan centang biru, hingga fitur anti revoke yakni fitur yang memungkinkan Anda tetap bisa membaca pesan meskipun pengguna lainnya telah menghapus pesan tersebut.

Anda bisa menonaktifkan fitur centang biru tersebut melalui pengaturan WA plus. Namun, perlu diingat bahwa WA plus ini bukanlah aplikasi resmi dari WA, sehingga risiko pencurian data hingga pemblokiran akun WA menjadi lebih besar. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati ketika menggunakan aplikasi ini.

Bagaimana Jika Memakai WhatsApp Web (PC)?

Sayangnya, menonaktifkan centang biru belum bisa dilakukan di WhatsApp Web atau PC. Satu-satunya cara untuk bisa menghilangkan centang biru pada WhatsApp Web atau PC ialah dengan melakukan pengaturan aplikasi WA yang ada di ponsel Anda terlebih dahulu.

Dengan demikian, ketika Anda login di WhatsApp Web atau PC maka pengaturan centang biru tersebut otomatis akan sinkronisasi dengan yang ada di pengaturan ponsel.

Itulah beberapa cara menghilangkan centang biru WhatsApp mulai dari aplikasi WA, GB WA, hingga WA plus baik untuk HP Android maupun iPhone. Semoga tips tersebut bermanfaat dan dapat menjadi solusi serta jawaban atas permasalahan Anda. Selamat mencoba!

Selain menghilangkan centang biru pada chat WA, ada beberapa hal lain menyangkut privasi yang juga bisa Anda sembunyikan. Beberapa hal tersebut ialah :

Dengan mengikuti beberapa panduan diatas, maka privasi Anda dalam menggunakan WhatsApp tentu akan lebih terjaga. Dengan begitu, tentunya Anda akan semakin nyaman dalam menggunakan aplikasi chatting ini.

Leave a Reply