Cara Memblokir Grup WhatsApp [Sementara atau Permanen]

Cara Memblokir Grup WhatsApp di HP iPhone dan Android

Cara Memblokir Grup WhatsApp di HP iPhone dan Android

Grup Whatsapp (WA) adalah salah satu fitur yang paling banyak digunakan oleh pengguna WA. Fitur ini memungkinkan Anda untuk berkomunikasi atau chatting dengan lebih dari satu orang.

Layaknya forum online, grup WA memiliki admin yang bertugas untuk mengundang pengguna lain agar bisa masuk ke dalam grup tersebut. Fitur ini tentu sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin berdiskusi dengan banyak orang sekaligus tanpa harus bertatap muka.

Tapi, terkadang isi history chat grup WA ini melenceng dari tujuan awal dibentuknya grup tersebut. Misalnya, jadi tempat untuk menyebarkan hoax hingga membicarakan hal-hal yang di luar topik pembahasan. Bahkan, tak jarang beberapa pengguna WA sembarangan memasukkan orang lain ke dalam grup WA meskipun tidak saling kenal.

Tentu saja hal ini meresahkan dan membuat Anda tidak nyaman. Jika biasanya Anda memblokir kontak pengguna lainnya apabila merasa terganggu, sayangnya fitur tersebut belum tersedia untuk grup WA. Lantas, bagaimana menyiasati hal tersebut? Wajar jika terbesit untuk mengetahui cara memblokir grup WhatsApp tersebut.

Nah bagi Anda yang sependapat, berikut ini akan kami ulas tentang cara memblokir grup WhatsApp dengan mudah dan cepat.

Cara Memblokir Grup WhatsApp Sementara & Permanen

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika ingin memblokir grup WA. Diantaranya yaitu dengan memblokir semua kontak yang menjadi admin grup tersebut. Setelah itu, Anda dapat dengan mudah keluar dari grup secara permanen. Hal tersebut dapat langsung dilakukan menggunakan aplikasi WA original ataupun memakai aplikasi WA mod.

Cara Blokir Admin Grup WhatsApp

Fungsi dari memblokir admin grup WA sebelum keluar dari grup ialah agar admin tidak bisa memasukkan atau mengundang Anda ke dalam grup lagi. Nah, berikut langkah-langkah memblokir admin grup WA.

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Buka grup WA yang ingin diblokir.
  3. Ketuk nama grup dibagian atas.
  4. Cari kontak yang menjadi admin grup.
  5. Ketuk di kontak admin tersebut.

    Cara Memblokir Admin Grup WA

    Cara Memblokir Admin Grup WA

  6. Pilih “Chat dengan … “.
  7. Muncul jendela chat dengan kontak admin.
  8. Ketuk nama atau nomor kontak tersebut dibagian atas.
  9. Pilih “Blokir”.

    Blokir Grup WA Sementara Atau Permanen

    Blokir Grup WA Sementara Atau Permanen

  10. Pilih “Blokir” lagi.
  11. Selesai.

Keluar dari Grup WhatsApp

Setelah memblokir admin grup WA, hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah keluar dari grup WA tersebut. Berikut langkah-langkah keluar grup WA.

  1. Buka aplikasi WhtasApp.
  2. Masuk ke grup WA yang tidak Anda sukai.
  3. Pilih simbol titik 3 dipojok kanan atas.
  4. Pilih “Lainnya”.

    Pilih Keluar Dari Grup WA Dan Lakukan Konfirmasi

    Pilih Keluar Dari Grup WA Dan Lakukan Konfirmasi

  5. Pilih “Keluar dari grup”.
  6. Pilih “Keluar”.
  7. Selesai.

Kini, Anda sudah berhasil keluar dari grup WA dan terhindar dari notifikasi grup yang mengganggu. Tak hanya itu, cara ini dinilai permanen karena sebelumnya Anda sudah memblokir admin grup sehingga mereka tidak akan bisa memasukkan Anda ke dalam grup yang sama.

Kecuali admin grup tersebut berganti pengguna lainnya yang tidak Anda block. Namun, tak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan cara serupa agar terhindar dari grup WA yang tak diinginkan.

Cara Membuka Kontak WhatsApp Yang di Blokir

Tapi apabila suatu hari ada hal-hal penting yang memaksa Anda harus masuk lagi ke dalam grup, atau mengharuskan Anda untuk menghubungi admin grup, maka Anda perlu membuka kembali blokiran tersebut.

Dengan begitu, Anda baru bisa berkomunikasi atau mengirimkan chat ke admin grup. Namun, dengan catatan bahwa si pemilik nomor tidak memblokir Anda. Berikut ini langkah-langkah membuka blokiran WA :

  1. Buka aplikasi WA dari HP.
  2. Pilih simbol titik 3 dipojok kanan atas.
  3. Pilih “Setelan”.
  4. Pilih “Akun”.
  5. Pilih “Privasi”.
  6. Pilih “Kontak terblokir”.
  7. Muncul daftar kontak yang Anda blokir.
  8. Pilih “Buka blokir”.
  9. Selesai.

Nah, kini Anda bisa mulai chatting, telepon, video call, hingga berkirim foto, video, maupun dokumen dengan orang tersebut.

Efek Memblokir Kontak WhatsApp Orang Lain

Setelah mengetahui cara memblokir grup WhatsApp dan membuka blokir, ada baiknya untuk mengerti lebih lanjut efek atau dampak dari memblokir WhatsApp orang lain. Apa yang akan terjadi jika Anda memblokir nomor WA orang lain?

Hal ini penting agar ketika Anda ingin memblokir orang maka harus dipertimbangkan baik-baik dan matang. Agar tidak terjadi miskomunikasi atau malah menimbulkan perpecahan. Berikut efek dari memblokir WA.

  • Semua pesan baik foto, pesan suara, video, dokumen, hingga telepon tidak akan terkirim ke nomor yang diblokir.
  • Anda juga tidak akan bisa menerima semua pesan dan panggilan dari nomor yang Anda blokir.
  • Anda tidak bisa melihat status dari nomor yang diblokir dan sebaliknya.
  • Anda tidak bisa melihat foto profil, status online atau last seen dari nomor yang Anda blokir dan sebaliknya.

Itulah cara memblokir grup WhatsApp, memblokir admin grup WA, membuka blokir WA, hingga dampak yang akan dirasakan ketika memblokir atau diblokir. Semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat dan membantu mengatasi permasalahan yang sedang Anda hadapi. Selamat mencoba!

Jika ternyata Anda masih kurang puas dengan cara diatas, Anda dapat mencoba untuk keluar dari grup tersebut. Gunakan Cara Keluar Grup WhatsApp Tanpa Diketahui Admin Dan Anggota Lain. Dengan begitu Anda tidak perlu merasa malu atau sungkan.

Anda juga bisa membuat grup WhatsApp sendiri. Dengan begitu, Anda sebagai admin bisa memilih siapa saja yang akan dijadikan anggota grup WA Anda, Ikuti panduan Cara Membuat Grup WhatsApp agar Anda dapat segera ngobrol bareng bersama teman-teman dekat Anda.

Leave a Reply