Cara Menyimpan Foto Dan Video WhatsApp Otomatis Ke Galeri

Advertisements
Cara Menyimpan Foto WhatsApp Otomatis
Cara Menyimpan Foto WhatsApp Otomatis

Bagaimana agar gambar di WhatsApp tersimpan di galeri? Ikuti cara menyimpan foto WhatsApp otomatis ke galeri Android dan iPhone (iOS) ini. Cara ini juga bisa menjadi solusi jika WhatsApp image tidak muncul di galeri HP Anda.

Advertisements

Dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, kita dapat saling berkirim pesan. Selain pesan, kita juga bisa berkirim media seperti gambar, foto, pesan suara, lagu, hingga video. Saat chat WA dengan teman atau saudara, kadang ada yang mengirim foto kita. Di grup WA kadang juga ada yang mengirimkan gambar yang bagus. Agar foto dan gambar tersebut tidak hilang, tentu wajar jika kita ingin menyimpannya di galeri HP kita.

INGIN MENYIMPAN GAMBAR DAN VIDEO DI STATUS WHATSAPP ORANG LAIN DENGAN MUDAH?

INSTAL APLIKASI PENYIMPAN STATUS WHATSAPP DISINI

Nah, aplikasi WhatsApp memberikan kebebasan kepada kita tentang cara menyimpan foto secara otomatis ataupun manual. Fitur tersebut sudah disediakan oleh pihak WhatsApp, kita hanya perlu melakukan pengaturan.

Jika Anda memilih menyimpan foto WA secara otomatis, maka semua foto yang dikirimkan kepada Anda akan terdownload. Hal ini berlaku untuk chat pribadi maupun chat didalam grup WhatsApp. Kelebihan cara otomatis ini adalah Anda tidak perlu repot memilih foto satu per satu untuk didownload atau disimpan. Namun kekurangannya adalah konsumsi kuota menjadi lebih boros.

Baca juga : Cara Mengembalikan Chat WhatsApp Yang Terhapus

Berbeda jika Anda menyimpan foto WhatsApp dengan cara manual. Meskipun repot karena harus memilih foto yang hendak disimpan, namun penggunaan kuota internet bisa lebih hemat.

Cara Menyimpan Foto WhatsApp Otomatis Ke Galeri

Sebelum masuk pada ulasan utama, ada beberapa informasi penting yang hendak kami sampaikan. Informasi ini berkaitan dengan bagaimana mengirimkan data secara aman menggunakan aplikasi WhatsApp dari HP Anda ke perangkat lain. Simak penjelasan berikut ini.

Ada sebuah aplikasi canggih bernama iMyFone iTransor for WhatsApp. Aplikasi ini memiliki banyak fitur, diantaranya backup data, transfer data dan recovery data WhatsApp. Kabar baiknya ialah aplikasi ini dapat digunakan di HP Android, iPhone (iOS) maupun PC, komputer hingga laptop.

Selain fitur diatas, iMyFone juga memiliki fitur professional data recovery program untuk WhatsApp yang bernama ChatsBack WhatsApp Message Recovery. Dengan fitur tersebut, Anda bisa dengan mudah mengembalikan data kontak maupun chat history yang hilang.

Langkah mengembalikan data yang hilang menggunakan iMyFone :

Download aplikasi iMyFone lalu hubungkan HP Anda dengan komputer

Mulai transfer data WhatsApp

Pilih data yang hendak dipulihkan. Selesai. Mudah sekali bukan?

Lantas bagaimana cara menyimpan foto WA ke galeri HP secara otomatis? Ulasan tersebut akan kami buat secara bertahap. Yang pertama adalah bagaimana cara menampilkan foto WhatsApp di galeri. Setelah melakukan pengaturan pada WA, selanjutnya adalah cara menyimpan foto WhatsApp ke galeri, baik secara otomatis maupun manual.

Cara Menampilkan Foto WhatsApp Di Galeri HP Android Dan iPhone

Ketika ada orang di WhatsApp yang mengirim foto dan Anda mendownloadnya, sebenarnya foto tersebut sudah dimasukkan ke dalam folder media didalam folder WhatsApp. Hal ini juga berlaku ketika Anda mendownload lagu dan video. Hanya saja pengaturan defaultnya adalah folder ini tidak ditampilkan di galeri HP kita.

Untuk menampilkan folder media di galeri, ada beberapa pengaturan yang harus Anda lakukan. Hal ini akan menjawab pertanyaan Anda tentang bagaimana cara agar gambar di WhatsApp tersimpan di galeri.

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Pilih simbol titik 3 di pojok kanan atas.
  • Pilih “Setelan”.
  • Pilih “Chat”.
  • Aktifkan “Visibilitas media”.
  • Selesai.

Anda dapat membaca keterangan dibawah menu “Visibilitas media”. Jadi menu tersebut adalah menu yang mengatur apakah media yang baru terunduh (terdownload) akan ditampilkan di galeri telepon Anda atau tidak. Jika Anda tidak ingin agar gambar di WhatsApp tidak tersimpan di galeri telepon, maka Anda tinggal menonaktifkan menu “Visibilitas media” ini.

Cara Menyimpan Foto Dari WhatsApp Ke Galeri Secara Otomatis

Seperti dikatakan diatas, kita bebas mengatur aplikasi WhatsApp untuk menyimpan file media secara otomatis atau manual. Jika Anda ingin aplikasi WA mendownload otomatis setiap media yang Anda terima, maka seluruh file foto, audio, video, dan dokumen lainnya akan otomatis tersimpan ke HP Anda.

Hal ini berlaku untuk seluruh file yang dikirimkan dari perorangan ataupun dari grup WhatsApp. Nah berikut ini adalah hal yang harus Anda lakukan untuk membuat otomatis foto terdownload di WhatsApp.

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Pilih simbol titik 3 di pojok kanan atas.
  • Pilih “Setelan”.
  • Pilih “Data dan penyimpanan”.
  • Pilih “Saat menggunakan data seluler”.
  • Ketuk kotak disebelah kiri “Foto”.
  • Pilih “OKE”.
  • Selesai.

Sampai tahap ini Anda telah berhasil membuat foto yang Anda terima akan otomatis tersimpan ke HP Anda. Anda juga dapat melakukan pengaturan ini terhadap file audio, video ataupun dokumen. Pilih jenis file apa saja yang hendak Anda simpan secara otomatis dengan memberikan tanda centang disamping jenis file tersebut.

Anda dapat mengatur aplikasi WhatsApp untuk menyimpan otomatis seluruh jenis file yang Anda terima. Tapi Anda perlu memperhatikan kapasitas memori penyimpanan dan juga kuota internet yang Anda miliki. File foto, audio, video dan dokumen yang otomatis terdownload akan membuat memori penyimpanan di HP Anda cepat penuh. File-file yang otomatis terdownload juga dapat membuat kuota Anda menjadi cepat habis.

Baca juga : Cara Mengganti Nomor WhatsApp Tanpa Kehilangan Kontak

Apalagi jika Anda bergabung dengan grup WhatsApp yang aktif. Biasanya anggota grup sering mengirimkan foto ataupun video. Hal ini tentu dapat merugikan Anda. Memori HP dan kuota bisa cepat habis. Tapi Anda tidak perlu pusing hingga mencari cara keluar grup WA tanpa diketahui. Cukup lakukan pengaturan manual seperti dibawah ini.

Cara Download Foto Dari WA Ke Galeri HP Secara Manual

Biasanya foto, gambar, file audio dan video yang sering dibagikan di grup WhatsApp sebagian besar tidak penting. Sebagian besar justru untuk seru-seruan saja. Sedangkan sisanya barulah berupa foto ataupun file penting. Untuk itu sangat bijak jika Anda menerapkan cara menyimpan foto WA ke galeri secara manual seperti dibawah ini.

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Pilih simbol titik 3 di pojok kanan atas.
  • Pilih “Penggunaan data dan penyimpanan”.
  • Pilih “Saat menggunakan data seluler”.
  • Hapus tanda centang pada semua jenis file yang ada.
  • Pilih “OKE”.
  • Kembali ke menu “Penggunaan data dan penyimpanan”.
  • Pilih “Saat tersambung ke Wi-Fi”.
  • Hapus tanda centang pada semua jenis file yang ada.
  • Pilih “OKE”.
  • Selesai.

Nah itulah tadi ulasan tentang cara menyimpan foto dari WhatsApp secara otomatis ke galeri. Anda dapat melakukan pengaturan sendiri apakah file foto, video, audio, dan dokumen akan disimpan secara otomatis atau manual. Anda dapat mengatur agar gambar di WA tersimpan di galeri. Anda juga dapat mengubahnya agar gambar di WhatsApp tidak tersimpan di galeri. Semua keputusan ada pada Anda. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda masing-masing.